Apakah Dettol Bisa Membunuh Covid-19?


Klaim: Dettol yang selama ini kita gunakan ternyata mampu melawan virus corona.


DISINFORMASI


Analisis

Sebuah pesan viral mengatakan bahwa produk antiseptic Dettol mampu membunuh Coronavirus. Hal ini dibuktikan dengan tulisan di balik kemasannya: Viruses: Influenza Type A2, Herpes simplex, HIV 1, Human Coronavirus, Avian flu type H1N1 and H5N1.

Yang harus dicatat, ada berbagai jenis Coronavirus. Tulisan dalam kemasan Dettol sudah ada sebelum munculnya Covid-19 di Wuhan pada akhir Desember 2019.

Coronavirus sebelumnya sudah ada sejak 2002 di China, dan kembali muncul di Arab Saudi pada 2012. Tahun 2002 ada Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). Tahun 2012 ada Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS-CoV). Kedua wabah itu disebabkan oleh jenis virus Corona.

Reckitt Benckiser (RB) Group, perusahaan manufaktur Dettol merilis pernyataan di Twitter yang mengatakan bahwa produk mereka tidak dimaksudkan untuk virus corona baru.

“Produk kami efektif terhadap coronavirus lain (MERS-CoV dan SARS-CoV). Kami belum memiliki akses ke virus baru (2019-nCoV) untuk pengujian, jadi kami tidak dapat menkorfirmasi tingkat efektivitas produk. Kami sedang bekerja untuk memastikan kami mendapatkan informasi terbaru tentang ini,” kata RB dalam tweet.

Pada 31 Januari 2020, Halaman Facebook Dettol UK Juga menjelaskan hal yang sama.

Kesimpulan

Tulisan “Human Coronavirus” di kemasan Dettol mengacu pada SARS-CoV (2002) dan MERS-CoV (2014). Untuk 2019-nCoV atau COVID-19, pihak perusahaan mengakui belum mengujinya.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: Disinformasi

ARTIKEL TERBARU

Apakah Dettol Bisa Membunuh Covid-19?