Quotes Palsu Robert Mugambe Menjadi Virus di Jejaring Sosial


Quotes atau kutipan merupakan pengulangan dari pernyataan atau pikiran orang lain. Setiap kutipan umumnya berasal dari sumber tulisan buku atau perkataan yang didengar.

Kutipan dari pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe menjadi viral karena dianggap lucu dan menghibur. Kutipan itu beredar di jejaring sosial Facebook, Twitter dan aplikasi berbagi pesan WhatsApp, semuanya hasil copy paste dan terjemahan.

RIP Robert Mugabe, presiden ke-2 Zimbabwe yang wafat 6 September 2019 lalu. Ini adalah beberapa ‘kutipan Robert Mugabe’ yang mentah, lucu dan tak terlupakan:

1) “Ketika pakaian Anda terbuat dari daun singkong, Anda tidak mengambil kambing sebagai teman.”

2) “Jika Anda jelek, Anda jelek. Berhenti berbicara tentang kecantikan batin karena pria tidak berjalan-jalan dengan mesin sinar-X untuk melihat kecantikan batin (inner beauty)”

3) “Ketika seekor kambing hilang, aroma sup tetangga menjadi penuh kecurigaan”

4) “Perlakukan setiap bagian handuk Anda dengan baik karena bagian yang menyeka bokong Anda hari ini akan menyeka wajah Anda besok.”

5) “Kadang-kadang Anda melihat kembali pada gadis-gadis yang menghabiskan uang Anda, daripada mengirimkannya ke ibu Anda, dan Anda menyadari sihir itu nyata.”

6) “Jika Presiden Barack Obama ingin saya mengizinkan pernikahan untuk pasangan sesama jenis di negara saya (Zimbabwe), ia harus datang ke sini sehingga saya menikah dengannya terlebih dahulu.”

7) “Rokok adalah sejumput tembakau yang digulung di selembar kertas dengan api di satu ujung dan orang bodoh di ujung lainnya.”

😎 Pewawancara: “Tuan Presiden, kapan Anda mengucapkan selamat tinggal pada rakyat Zimbabwe?”
Robert Mugabe: “Ke mana mereka pergi?”

9) Rasisme tidak akan pernah berakhir selama mobil putih masih menggunakan ban hitam; Jika orang masih menggunakan warna hitam untuk nasib buruk dan putih untuk perdamaian; Jika orang masih memakai pakaian putih untuk pernikahan dan pakaian hitam untuk pemakaman; Selama mereka yang tidak membayar tagihannya dimasukkan dalam daftar hitam dan tidak ‘masuk daftar putih’ … Tapi saya tidak peduli selama saya masih menggunakan kertas tisu putih untuk menghapus pantat saya! Dengan itu saja, aku akan selalu baik-baik saja.

10) Tidak ada gadis Afrika yang akan memilih six-pack daripada enam mobil .. Jadi berhentilah pergi ke gym dan pergi bekerja!

10) “Bagaimana Anda meyakinkan generasi mendatang bahwa pendidikan adalah kunci keberhasilan ketika kita dikelilingi oleh lulusan yang miskin dan penjahat yang kaya?”

11) Jika Adam & Hawa adalah orang Cina kami akan berada di surga karena mereka akan mengabaikan apel dan memakan ular.

12) Seseorang dapat mencintaimu dan tetap menipu, sama seperti kita mencintai Tuhan dan masih berdosa.

13) Lebih baik duduk di bar memikirkan Tuhan daripada duduk di gereja sambil memikirkan bir.

14) Dicium bukan berarti Anda dicintai, tanyakan Yesus tentang Yudas.

Robert Mugabe adalah tokoh besar yang dihormati di Afrika, maka tidak heran jika kutipan itu menyebar luas, bahkan hingga ke Indonesia. Tetapi sayangnya kutipan yang mengatasnamakan Mugabe tidak jelas sumbernya.

Berdasarkan penelusuran thisisafrica.me, banyak kutipan palsu dibuat oleh pasukan cyber dan pengagum Mugabe yang nakal. Berikut ini contohnya.

“It goes without saying, all the quotes are either misattributed or simply made up by an online army of well-meaning but mischievous admirers.”

Dilihat dari efeknya, kutipan palsu Mugabe tidak menipu semua orang, tetapi banyak yang mempercayai kutipan itu asli dari Mugambe. Tidak sedikit yang menganggap kutipan itu adalah ilustrasi dari kebijaksanaan Mugabe dan kecakapan dari sisi humor.

Walau bagaimanapun kutipan palsu memiliki konsekuensi cukup serius. Pada 2015, New York Times membuat kesalahan yang memalukan setelah kepala biro Afrika Timur Jeffrey Gettleman menggunakan kutipan Mugabe palsu yang dibuat oleh sebuah blog lokal dalam sebuah artikel tentang korupsi yang merajalela di pemerintahan Kenya.

Jeffrey Gettleman mengakui kesalahannya dan merasa menyesal.

Kutipan Mugabe palsu banyak diedarkan di Afrika dan berkembang biak hingga dianggap lumrah. Itu bagian dari rasa hormat dan kasih sayang kepada penguasa Zimbabwe selama 3 dekade. Mugabe adalah pejuang kemerdekaan, ia satu-satunya pemimpin yang dikenal warga Zimbabwe sejak kemerdekaan pada tahun 1980.

Bagi mereka, terutama anak muda Afrika, Mugabe adalah seorang pahlawan yang setara dengan pejuang kemerdekaan Afrika Selatan Nelson Mandela yang dihormati. Maka tidak heran banyak kutipan yang dibuat oleh penggemarnya dengan mencantumkan nama Mugabe, mungkin bagian dari penghormatan.

Apapun alasannya kutipan palsu tetaplah palsu. Tidak sedikit warga Afrika yang merasa tersinggung dengan beberapa kutipan Mugabe palsu yang beredar di Kenya, Uganda, Nigeria dan negara-negara tetangganya yang membawa kutipan untuk menyindir kondisi politik dan sosial.

Techzim.co.zw dalam tulisannya merasa jengah dengan kutipan Mugabe palsu yang banyak digunakan dan dianggap kebenaran. Mugabe adalah tokoh dihormati yang tidak pernah membuat kutipan konyol dan tidak layak untuk dieksploitasi.

Untuk mengidentifikasi kutipan palsu Robert Mugabe cukup mudah, jika itu tidak ada hubungannya dengan politik, Marxisme, kolonialisme, kesetaraan, persatuan orang Afrika atau kulit putih, hampir dipastikan itu bukan berasal darinya.

Berikut quotes asli Robert Mugabe yang paling terkenal:

Tentang imperialisme

“Afrika harus kembali seperti semula sebelum kaum imperialis memecahnya.” – Pidato di Salisbury, 1962.

“Tetap bersama kami, tolong tetap berada di negara ini karena merupakan bangsa yang didasari atas persatuan nasional.” – Permohonan untuk populasi kulit putih Zimbabwe pada rapat umum ZANU-PF, 1980.

Tentang Perdana Menteri Tony Blair

“Kami masih saling memukul dengan pemerintah Inggris. Mereka menggunakan gengster gay. Setiap kali saya melewati London, rezim gengster Blair ‘mengekspresikan kekecewaannya’.” – Referensi merujuk ke sebuah insiden di mana juru kampanye HAM Peter Tatchel menangkap warga Mugabe selama kunjungan ke London pada Oktober 1999.

“Kami telah memperjuangkan tanah kami, kami telah berjuang untuk kedaulatan kami, sekecil apapun kami, kami telah meraih kemerdekaan kami dan kami siap menumpahkan darah … Jadi, Blair fokus saja menjaga Inggris Anda, dan biarkan saya mempertahankan Zimbabwe saya.” – KTT Bumi, Afrika Selatan, 2002.

Tentang Ekonomi

“Ekonomi kita seratus kali lebih baik daripada rata-rata ekonomi Afrika. Di luar Afrika Selatan, negara apa yang sebagus Zimbabwe? … Apa yang kurang sekarang adalah barang-barang di rak, itu saja.” – Wawancara, 2007.

Tentang presiden AS

“Biarkan Bush membaca sejarah dengan benar. Biarkan dia menyadari bahwa baik secara pribadi maupun dalam kapasitas sebagai presiden AS saat ini, dia mewakili ‘peradaban’ ini, yang menduduki, yang dijajah, yang dipenjara, yang terbunuh. Dia memiliki banyak untuk menebus dan sangat sedikit untuk mengajari kita tentang Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. Tangannya meneteskan darah orang tak berdosa dari banyak negara.” – Majelis Umum PBB, 2007.

“Boleh saya berkata kepada presiden Amerika Serikat, Mr Trump, tolong tiup sangkakala Anda dengan cara musikal menuju nilai-nilai persatuan, perdamaian, kerja sama, kebersamaan, dialog, yang selalu kami perjuangkan.” – Majelis Umum PBB, 2017.

Internet adalah laksana labirin yang dapat menyesatkan jika tidak memahaminya. Semua informasi yang Anda lihat di internet adalah kebohongan jika Anda belum memverifikasinya.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kategori: Facebook

Artikel Terbaru

Quotes Palsu Robert Mugambe Menjadi Virus di Jejaring Sosial