Coretan Dinding Kode Incaran Maling: Hoax


Klaim: Segera hapus jika terdapat tulisan-tulisan yang tidak jelas di lingkungan Anda karena bisa jadi itu kode kejahatan lain yang belum terungkap.


HOAX


Analisis

Sebuah rumor yang telah lama beredar menginformasikan tentang kode kejahatan yang ditulis di tembok rumah incarannya. Pesan berantai itu terus saja beredar dan membuat panik masyarakat. Berikut kodenya:

X (merah)= Ada penjaga
X (putih)= Tidak ada penjaga
PA= Posisi Aman
B2= Alamat posisi rumah (
524= Kode jam operasi
Strong= Target operasi

Mari kita bermain logika: Siapa sebenarnya orang yang memberikan informasi kode tersebut? Mengapa dia bisa tahu kode tersebut secara detail? Bukankah itu kode rahasia maling, lantas apakah masuk akal jika selain maling mengetahui kode tersebut?

Sangat tidak masuk akal jika penjahat meninggalkan coretan kode-kode untuk menandai rumah target, tentu saja pemilik rumah akan segera menghapusnya. Dan cara itu akan sangat berisiko bagi penjahat dan bahkan bisa menjadi perangkap buat mereka, bukankah lebih aman menulis di kertas yang tidak diketahui orang lain.

Pesan itu sebenarnya telah lama beredar bukan hanya di internet Indonesia. Pada tahun 2009, media Inggris menjuluki kasus itu sebagai “Da Pinchi Code“. Inti klaimnya sama, tetapi kodenya yang berbeda. Yang jadi pertanyaan besar, apakah ada Organisasi Maling Internasional sehingga mereka bisa saling berbagi trik modus operandi?

Kode Da Pinchi

Polisi Inggris di South Worcestershire mengatakan bahwa mereka mengetahui pesan yang beredar di media sosial menggambarkan “Da Pinchi Code” – kode cat atau tanda kapur penjahat di luar properti. Pihak kepolisian menyatakan bahwa simbol-simbol itu tidak ada bukti aktual terkait dengan tindakan kejahatan.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai survei pemetaan jalan mungkin mengerutkan dahi mendengar klaim itu. Ya, biasanya perusahaan utilitas seperti kontraktor gas, listrik, air, kabel dan telekomunikasi, menandai area pekerjaan dengan menulis kode menggunakan cat semprot atau kapur, biasanya di aspal jalan, trotoar, dinding, atau tiang listrik.

Pada tahun 2016, warga Inggris khawatir dengan coretan simbol-simbol yang muncul di dekat properti di Kidlington, Inggris. Namun simbol-simbol itu ternyata adalah tanda arah yang digunakan oleh kelompok jogging lokal.

Kode dan tanda panah dari kelompok jogging dikira panduan bagi pencuri. Gambar: BBC

Singkatnya, pesan tentang simbol-simbol di jalanan, tembok, tiang listrik atau objek lainnya di tempat umum memang ada, tetapi tidak ada laporan resmi dari pihak kepolisian bahwa itu terkait dengan kejahatan. Coretan kode-kode itu umumnya digunakan dalam pekerjaan proyek utilitas.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Coretan Dinding Kode Incaran Maling: Hoax