Benarkah Ashraf Sinclair Meninggal Karena GERD?


Sebuah pesan viral mengatakan bahwa kematian suami Bunga Citra Lestari (BCL, Ashraf Sinclair kemungkinan karena naiknya asam lambung alias gastroesophageal reflux disease (GERD) yang menekan jantung hingga tidak berfungsi.

Pesan berantai itu mengklaim bahwa GERD bisa menyebabkan kematian mendadak. Selain itu, dalam pesan juga memaparkan tentang bahaya GERD dan solusinya. Dalam pesan tertulis nama dr Imam Susilo sebagai sumbernya.

Mari kita berselancar di internet untuk mencari nama dr Imam Susilo. Nama itu tidak ditemukan di hasil pencarian internet, khususnya terkait dengan tulisan GERD. Kami juga melakukan pencari di Facebook dengan nama yang sama. Hasilnya, nama dr Imam Susilo juga pernah dicantumkan dalam postingan yang sama pada 29 Januari 2019.

Pemilik akun BawiKuwu BrTuyun dalam postingannya memaparkan hal yang sama tentang GERD. Semua kalimatnya sama, versi yang sekarang beredar hanya menambahkan kalimat “Suami BCL katanya meninggal karena serangan jantung, dalam usia 40 tahun”.

Selain itu, pesan yang sama juga pernah dimuat oleh situs NetralNews pada 26 Januari 2018. Artikel ini dikaitkan dengan kabar meninggalnya Ryan Thamrin, dokter pemandu acara Dr OZ Indonesia.

GERD juga dikaitkan dengan kematian almarhumah mantan istri komedian Sule, Lina. CNN Indonesia dalam artikelnya yang diterbitkan pada 08/01/2020, menjelaskan bahwa GERD tidak sebabkan kematian. “Tetapi GERD sendiri tidak bisa jadi penyebab langsung terjadinya kematian,” kata Ari melalui pesan singkat pada CNNIndonesia.com, Selasa (7/1).

Bagaimana dengan kebenaran seluruh isi pesan?

Untuk mengetahui kebenaran setiap klaim dalam pesan, kami menghubungi pakarnya untuk menjawabnya. Berikut jawaban dokter Ronny kepada Sekoci Hoaxes melalui pesan singkat (19/02).

#Jika Asam Lambung itu naik ke daerah Dada maka kelak di seputar Dada akan terasa panas seperti terbakar..

Betul

#Jika naik mengenai area Jantung maka ritme detak Jantung bisa terganggu sehingga Jantung bisa berdebar-debar Dan mendadak berhenti.

Tidak bisa dong, kan jantung lokasinya beda, tidak ada hubungan antara oesofagus dan jantung. Jantung itu dibungkus oleh perikardium, jadi tidak pernah bisa ada hubungan dengan oesofagus. Kalau cuma berdebar-debar bisa saja karena stres. Tapi tidak akan bisa asam lambungnya ke jantung.

#Jika Asam Lambung itu naik ke area Paru-paru maka akan mengganggu fungsi Paru-paru sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.

Ini masih bisa jika asam lambung yang naik masuk ke dalam trakhea. Tapi karena orangnya sadar, maka akan otomatis ada reflek batuk. Kecuali terjadi.pada orang dengan penurunan kesadaran.

#Jika Asam Lambung itu naik kebagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga) maka Tenggorokan akan sering terjadi radang maka akan sakit untuk menelan..

Selain telinga memang bisa terjadi, dan karena asam bisa membuat iritasi. Hal yang sama pada penderita bulimia, sampai gigi pun bisa keropos mengingat pH lambung 2,1.

#Lalu apa yang terjadi pada Hidung jika sering terkena Asam Lambung yang naik..? Hidung bisa mengalami Sinusitis. Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh..

Sinusitis diakibatkan oleh bakteri, bukan asam lambung, sinus berada di sudut atas hidung (sinus maksilaris), secara logika bisa saja. Tapi tidak ada literatur sinusitis diakibatkan GERD.

#Lalu bagaimana jika Asam Lambung merembes kebagian Telinga..? pendengaran menjadi berkurang..

Tidak ada, tidak perlu sampai merembes, kalau merembes artinya itu cairan sudah sampai ke otak. Karena bagian dalam telinga memang terhubung dengan otak.

#Bukan hanya Tenggorokan, Hidung dan Telinga saja yang kemudian bisa terganggu.. Namun Mata pun bisa terkena dampak dari naiknya Asam Lambung..

Cukup 1 kalimat. Seandainya terjadi berarti itu bukan Homo Sapiens (manusia-red), karena anatominya beda.

#Penglihatan menjadi terganggu oleh Asam Lambung yang merembes ke Mata. Sehingga menjadi kabur penglihatannya..

Entah asam lambung apa yang merasukinya.

#Bukan itu saja penderita Maag kronis dan Gerd banyak organ menjadi terganggu fungsinya karena naiknya Asam Lambung..

Terbalik! Kalau banyak organ yang terganggu, asam lambung akan tinggi karena stres tubuh membuat asam lambung meningkat, bukan sebaliknya, ini adalah peristiwa katabolisme.

#Kesalahan-kesalahan Penderita Maag..

#Penderita sakit Maag terbanyak adalah golongan Darah O. Golongan Darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi Vegetarian..

Pseudoscience, golongan darah adalah masalah genetik reseptor antigen di sel darah merah. Golongan darah itu banyak, ada ABO, rhesus, MN, duffy, Le, K dll. Lupa, kalau tidak salah ada belasan.

#Salah satu kesalahan terbesar para penderita Maag adalah : Langsung Minum Obat Maag

#Minum obat maag supaya bisa makan adalah ❌ (salah). Padahal yang penting jangan makan dulu supaya Lambung bisa istirahat..

Yah namanya juga obat, diberikan jika ada keluhan. Kalau lebih besar manfaatnya daripada mudharatnya, ya perlu diberikan.

#Ambil sejumput Garam.., kemudian hisap perlahan..
Dalam hitungan menit lambung akan terasa nyaman karena asam ternetralisir oleh sifat basa pada Garam..

Garam itu ada basa ada asam, NaCl pH nya tergantung berapa mmol dll, obat lambung MgOH2, AlOH2 itu basa. Artinya kalau asam lambung tinggi, ya diberikan basa, tetapi yang dipikirkan adalah pompa asam (H+) yang harus diatur.

#Banyak penderita Maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada Obat.. Mereka pikir Asam dalam Lambung akan hilang saat diberi makan atau minuman manis atau akan hilang dengan berlalunya waktu..

Dispepsia (maag) pada awam hilang jika produksi asam lambung diatur dengan obat atau diet yang teratur, kurangi stresdor, bukan harus ketergantungan obat.

#Asam lambung bersifat KOROSIF yang membantu proses pencernaan
Tapi sangat merusak jika berlebihan..

Ya, semua yang berlebihan memang tidak benar.

#SEGERA netralisir asam lambung dengan menghisap Garam..

Sakit lambung tidak sembuh, selanjutnya malah stroke karena darah tinggi.

#Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu dsebabkan karena :
– Telat Makan
– Minum Kopi
– Makan Asam
– Makan Pedas
– Makan Beras Ketan
– Makan Bersantan
– Dan lain-lain

#Penyebab utamanya bukan itu.
Telat makan, Kopi, Asam & Pedas, Ketan & Santan dan lain-lain itu hanya PENYEBAB SEKUNDER.

#Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru :
Stress dan Kurang gerak

Semua benar, tetapi tidak ada pembagian klasifikasi asam lambung primer dan sekunder. Kalau di dunia kesehatan, primer itu akibat dari dalam tubuh sendiri, kalau dari luar itu sekunder. Artinya semua di atas itu adalah penyebab sekunder.

#Stress, menduduki tempat paling utama penyebab Tukak Lambung..
Konsentrasi Asam Lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan..

Tidak salah juga tidak benar.

#Kurang Gerak,
Gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada Usus dan Lambung melemah sehingga Asam Lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk.

Terlalu memaksakan.

#Misalnya habis makan langsung tidur-tiduran.. hal ini akan membuat Usus tidak mencerna dengan baik.. Akibatnya bisa memicu Asam Lambung keluar lebih banyak.. karena makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses pencernaan sebelumnya..

Tidak paham, ilmunya dapat dari mana? Kalau habis makan semua orang akan kurang aktivitasnya karena otak memerintahkan darah untuk terkonsentrasi di saluran cerna, mulai dari lambung hingga usus. Hanya mempertahankan darah yang stabil di otak, paru dan jantung.

#Untuk mencegah Maag kambuh Anda perlu menghindari faktor pencetus seperti diatas dan sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering..

Nah, tumben benar.

#Bila keluhan Maag Anda disertai rasa terbakar dari Ulu Hati menjalar hingga Leher dan Pangkal Lidah, disertai Mulut terasa pahit.., Gigi mudah berlubang, Serta bau Mulut.. maka kemungkinan Anda mengalami Gerd (Gastroesofagal Refluks). Yaitu bentuk Maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik Asam Lambung.. dan menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas..

Boleh lah.

#Banyak mereka yang sakit Maag mengira bahwa konsumsi Sayur dan Buah bisa membantu mengurangi gejala sakit Maag..

SALAH BESAR.

Konsumsi Daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit Maag. Karena Daging lebih lama proses pencernaannya daripada Sayur atau Buah.. Sehingga Asam Lambung bekerja maximal menghancurkan Daging yang Anda makan..

Salah, diet yang benar adalah diet seimbang, tidak ada yang mana yang harus lebih banyak atau sedikit kecuali pada orang sakit dan butuh diet tertentu.

#Sakit MAAG karena Bakteri HELICOBACTERPYLORI. Ada salah satu penyebab sakit Maag yang disebabkan karena serangan Bakteri.. Jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus.

Ya, tapi saya curiga! Masa dia tidak tahu cara menulis latin yang benar, seharusnya Helicobacter pylori.

#Kalau tidak percaya coba test sendiri..
Tidak usah sikat gigi sebelum tidur..
Maka besoknya jika sakit Maag anda kambuh maka kemungkinan sakit Maag anda disebabkan oleh Bakteri Helicobacterpylori yang sebenarnya Bakteri yang penting juga untuk proses pencernaan dan umumnya bersarang di Mulut..Tapi jika berlebihan karena tidak sikat gigi dan kemudian tertelan hingga ke Lambung maka akan menyebabkan Tukak Lambung..

Mulai ngaco lagi! H pylori hanya dapat berkembang biak di pH yang sangat asam. Hal ini adalah lambung, di mulut pH nya cenderung basa jadi tidak mungkin hidup. Mulut memang tempat paling kotor di tubuh selain di usus. Tetapi tetap saja masing-masing bakteri punya habitat sendiri-sendiri.

Kalau yang jenis ini obatnya gampang..
Rajin-rajinlah sikat gigi sebelum tidur.
Bangun tidur dan setelah makan..

H. pylori hanya bisa dihilangkan dengan antibiotik bukan dengan odol.

#Sakit Maag itu TIDAK BISA SEMBUH SEUMUR HIDUP..

Nah, mulai cerdas lagi.

Karena maag sebenarnya itu bukan penyakit.
Tapi sudah mekanisme alami Tubuh..
Seperti Anda makan terus diproses dan dibuang oleh Anus..
Demikian pula Asam Lambung itu wajar adanya..
Bahkan berperan penting bagi proses pencernaan..

Tumben normal.

Karena itu.. Biasanya sesekali tetap akan muncul namanya Tukak Lambung tersebut.. Yang penting adalah menjaganya untuk tidak berlebihan dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang lebih parah..

Bolehlah.

#Asam Lambung itu normal dan penting bagi proses pencernaan dalam Tubuh..Tapi jika berlebihan dan tidak dikelola dengan baik bisa melumpuhkan..

Kalau kena serangan dispepsia yang pasti tidak bakal minat main bola atau memancing, pasti enaknya ya istirahat, tapi tidak sampai melumpuhkan juga.

Share… tdk perlu ijin.

Silakan dishare kegilaan ini.

dr. Imam Susilo.

Coba minta dishare NOA IDI nya biar ditrace keanggotaannya.

Kesimpulan

Kabar meninggalnya Ashraf Sinclair karena GERD tidak benar. Pesan berantai itu merupakan pesan lama yang kerap dikaitkan dengan selebritis yang meninggal mendadak.

Pemaparan setiap klaimnya juga sebagian besar ngawur alias tidak benar, entah darimana ilmunya didapat. Nama dr Imam Susilo juga tidak jelas, seperti kebiasaan pesan berantai selalu mencantumkan nama ahli atau pesohor untuk lebih meyakinkan.

Sekoci Hoaxes. Filter Eksosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kategori: HOAX

ARTIKEL TERBARU

Benarkah Ashraf Sinclair Meninggal Karena GERD?