[Hoax Vs Fakta] Model Cantik Nyakim Gatwech, Dinobatkan Sebagai Manusia Tergelap di Dunia


Nyakim Gatwech: Instagram.

Klaim: Nyakim Gatwech, pecahkan rekor dunia Guinness Book of Records sebagai manusia tergelap di dunia.

Kulit hitam legam yang dimiliki Nyakim, membuatnya meraih rekor dunia Guinness Book of Records. Ia dinobatkan sebagai manusia dengan kulit paling gelap di dunia.

Sumber klaim: Tempo


HOAX


Analisis

Nyakim Gatwech adalah model kelahiran Ethiopia, saat ini tinggal di Amerika Serikat (tempat ia memperoleh kewarganegaraan). Dalam profil Instagram-nya, ia banyak mengunggah fotonya, ia bekerja sebagai model sejak usia muda.

Ia aktif memerangi rasisme di negaranya dan merupakan salah satu tokoh yang cukup disegani di kalangan kelompok yang menentang warna kulit lebih gelap dari industri fashion. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh situs web Nairobi Fashion Hub, Nyakim adalah salah satu model Afrika terkaya di dunia, kekayaan bersihnya sekitar satu juta dolar.

Dalam wawancara dengan BBC, Nyakim menjelaskan bahwa meskipun dilahirkan di Ethiopia, ia menganggap dirinya warga negara Sudan Selatan, negara tempat keluarganya paling banyak menghabiskan waktu.

Klaim bahwa model cantik ini tercatat di Guinness World Record sebagai manusia dengan kulit tergelap di dunia, pertama kali beredar pada April 2020. Guinness World Recors dengan tegas menanggapi klaim itu: “Guinness World Recors tidak ada pemantauan catatan warna kulit,” cuit GWR di Twitter.

Juru bicara GWR, Jessica Spillane, juga membantah klaim itu, mengatakan kepada reporter Hillary Orinde, dari The Standard. “Guinness World Records tidak memonitor rekaman warna kulit,” kata juru bicara itu.

Kesimpulan

Cerita tentang Nyakim Gatwech yang memecahkan rekor dunia di Guinness World Record sebagai manusia dengan kulit tergelap di dunia adalah omong kosong. Pihak Guinness World Record secara tegas telah membantah klaim itu.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori: HOAX

ARTIKEL TERBARU

[Hoax Vs Fakta] Model Cantik Nyakim Gatwech, Dinobatkan Sebagai Manusia Tergelap di Dunia