Teori Konspirasi Menuduh Bill Gates Dalang Dari Wabah Covid-19


Bill Gates adalah milyuner paling diburu oleh para pecinta teori konspirasi. Gates telah lama menjadi sasaran teori konspirasi, biasanya terkait dengan Bill & Melinda Gates Foundation. Gates juga menjadi target utama teori konspirasi Wabah Covid-19, ia dituduh menciptakan virus ini dengan tujuan depopulasi (mengurangi jumlah penduduk dunia).

Semua berawal pada 18 Maret 2020, Gates menghadiri acara “Ask Me Anything” (AMA) dari Reddit. AMA Reddit adalah wawancara di mana orang-orang yang hadir bertanya kepada miliarder co-founder Microsoft. Karena kondisi wabah corona yang sedang hangat, para penanya sebagian besar bertanya seputar coronavirus dan salah satu penyebab filantropisnya, kesehatan global.

Gates ditanya tentang efek virus corona pada dunia bisnis. Dia menanggapi dengan berbicara tentang masalah rantai pasokan dan kebutuhan dasar, seperti air dan listrik.

“Negara masih mencari tahu apa yang harus terus berjalan,” tulisnya. “Akhirnya kami akan memiliki beberapa sertifikat digital untuk menunjukkan siapa yang telah pulih atau diuji baru-baru ini atau ketika kami memiliki vaksin yang telah disetujui.”

Jawaban Gates menjadi bahan kegilaan para pecinta teori konspirasi. Sehari setelah AMA, situs Reddit menerbitkan sebuah posting berjudul “Bill Gates akan menggunakan implan microchip untuk melawan coronavirus.” Thread itu akhirnya menyebar luas di internet.

Reddit

Faktanya Gates tidak menyebutkan microchip di titik mana pun selama percakapan di Reddit. Namun demikian, artikel itu secara keliru mengklaim bahwa ia merujuk pada penelitian Desember 2019 yang didanai oleh Gates Foundation tentang tato kuantum – tinta tak terlihat yang dapat bertahan selama lima tahun dan dibaca menggunakan smartphone.

“Penandaan ini dikembangkan untuk memberikan catatan vaksinasi dan tidak ada kemampuan untuk melacak pergerakan siapa pun,” salah satu penulis penelitian mengatakan kepada PolitiFact, yang membantah klaim tersebut. “Teknologi ini hanya mampu menyediakan data yang sangat terbatas secara lokal. Penandaan ini membutuhkan pencitraan line-of-sight langsung dari jarak kurang dari satu kaki. Pelacakan jarak jauh atau terus-menerus tidak mungkin dilakukan karena berbagai alasan teknis.”

Tidak sampai di situ, teori konspirasi mencoba menampilkan pernyataan Gates pada tahun 2015 yang memprediksi coronavirus. Gates berbicara TED Talk selama delapan menit yang disebut “The Next Outbreak? We Not Ready,” yang sekarang menjadi viral dengan tuduhan Gates telah meramalkan pandemi coronavirus sejak 2015.

Bagian pembicaraan yang menjadi viral saat Gates menjelaskan bahwa ancaman terbesar bagi kemanusiaan ketika ia tumbuh dewasa adalah perang nuklir, ancaman terbesar sekarang adalah virus. “Jika ada yang membunuh lebih dari 10 juta orang dalam beberapa dekade mendatang, kemungkinan besar itu adalah virus yang sangat menular daripada perang,” katanya, yang terdengar sangat mirip dengan pandemi saat ini.

Teori konspirasi menuduh Gates yang menciptakan Covid-19, berdasarkan asumsi bahwa Gates berbicara tentang vaksin pada saat itu. Gates memang berbicara tentang virus dan vaksin pada tahun 2015, tetapi virus yang ia maksud adalah Ebola yang melanda dunia pada tahun 2014-2016.

Dia (Gates) mencatat bahwa setelah wabah Ebola 2014, kondisi persiapannya tidak normal. Dia menyarankan kepada dunia cara-cara yang dapat meningkatkan strategi pertahanannya. “Kegagalan dalam mempersiapkan bisa memungkinkan epidemi berikutnya secara dramatis lebih dahsyat daripada Ebola,” katanya.

Dalam membandingkan ancaman di masa depan, ia mencatat bahwa Ebola tidak menyebar di udara dan bahwa orang-orang terbaring di tempat tidur pada saat mereka tertular. Dia menyarankan ancaman di masa depan bisa berupa virus di udara yang menyebar dengan mudah, “virus di mana orang merasa cukup aman sementara virus menular saat mereka naik pesawat atau pergi ke pasar.”

Yang harus dicatat, pembicaraan Gates berfokus pada potensi epidemi, bukan wabah pada skala pandemi. Sedangkan WHO menyatakan bahwa Covid-19 adalah pandemi global. Epidemi dan pandemi jelas berbeda, epidemi skalanya lokal yang menjangkiti suatu daerah, sedangkan pandemi skalanya internasional dan di luar terkendali.

“Negara-negara dapat bekerja sama dalam hal ini. Kami memang menciptakan Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) yang melakukan beberapa pekerjaan pada vaksin tetapi itu perlu didanai pada tingkat yang lebih tinggi untuk memiliki kapasitas produksi siaga untuk dunia,” kata Gates pada pembicaraan 2015.

“Kami telah menginvestasikan sejumlah besar dalam penangkal nuklir, tetapi kami berinvestasi sangat sedikit dalam sistem untuk menghentikan epidemi. Kami belum siap untuk epidemi berikutnya,” katanya.

Gates juga tidak secara khusus menyebut coronavirus tetapi menyinggung patogen di masa depan, kemungkinan virus. “Jika ada yang membunuh lebih dari 10 juta orang selama beberapa dekade ke depan, kemungkinan besar itu adalah virus yang sangat menular daripada perang. Bukan rudal, tapi mikroba.”

Singkatnya, pembicaraan Gates pada 2015 setelah wabah Ebola 2014, yang menewaskan lebih dari 11.000 orang di Guinea, Liberia, dan Sierra Leone. Gates mengatakan ada pelajaran yang bisa dipetik dari kasus Ebola. Dia menyebut penanganan Ebola sebagai “kegagalan global”.

Ia berbicara mengenai epidemi di masa depan dengan mengacu pada wabah Ebola, memperingatkan kepada dunia agar lebih waspada dan tidak menutup kemungkinan akan muncul virus baru. Tanpa Anda sadari dan tidak dapat melihatnya atau merasakannya, ada jutaan virus di udara melayang di sekitar Anda setiap hari.

Analoginya seperti gempa bumi yang sebenarnya terjadi setiap hari, tetapi sebagian besar tidak terasa oleh kita karena kekuatannya terlalu kecil. Hanya gempa bumi dengan kekuatan besar yang dapat kita rasakan.

Prediksi kemunculan virus baru di masa depan bukan hal aneh dalam komunitas ilmiah, sejatinya ilmu pengetahuan selalu berkembang. Seperti para ilmuwan China pada Maret 2019 sudah memprediksi kemunculan virus corona di China, mengacu pada kasus corona sebelumnya (SARS dan MERS).

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: International

ARTIKEL TERBARU

Teori Konspirasi Menuduh Bill Gates Dalang Dari Wabah Covid-19