Sup Janin Bayi Dijual di China: Hoax


PERINGATAN: Artikel ini mengandung konten yang dapat mengganggu kenyamanan Anda. Gambar-gambar yang ditampilkan dapat membuat Anda tidak nyaman.

Klaim: Warga China biasa memakan sup janin manusia.

Ada restoran di Cina yang secara terang-terangan menjual sup janin. Meskipun menggunakan nama Spare Rib Soup, tetap saja bahan baku dari makanan tersebut adalah janin manusia.

Tepatnya di provinsi Guang Dong, sup herbal janin manusia yang disajikan menyebutkan khasiatnya dalam meningkatkan kesehatan dan kemampuan seksual. Dibandrol dengan harga CHY 4,000 (setara dengan USD 600 atau Rp 5 juta) setiap porsinya, salah seorang pelanggan menuturkan bahwa itu adalah harga yang pantas.


HOAX


Analisis

Beberapa foto yang memperlihatkan seorang pria tengah asik memakan janin bayi di sebuah restoran telah lama menjadi virus di internet. Foto itu menciptakan desas-desus bahwa warga China terbiasa memakan janin bayi manusia.

Foto itu diambil pada tahun 2000, saat itu pengecekan fakta internet masih minim sehingga rumor sangat cepat menyebar tanpa verifikasi. Rumor kanibalisme di China mulai beredar di internet pada awal 2001, biasanya disertai dengan foto-foto grafis seorang lelaki Cina dengan santainya menyantap makanan yang diduga janin manusia. Saat itu rumor terjadi di Taiwan.

Komentar dari salah satu netizen membuat rumor ini kian melambung. Berikut komentar sensasional yang dikutip dari situs pengecekan fakta Snopes:

“Apa yang Anda saksikan di sini adalah fakta, jangan takut! Ini makanan terpanas Taiwan. Di Taiwan, bayi atau janin yang mati dapat dibeli seharga USD50 hingga USD70 dari rumah sakit untuk memenuhi permintaan tinggi akan bayi panggang. Sungguh menyedihkan!!”

Rumor ini kian memanas ketika sebuah tabloid kecil Malaysia memicu kontroversi internasional dengan melaporkan bahwa sebuah restoran Taiwan menyajikan hidangan dari daging janin manusia yang dipanggang.

Cerita itu akhirnya memicu kegemparan masyarakat sehingga CIA dan Scotland Yard terpaksa terlibat untuk mencoba menyelesaikan masalah, menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh University of Florida.

Siapa pria dalam foto dan apa sebenarnya yang ia lakukan?

Pria itu adalah seorang seniman pertunjukan Tiongkok bernama Zhu Yu. Ia menggelar pertunjukan kontroversi yang disebut “Makan Manusia (Kanibalisme)” di sebuah festival seni Shanghai pada tahun 2000. Apakah Zhu benar-benar memakan janin manusia atau menggunakan alat peraga masih tidak jelas.

Sebuah laporan yang dipublikasikan secara luas bahwa Zhu mengatakan, “untuk menciptakan karakter pemakan manusia, dia memasak mayat bayi yang dicuri dari sekolah kedokteran.” Zhu mengakui bahwa daging manusia yang dimakannya terasa tidak enak. Dia sampai muntah beberapa kali saat memakannya. Tetapi dia harus menghabiskan (makan janin manusia) ‘demi seni’.

Klaim Zhu bahwa ia benar-benar memakan janin manusia yang ia curi dari sekolah kedokteran sangat diragukan. Jika itu benar terjadi, pastinya ia sudah mendekam di hotel prodeo cukup lama, nyatanya tidak ada laporan tentang kasus itu.

Zhu Yu (CNN)

Klaim Zhu bahwa ia benar-benar memakan janin manusia ditentang oleh Snopes, janin yang digunakan oleh seniman itu kemungkinan dibuat dari tubuh bebek dengan menggunakan kepala boneka.

Rumor sup janin manusia dari China kian melebar luas. Pada tahun 2016, Partai Islam Turkistan mengklaim bahwa “anak-anak Muslim di Turkistan” dimakan oleh orang Cina, sambil menunjukkan foto-foto Zhu Yu.

Foto palsu yang diklaim sop bayi manusia (Gambar: Reddit)
Kesimpulan

Klaim bahwa di China banyak menyajikan makanan dari janin bayi manusia hanya omong kosong alias hoax. Apa yang dilakukan Zhu Yu adalah pertunjukan seni, bukan fenomena umum.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

More From: Gambar

DON'T MISS

Sup Janin Bayi Dijual di China: Hoax