Mimpi Buruk Grup WhatsApp Keluarga, Apa Yang Harus Dilakukan?


Mungkin hubungan dengan orangtua cukup baik, tetapi bagaimana dengan kerabat Anda? Grup WhatsApp keluarga adalah kewajiban, karena di sinilah Anda bisa bersilaturahim dengan keluarga besar yang mungkin jarang bertemu. Namun, dari sinilah segala masalah dimulai di mana grup ini bisa membuat Anda dilema.

Grup WhatsApp keluarga adalah fenomena modern, lahir dari era digital yang menjadikan pesan instan sebagai salah satu cara termudah untuk berkomunikasi. Masalah klasik dari grup ini selalu ada saja pengganggu yang sangat menyebalkan. Mereka biasanya cukup agresif, selalu ingin menghidupkan suasana ketika yang lain terlalu diam. Tak hentinya mengirim spam, hoax, atau membangkitkan emosi setiap orang dengan pesan politik.

Dari segala masalah dalam grup WhatsApp keluarga, jika Anda mencoba mencari solusinya di internet maka sebagian besar memberikan solusi agar Anda meninggalkan grup keluarga. Solusi ini memang cukup ampuh, tetapi bukan solusi terbaik, bahkan mungkin bisa menimbulkan masalah baru. Ada sebuah paradigma: “Hari ini Anda meninggalkan grup, mungkin besok Anda meninggalkan kami semua.”

Ketika Anda memutuskan untuk meninggalkan grup keluarga, tanpa disadari Anda telah menutup satu pintu silaturahim. Lain cerita jika Anda meninggalkan grup tetapi memilih silaturahim langsung dengan sering mengunjungi keluarga besar, atau tetap berkomunikasi melalui WhatsApp secara personal dengan keluarga. Drama yang akan terjadi setelah Anda memilih untuk menekan tombol “keluar grup” tidak akan sepadan dengan apa yang Anda inginkan.

Solusi lain mungkin Anda bisa menekan “Bisukan Notifikasi”, tetap berada dalam grup tetapi tidak lagi terganggu dengan pemberitahuan obrolan. Pilihan ini mungkin bisa membuat Anda terlepas dari gangguan. Tetapi tanpa disadari Anda telah melewatkan banyak momen penting bersama keluarga Anda.

Ketika Anda melihat pesan yang menumpuk dan mencoba masuk untuk membaca semua obrolan yang terlewatkan, Anda terlambat mengetahui ada bayi mungil yang baru dilahirkan, kabar bahagia dan duka dari kerabat Anda, atau salah satu kerabat menanyakan kabar Anda. Semua itu terkubur oleh keegoisan Anda yang membisukan grup keluarga.

Rasa malu dan penyesalan mungkin akan menghantui Anda karena memilih menjauh dari keluarga. Ketika Anda memilih meninggalkan atau membisukan grup keluarga, itu artinya Anda lebih terfokus mencari kekurangan dan keburukan keluarga Anda hingga memilih mengabaikan mereka. Padahal masih banyak manfaat dari grup keluarga, mengapa Anda tidak berpikir ke sana?

Tetaplah menjadi anggota aktif dalam grup keluarga. Segala gangguan dan ketidaknyamanan anggap saja bagian dari drama kehidupan yang harus Anda hadapi, bukan dihindari. Jika ada obrolan spam atau membahas fanatisme yang memicu konflik, Anda bisa masuk dalam obrolan dengan mengalihkan pembicaraan, misalnya menanyakan kabar. Kuasai ruang obrolan dengan pembicaraan ringan dan hangat bersama keluarga agar setiap gangguan bisa terabaikan.

Jika ada kerabat Anda membagikan hoax di grup, jangan langsung memberikan fakta di grup. Pelajari karakter kerabat Anda terlebih dahulu agar tidak menyinggung. Ada hati yang harus dijaga agar tidak tersakiti. Anda harus tetap menguasai ruang obrolan dengan mengalihkan pembicaraan. Cobalah mengirim pesan pribadi dengan kerabat Anda bahwa yang dia bagikan adalah hoax, tentunya dengan bahasa yang hangat agar tidak terkesan menghakimi.

Anda juga bisa memberikan edukasi literasi digital di grup agar keluarga Anda tidak lagi sembarang memberikan informasi. Semua itu dikembalikan kepada diri Anda sendiri. Bagaimana mungkin Anda bisa memberikan pengetahuan kepada keluarga Anda sedangkan Anda masih buta literasi digital. Mulai sekarang Anda harus mempelajari tentang pentingnya literasi digital.

Dari semua kerabat Anda yang ada di dalam grup keluarga, mungkin hanya segelintir orang yang jadi penggangu, biasanya orang yang lebih tua yang belum memahami dunia internet. Ketika hanya karena segelintir orang menjadi masalah, lantas apakah Anda tega memvonis grup keluarga Anda bermasalah? Sedangkan sebagian besar keluarga Anda cukup menyenangkan dan bisa memberikan kehangatan.

Suatu hari nanti bisa saja Anda mengalami masalah besar dalam kehidupan Anda. Siapa yang akan hadir dan peduli kepada Anda? Tentunya keluarga yang akan menjadi pelindung dan penyelamat Anda di garda terdepan. Baik dan buruknya kualitas grup keluarga, Anda bisa menciptakannya sendiri.

Menghindar bukan solusi terbaik karena walau bagaimanapun mereka adalah keluarga yang sangat berpengaruh dalam hidup Anda. Jangan biarkan penyesalan datang di kemudian hari. Walau bagaimanapun mereka adalah keluarga Anda dengan sifatnya masing-masing, ada yang menyebalkan, cerewet, manja, menyenangkan, humoris, penyayang, dan semua sifat manusiawi lainnya.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: Informasi

ARTIKEL TERBARU

Mimpi Buruk Grup WhatsApp Keluarga, Apa Yang Harus Dilakukan?