Cek Fakta: Foto Kapal Tanker Melayang di Udara


Outlet berita online ramai mengabarkan penampakan aneh sebuah kapal tanker yang seharusnya berlayar di lautan malah terlihat melayang di udara. Lantas apakah gambar itu asli atau palsu?

Sebelumnya yang harus diketahui, fenomena kapal tanker bukan hal baru, sebelumnya sudah beredar di internet setidaknya pada Juni 2016. Media UK, Express, mewartakan dengan judul bombastis: “FIRST FLOATING CITIES: Now ‘phantom flying boat emerges through portal’.

“RIBUAN orang telah melaporkan melihat “kapal terbang” di atas laut, dalam peristiwa aneh yang memicu klaim bahwa portal dari dimensi lain mungkin telah terbuka,” tulis Express.

Penampakan itu berasal dari rekaman video yang diunggah di Youtube, diambil di Cocoa Beach, Florida, AS. Rekaman itu diabadikan oleh seorang turis tetapi disaksikan oleh lebih banyak orang di pantai.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi?

Faktanya foto viral tersebut adalah asli, tetapi tidak ada yang aneh. Mari kita mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Para ahli kebanyakan menyebut fenomena itu sebagai fatamorgana. Tetapi ada juga yang tidak setuju, lebih memilih istilah “mirage” (cakrawala palsu).

Penulis sains dan pencipta situs web Contrail Science and Metabunk, Mick West menulis bahwa walaupun banyak orang mengatakan itu fatamorgana, jelas sekali bukan. Nyatanya itu tidak ada distorsi, gambar duplikat, atau inversi.

Kapal terlihat melayang di udara karena adanya cakrawala palsu yang menipu mata. Kejadian yang sama terlihat pada perahu layar yang melayang, diunggah di Youtube pada September 2010.

Ilusi itu terjadi karena perubahan warna di permukaan air yang menciptakan cakrawala palsu. Itu hanya sebuah perahu, relatif dekat dengan pantai, tetapi di luar cakrawala palsu yang diciptakan oleh kabut di belakang dan di sekitar perahu, dikombinasikan dengan sudut dangkal pada jarak itu, mengubah pantulan dari permukaan laut.

Foto di bawah ini memiliki resolusi lebih tinggi hingga dapat dengan jelas terlihat kapal sebenarnya tidak melayang melainkan berada di atas permukaan laut, di luar garis cakrawala palsu (warna air laut yang lebih terang).

Ilusi itu umumnya terjadi di wilayah dengan suhu sangat dingin, biasanya di lautan Arktik atau Eropa. Ilusi optik di lautan sama halnya seperti di jalan raya karena faktor cuaca. Jika di lautan disebabkan cuaca dingin, sedangkan di jalan beraspal karena cuaca panas (jalan terlihat seperti ada genangan air).

Apapun istilahnya, fatamorgana, mirage (cakrawala palsu), atau ilusi optik, yang pasti penampakan kapal melayang di udara adalah fenomena umum yang bisa dijelaskan secara ilmiah, tidak ada unsur mistis ataupun hal irasional.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: Fakta

ARTIKEL TERBARU

Cek Fakta: Foto Kapal Tanker Melayang di Udara