Benarkah Cristiano Ronaldo Mengubah Hotelnya di Portugal Menjadi Rumah Sakit Untuk Pasien Coronavirus?


Klaim: Perangi virus Corona, Cristiano Ronaldo ubah hotelnya jadi rumah sakit gratis, ia juga akan membayar gaji seluruh dokter dan pekerja yang menangani pasien di sana.

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, sangat serius dalam memerangi COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona. Ia bahkan rela mengubah hotel-hotel pribadinya menjadi rumah sakit.

Seperti dilansir Marca, Ronaldo rela mengubah seluruh hotel yang dimilikinya menjadi rumah sakit dadakan. Aksi kebaikan pemain Portugal itu tidak berhenti sampai di situ saja.

Pasalnya, Ronaldo akan mengratiskan segalam macam biaya pasien yang mengidap virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. Hebatnya lagi, pemain berusia 35 tahun ini siap menggaji para staf dan dokter yang akan bekerja untuknya.

Ronaldo juga akan segera menyiapkan segala fasilitas seperti tempat tidur dan sarana prasarana lain seperti alat-alat medis untuk mendukung perawatan pasien virus Corona.

Salah satu hotel yang dipastikan bakal menjadi rumah sakit besar secara dadakan ialah Pestana CR7 Funchal yang terletak di Portugal. Memiliki jumlah 49 kamar, hotel minimalis Ronaldo ini dikenal karena kemewahannya setara bintang lima.


Tidak Terbukti


Analisis

Sebuah kabar viral yang beredar dalam beberapa jam ini mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo akan mengubah hotelnya di Portugal menjadi rumah sakit untuk atasi Coronavirus. Kabar ini diedarkan banyak media internasional, tidak terkecuali media Indonesia.

Semua berita itu hasil copy/paste dan terjemahan, mengarah pada sumber utama media Spanyol Marca. Saya mencoba menelusuri situs web marca.com untuk mencari berita yang dimaksud, tetapi tidak ditemukan beritanya.

Saya terus mencoba mencari dan mencari di Marca. Akhirnya ditemukan artikel berita berjudul “El coronavirus afecta a la Serie A con 7 casos confirmados en los últimos 3 días”. Dalam artikel tidak menyebutkan bahwa Ronaldo hendak mengubah hotelnya menjadi rumah sakit.

Namun, Saya melihat komentar dalam artikel banyak yang membahas kabar itu. Sepertinya ada masalah dengan artikelnya, kemungkinan besar artikel telah diubah. Saya mencoba mencari tahu jejak artikel melalui Google cache. Benar saja kecurigaaan saya ternyata artikel awal telah diubah.

Artikel awal berjudul “Cristiano Ronaldo transformará sus hoteles en Portugal en hospitales para ayudar en la lucha contra el coronavirus“, diterbitkan pada 15 Mar 2020 06:46:06 GMT. Lalu diubah pada hari yang sama pada jam 08.44 CET (Cental European Time), judulnya diganti menjadi “El coronavirus afecta a la Serie A con 7 casos confirmados en los últimos 3 días“.

Pada artikel awal, Marca mengambil sumber dari akun Instagram edgarcaires34, berasal dari Halaman Facebook Arena Desportiva. Postingan telah menghilang dari kedua akun tersebut.

Kesimpulan

Kabar bahwa Cristiano Ronaldo akan mengubah hotelnya di Portugal menjadi rumah sakit untuk pasien Coronavirus, berasal dari laporan media Spanyol, Marca. Marca telah mengubah isi konten beritanya kemungkinan ada kesalahan berita. Sumber yang diambil bukan berasal dari sumber resmi – Cristiano Ronaldo atau Pestana CR7, tetapi dari media sosial yang tidak valid.

Ketika sumber artikel awal telah menghilang/diubah, tetapi sangat disayangkan Marca tidak memberikan klarifikasi ataupun penjelasan hingga berita itu menyebar luas di internet.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: International

ARTIKEL TERBARU

Benarkah Cristiano Ronaldo Mengubah Hotelnya di Portugal Menjadi Rumah Sakit Untuk Pasien Coronavirus?