[Cek Fakta] Gambar Penampakan Ular Rakus Menelan Senapan AK-47


Klaim: Foto penampakan ular memakan senapan AK-47

Kita mungkin telah mendengar dan membaca tentang ular yang ditemukan di tempat-tempat aneh, dan menemukan beberapa foto ular yang buat badan bergidik.

Namun, sekarang, beredar di jagat Twitter gambar absurd yang tampak seperti ular yang telah menelan AK-47.

Seperti biasanya, foto-foto aneh dan nggak masuk akal macem gini selalu berhasil menarik perhatian warganet yang selalu terhibur dengan sesuatu yang tidak biasa, sehingga gambar ini pun akhirnya jadi cukup viral.

Terkait siapa, di mana, dan dari mana sumber foto ini diambil memang nggak diketahui jelasnya.

Dan di satu sisi, banyak orang yang masih mempertanyakan keaslian hewan menyerupai ular dalam gambar tersebut yang beberapa dari warganet masih yakin kalo itu adalah rekayasa foto.

Setelah ditelusuri, gambar ini mulanya dibagikan di Twitter oleh pengguna @paeh_judin dan telah mendapatkan lebih dari 13.000 retweet dan 11.000 jumlah like dalam sehari.

Di tengah banyaknya orang yang masih meragukan keasliannya, beberapa tampak memberi reaksi lucu terhadap gambar tersebut. Lihat sejumlah reaksi warganet yang masih sangsi pada foto viral ini.

Sumber: belitung.tribunnews.com


DISINFORMASI


Analisis

Dua foto penampakan ular rakus dengan bentuk tubuh menyerupai senapan Rusia AK-47 menjadi viral di internet dan jejaring sosial. Warganet dibuat heboh karena dianggap menarik dan tidak rasional, bahkan dijadikan lelucon.

Tidak sedikit orang yang mempercayainya mengingat ular yang sedang kelaparan bisa menelan apa saja. Lantas apakah kedua gambar itu asli? Apakah ular itu nyata makan AK-47? Mari kita cari tahu kebenarannya.

Foto itu bukan hasil rekayasa olah digital alias asli. Namun, itu bukan ular nyata alias patung karet. Kedua foto itu merupakan karya seni “AK-Python“, diciptakan oleh seorang seniman Rusia pada tahun 2019, Vasily Slonov.

AK-Pyhton, 2019. Karya Vasily SLONOV. Sumber gambar: artsy.net
Vasily SLONOV – Python-AK. Sumber gambar: artprice.com

Foto-foto itu menjadi viral pada awal tahun 2020 tanpa mencantumkan keterangan sumber gambar hingga menciptakan bola liar. Pada 28 Januari 2020, media India Latesly dalam artikelnya menampilkan beberapa cuitan pengguna Twitter menanggapi gambar-gambar itu.

Walaupun banyak netizens menganggap itu hanya lelucon dan tidak perlu dicari tahu kebenarannya, tetapi lelucon apapun yang menyimpang dari kebenaran harus diluruskan agar nilai karya seni tidak dipandang sebagai lelucon murahan.

Kasus serupa juga pernah beredar di mana gambar seekor ular diklaim makan wajan. Nyatanya itu adalah karya seni patung menggambarkan “gairah dan keserakahan manusia”, sebuah ironi politik yang terjadi di Thailand saat itu.

Baca juga: Ular Serakah Mati Makan Wajan: Hoax

Seni patung ular memakan kura-kura merupakan karya seorang seniman Thailand Chatchawan Udom Somkid, dengan tujuan untuk menyindir para politisi seperti ular tersebut, akan binasa karena keserakahan.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: Disinformasi

Artikel Terbaru

[Cek Fakta] Gambar Penampakan Ular Rakus Menelan Senapan AK-47