Misteri Terpecahkan! Fakta Sebenarnya Sosok Ayah Dalam Lukisan Khong Guan


Lukisan legendaris kaleng biskuit Khong Guan yang menampilkan seorang ibu beserta kedua anaknya sedang asik duduk bersama sambil menikmati teh dan kue. Sebuah misteri yang selama beberapa dekade mempertanyakan “di mana sosok ayah berada?”

Hal ini lantas menimbulkan spekulasi hingga guyonan tentang di mana sosok ayah sebenarnya. Bergentayangan meme lukisan Khong Guan di media sosial yang dimaksudkan untuk hiburan. Yang harus Anda ketahui bahwa lukisan Khong Guan adalah hasil karya Bernardus Prasodjo.

Berdasarkan pengakuan Bernardus kepada Antaranews, gambar berasal dari pihak perusahaan, sedangkan dirinya hanya ditugaskan untuk melukis saja sesuai arahan perusahaan. Bahkan dirinya mengaku tidak pernah bertemu dengan pihak Khong Guan. “Kita ikuti saja proses maunya seperti apa,” kata Bernardus.

Karya lukisannya bukan hanya pada kaleng biskuit Khong Guan, ia juga banyak melukis untuk beberapa perusahaan biskuit di Indonesia. Pada tahun 1960-an, ia menggambar menggunakan pena, lalu menggunakan cat air, sekarang pakai Boxy.

“Banyak perusahaan yang produknya perlu digambar, lama-lama kami pakai cat air. Dulu, saya ke supermarket, itu bangga sekali. Hampir semua etiket-etiket yang laku itu, saya yang bikin. Tetapi, makin ke sini, makin sedikit,” ujar Bernardus kepada Antaranews.

Kisah dimulai pada tahun 1979 ketika ia masih berprofesi sebagai tukang gambar. Usianya 31 tahun kala itu. “Kalau sekarang kerennya graphic designer,” ujarnya. Bernardus termasuk tukang gambar ilustrasi produk paling dicari di Jakarta pada masa jayanya.

Tawaran menggambar kaleng Khong Guan datang dari perusahaan separasi warna yang kini telah tutup di Jalan Biak, Kawasan Roxy. Sampai sekarang, Bernardus tak pernah bertemu langsung keluarga pemilik Khong Guan.

Sumber gambar

Gambar lukisan Khong Guan bukan berasal dari Bernardus, ia hanya melukis sesuai arahan dari pihak perusahaan. Faktanya, sumber gambar berasal dari buku Ladybird karya Harry Wingfield, 1959. Helen menulis di Ladybird fly away home, “Kisah Aneh Ayah Khong Guan Yang Hilang.’

Ilustrasi buku Ladybird asli karya Harry Wingfield, 1959.

Buku dalam format Ladybird pertama kali muncul pada tahun 1940, berada pada puncak kesuksesan tahun 1972. Dan akhirnya perusahaan percetakan ditutup pada tahun 1999.

Kembali ke misteri di mana sosok ayah dalam lukisan Khong Guan, mari kita cari tahu dari sumber asalnya. Buku Ladybird merupakan cerita bergambar bagi anak-anak. Barang tentu berdasarkan alur ceritanya dapat diketahui di mana sosok ayah berada.

Ibu beserta kedua anaknya yang sedang duduk bersama menikmati minuman teh menunjukkan pukul 04.00 sore. Dua jam kemudian, tepatnya pukul 06.00 sore, ayah pulang dari kantor. Dapat disimpulkan bahwa ayah tidak bersama keluarganya karena sedang bekerja di kantor.

Sumber gambar: Ladybird fly away home
Sumber gambar: Ladybird fly away home

Sosok ayah dalam lukisan Khong Guan yang menjadi misteri selama beberapa dekade akhirnya terpecahkan. Bahkan pelukisnya, Bernardus Prasodjo, mungkin tidak mengetahui karena tugasnya hanya melukis sesuai arahan perusahaan. Untuk masalah hak cipta gambar, tentunya kami tidak mengetahui karena tidak ada penjelasaan dari kedua pihak (Ladybird dan Khong Guan).

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori: Indonesia

ARTIKEL TERBARU

Misteri Terpecahkan! Fakta Sebenarnya Sosok Ayah Dalam Lukisan Khong Guan