Verifikasi Video Detik-detik Pesawat Ukraina Internasional Meledak di Iran


Sebuah video menjadi viral direkam seseorang saat langit masih gelap dan sebelum fajar di pinggiran Teheran, Iran. Nampak terlihat cahaya kecil yang bergerak cepat melesat menembus pepohonan. Tidak lama kemudian ada kilatan cahaya efek benturan dengan sesuatu di udara.

Kabar yang beredar video tersebut adalah pesawat Ukraina Internasional yang dihantam rudal. Pesawat Ukraina jatuh setelah lepas landas hanya beberapa jam setelah Iran menembakkan lebih dari selusin rudal ke pangkalan-pangkalan AS di Irak. Dikabarkan 176 korban yang berada di pesawat meregang nyawa.

Video tersebut telah diverifikasi oleh Associated Press (AP) sehingga tidak diragukan. Video pertama nampak beberapa bangunan di bawah langit yang gelap ketika cahaya kecil melesat ke atas, lalu terlihat kilatan cahaya. Suasana sangat hening, hanya terdengar suara seekor anjing menggonggong cukup jelas. 10 detik kemudian, ada ledakan yang mengerikan, seperti guntur yang keras.

Video kedua memperlihatkan pesawat meledak dan terbakar. Api putih menukik ke bawah melintasi langit hitam, sesekali melepaskan percikan api. Kemudian cahaya menghilang di balik pepohonan, dan bola api besar menerangi langit saat menghantam tanah.

Seseorang yang lain berkata dalam bahasa Farsi, “Pesawat itu terbakar. Shahriar. Ferdosieh. Dengan nama tuhan yang maha pengasih, yang maha pengasih. Tuhan tolong kami. Panggil pemadam kebakaran!” Shahriar dan Ferdosieh (Ferdosiye) adalah nama kota di pinggiran Teheran di dekat bandara.

Klip lain, yang direkam dari dalam mobil yang sedang melaju, menunjukkan cahaya berapi-api yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Rekaman itu kemudian memperlihatkan pesawat yang meledak jauh di cakrawala, menerangi langit yang gelap.

Sebagai bagian dari proses verifikasi, AP membandingkan bangunan yang terlihat dalam klip dengan lokasi pada peta dan titik yang tepat di mana pesawat hilang dari radar.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

Disclaimer: Artikel ini hanya sebatas verifikasi tentang video detik-detik pesawat Ukraina Internasional meledak di Iran.

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: International

Artikel Terbaru

Verifikasi Video Detik-detik Pesawat Ukraina Internasional Meledak di Iran