Benarkah Iran Menawarkan Hadiah $80 Juta Untuk Kepala Trump?


Klaim: Stasiun televisi pemerintah Iran mengumumkan sayembara untuk kepala Donald Trump dengan hadiah $ 80 juta.

Pasca-tewasnya Komandan Pasukan Quds, Qasem Soleimani, pemerintah Iran menawarkan hadiah 80 juta dolar Amerika (Rp 1,1 triliun) untuk kepala Donald Trump.

Diketahui, Qasem Soleimani tewas pada Jumat (3/1/2020) dini hari waktu setempat di Bandara Internasional Baghdad, Irak karena serangan Amerika Serikat.

Terkait hal itu, siaran resmi pemerintah Iran mengatakan hadiah puluhan juta dolar akan diberikan kepada siapapun yang membunuh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Setiap dolar dari total imbalan yang ditawarkan didapat dari per kepala warga Iran

“Iran memiliki 80 juta penduduk. Berdasarkan populasi Iran, kami ingin mengumpulkan 80 juta dolar Amerika untuk hadiah bagi mereka yang bisa membawa kepala Presiden Trump,” bunyi pengumuman seperti dilansir en24.

Sumber klaim: Tribun News


DISINFORMASI


Analisis

Hari ini media dunia ramai mengabarkan bahwa Iran mengadakan sayembara bagi siapa saja yang bisa mendapatkan kepala Presiden AS Donald Trump akan mendapat imbalan sebesar $ 80 juta atau sekitar Rp 1,1 T.

Sayembara itu bagian dari reaksi Iran atas terbunuhnya Jenderal Qassem Solemani oleh serangan udara AS. Pada acara pemakaman Soleimani di Mashad (6/1), seorang pria tidak dikenal muncul menyerukan kepada rakyat Iran untuk membantu pembalasan itu dengan menyumbangkan uang. Pemakaman dan eulogi itu disiarkan langsung di televisi lokal Channel One.

Dalam sebuah video yang dibagikan di Twitter, salah satu penyelenggara pemakaman dalam euloginya menyemangati rakyat Iran untuk menyisihkan uang masing-masing $ 1. Eulogi adalah pidato yang disampaikan dalam upacara pemakaman.

Kepala biro NBC News Teheran Ali Arouzi, mengunggah video tersebut di akun Twitternya dan menulis bahwa “penyelenggara meminta kepada seluruh rakyat Iran agar menyumbang masing-masing $ 1 agar terkumpul $ 80 juta untuk kepala Presiden Trump.”

Pria itu berkata: “Kami adalah 80 juta rakyat Iran, jika masing-masing dari kami menyisihkan satu dolar Amerika, kami akan memiliki 80 juta dolar Amerika, dan kami akan menghargai siapa pun yang membawa kepala Trump kepada kami dengan uang tersebut.”

Kesimpulan

Informasi yang mengatakan bahwa Iran memberikan hadiah $ 80 juta untuk kepala Donald Trump adalah benar. Namun, sayembara tersebut bukan berasal dari pemerintah Iran, melainkan berasal dari seseorang saat pidato pemakaman Jenderal Solemani. Sayembara tersebut tidak resmi, diduga hanya retorika untuk menyemangati rakyat Iran atas terbunuhnya Solemani oleh AS.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
1
geeky
love love
4
love
lol lol
0
lol
omg omg
1
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: Disinformasi

Artikel Terbaru

Benarkah Iran Menawarkan Hadiah $80 Juta Untuk Kepala Trump?