Masjidil Haram Tidak Kosong Akibat Coronavirus!


Pada 27 Februari 2020 lalu, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengeluarkan maklumat pemberhentian penerimaan jemaah Umrah dari berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia. Maklumat ini sifatnya sementara, dilakukan dalam rangka menghentikan penyebaran, pengendalian, dan pemusnahan virus Corona (COVID-19).

Akibat larangan ibadah umroh tersebut memicu rumor bahwa Masjidil Haram menjadi kosong. Rumor tersebut hanya berdasarkan asumsi. Faktanya jamaah yang tawaf mengelilingi Ka’bah di Masjidil Haram memang lebih sedikit tetapi tidak pernah kosong.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, membantah kabar kondisi Masjidil Haram kosong dari jemaah. Menurutnya, jumlah jemaah di Masjidil Haram memang berkurang, tapi tidak sampai kosong.

“Ah hoaks itu, memang kuantitasnya berkurang, tapi tidak seperti apa yang disebutkan di atas (kosong),” jelas Endang saat dikonfirmasi Kumparan, Senin (2/3).

Endang menyebut masih banyak jemaah umrah yang berada di Makkah dan Madinah. Bahkan, masih banyak pula warga Arab Saudi yang melakukan tawaf di Masjidil Haram.

“Sekiranya data kita sebelum ada penghentian umrah saja masih terdapat kisaran 25.000 jemaah umrah yang masih ada di Masjidil Haram Makkah dan Madinah. Warga Saudi masih intens ke Masjidil Haram kok,” pungkasnya.

Tawaf di Masjidil Haram bisa dipantau di YouTube 24 jam lewat Makkah Live atau situs lainnya. Pada siang hari, jemaah yang tawaf memang lebih sedikit. Namun, ketika matahari mulai lengser, jemaah kembali ramai.

Jika Anda masih belum yakin, silakan menyaksikan langsung kondisi di Masjidil Haram secara live:

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: HOAX

ARTIKEL TERBARU

Masjidil Haram Tidak Kosong Akibat Coronavirus!