[Cek Fakta] Kisah Persahabatan dan Pengorbanan Albert Frantau Demi Karir Cristiano Ronaldo Saat Masih Remaja


Siapa yang tidak mengenal mega bintang sepakbola dunia Cristiano Ronaldo. Dibalik kesuksesannya saat ini, ada seorang sahabat yang sangat berjasa membuka jalan karirnya. Kisah itu dimulai saat Ronaldo masih di suatu klub junior di Portugal.

Ronaldo ditolong oleh sahabatnya yang bernama Albert Frantau saat masuk akademi Sporting Lisbon. Ronaldo punya teman yang namanya Albert Fantrau, mereka berdua adalah pemain paling berbakat di klub junior tersebut. Datanglah para pelatih dari Sporting Lisbon.

Kemudian, pelatih dari Sporting tadi menjanjikan ke Ronaldo dan Albert, siapapun yang mencetak gol lebih banyak akan diterima di akademi Sporting Lisbon.

“Saya harus berterima kasih kepada teman lama saya Albert Frantau atas kesuksesan saya. Kami bermain bersama untuk tim yang sama di liga U-18. Ketika seorang pelatih datang berkunjung, dia mengatakan bahwa siapa pun yang mencetak gol paling banyak akan bergabung dengan akademi.”

“Kami memenangkan pertandingan ini dengan skor 3-0. Saya mencetak gol pertama kemudian Albert mencetak gol kedua dengan sundulan yang indah. Tapi gol ketiga sangat mengesankan bagi kami semua. Albert berada dalam posisi satu lawan satu dengan kiper, dia menipu dia dan saya berlari di belakangnya.

Yang harus dia lakukan adalah mencetak gol tetapi dia mengoper ke saya dan saya mencetak gol ketiga, jadi saya mendapat tempat untuk pergi ke akademi. Setelah pertandingan saya pergi menemuinya dan bertanya mengapa? Albert berkata ‘Karena Anda (Ronaldo) lebih baik dari saya’.”

Jadi wartawan pergi ke rumah Albert dan bertanya apakah ini kisah nyata. Dia bilang ya. Dia juga mengatakan bahwa karir bermainnya selesai setelah pertandingan ini dan dia sekarang menganggur.

‘Tapi bagaimana Anda memiliki rumah yang menakjubkan ini, Anda punya mobil? Anda terlihat seperti orang kaya. Anda juga dapat menjaga keluarga Anda. Dari mana ini berasal?’ Albert dengan bangga menjawab: ‘Ini dari Ronaldo’!”

Lantas apakah benar itu kisah nyata?

Cerita itu mulai viral saat Final Liga Champion UEFA 2014, mempertemukan Real Madrid versus Atletico Madrid. Real Madrid berhasil menjuarai turnamen dengan skor akhir 4-1, lalu Cristiano Ronaldo berlari ke arah penonton dan memeluk seorang pria spesial di tribun dengan penuh haru.

Pria itu tidak diketahui namanya. Lalu muncul klaim bahwa pria yang dipeluk Ronaldo adalah sahabat masa remajanya, Albert Frantau, dengan kisah inspiratif tentang bagaimana Frantau mengorbankan karir sepak bolanya sendiri sehingga pemenang Ballon d’Or bisa pindah ke Sporting saat remaja.

Faktanya, pria itu adalah kakak kandung Ronaldo, Hugo Aveiro, yang bertanggung jawab atas museum Ronaldo di Madeira. Kisah Ronaldo dan Hugo lebih mengharukan, tentunya ini nyata. Hugo adalah seorang pecandu alkohol, Ronaldo sangat menentangnya.

Lalu Hugo berjanji jika saudaranya itu berhasil membawa Los Blancos menjuarai Liga Champion maka ia akan meninggalkan alkohol. Dan saat Madrid meraih gelar Eropa ke-10 mereka, lalu Ronaldo berlari menghampiri saudaranya itu dan memeluknya, sambil mengatakan:

“Saya sudah menuntaskan syarat dari perjanjian, jadi sekarang Anda harus melakukan apa yang Anda janjikan: berhenti minum!”

C Ronaldo memeluk saudaranya, Hugo Aveiro, setelah pertandingan Final Liga Champion.
Hugo Aveiro bersama C Ronaldo di museum Ronaldo di Madeira.

Dari mana sumber cerita persahabatan Frantau dan Ronaldo?

Pada April 2012, ketika wawancara dengan Cristiano Ronaldo di forum video game dipublikasikan di Internet, semua orang bersemangat karena mereka akhirnya menemukan langkah awal yang mengubah sejarah Ronaldo dan sepak bola.

Wawancara CR7 di forum video game pada tahun 2012 tidak pernah dikonfirmasi. Agar lebih objektif, mari kita analisis berdasarkan fakta-fakta sebenarnya:

1. Awal karir Ronaldo di Sporting Lisbon bukan karena jumlah gol. Pada tahun 1997, klub Ronaldo pada saat itu CD Nacional berutang kepada Sporting €22.500. Mereka tidak punya uang sehingga Rui Alves menawarkan Ronaldo agar Sporting melupakan hutangnya.

Sporting ternyata tidak tertarik dengan kesepakatan itu, mmenukar uang sebanyak itu untuk anak berusia 12 tahun. Tetapi Nacional terus meyakinkan perwakilan Sporting yang tinggal di Madeira, Marques Freitas, untuk membawanya ke Sporting dan memberi Ronaldo kesempatan.

Berikut kisah selengkapnya: Baca

2. Akademi profesional tidak membuat keputusan tentang pemain berdasarkan berapa banyak gol yang mereka cetak. Mereka melihat sentuhan pertama pemain, skill, kebugaran, naluri bermain, kontrol bola, operan, dll.

3.  Dalam klaim mengatakan saat itu Ronaldo bersama Frantau sedang bermain dalam Liga U-18.  Faktanya, Ronaldo pertama kali menginjakkan kaki di akademi Sporting Lisbon saat berusia 12 tahun, dan debut seniornya pada usia 17 tahun.

4. Pria yang diklaim sebagai Frantau yang dipeluk Ronaldo saat pertandingan Final Liga Champion 2014, nyatanya adalah Hugo Aveiro.

Kesimpulan

Kisah Albert Frantau yang rela mengorbankan karirnya demi sahabatnya, Cristiano Ronaldo, begitu mengharukan. Tetapi itu adalah cerita palsu, tidak ada sumber resminya. Cerita itu hasil karangan seorang anggota forum video game pada tahun 2012. Dan cerita itu bertentangan dengan fakta sebenarnya perjalanan awal karir Cristiano Ronaldo.

Kenyataannya sekarang kita hidup di era digital dimana cukup menulis cerita sensasional di internet, lalu menunggu ada media yang menulis ulang, maka otomatis akan menjadi kebenaran (semu). Seperti cerita seorang blogger yang mengaku utusan dari planet Nibiru, media dengan mudahnya menjadikan berita hingga doktrin tentang Nibiru semakin kencang.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: Berita palsu

ARTIKEL TERBARU

[Cek Fakta] Kisah Persahabatan dan Pengorbanan Albert Frantau Demi Karir Cristiano Ronaldo Saat Masih Remaja