Benarkah Pablo Escobar Membakar Uang $2 Juta Demi Menghangatkan Tubuh Putrinya?


Sebuah kisah mengharukan yang telah lama beredar mengatakan bahwa gembong narkoba Kolombia Pablo Escobar pernah membakar uang kertas miliknya senilai $2 juta (Rp 20 milyar) untuk menjaga putrinya agar tetap hangat saat pelarian.

Raja kokain yang sangat terkenal konon membuat api unggun dengan menggunakan uang kertas yang ia bawa saat pelarian di gunung menghindari kejaran pihak kepolisian.

Klaim itu keluar dari mulut Juan Pablo Escobar, telah mengubah namanya menjadi Sebastian Marroquin, menceritakan bahwa ayahnya membakar uang ketika dia menyadari putrinya Manuela menderita hipotermia. Cerita Marroquin disampaikan kepada majalah Don Juan pada 2009.

Putra Escobar juga menuturkan kisah ayahnya saat pelarian sebelum ditembak mati oleh polisi pada tahun 1993. Escobar menguasai perdagangan kokain yang sangat menguntungkan pada tahun 1980-an. Marroquin membantah beberapa cerita yang ditampilkan serial TV Netflix tentang kehidupan ayahnya.

Cerita yang ditampilkan Netflix terlalu santun mengisahkan Escobar. “Ayah saya jauh lebih kejam dari cerita di acara itu. Dia meneror seluruh negara,” kata putra Escobar.

“Acara itu menciptakan budaya di mana menjadi pengedar narkoba itu keren. Orang-orang muda di seluruh dunia menulis surat kepada saya mengatakan mereka ingin menjadi pengedar narkoba dan meminta bantuan. Mereka menulis kepada saya seolah-olah saya menjual tiket untuk masuk ke dunia itu,” kata Marroquin yang marah.

Putra Escobar menceritakan saat pelarian mereka benar-benar sendirian tanpa pengawalan anggota gangster, sangat menderita berpindah tempat hingga tidur di ruang terbuka. Marroquin berusia 16 tahun saat ayahnya meninggal, cukup besar untuk memahami kisah ayahnya.

Marroquin membantah bahwa ayahnya tewas ditembak polisi, ia menegaskan bahwa ayahnya melakukan bunuh diri begitu ia dikepung oleh polisi. Putra Escobar mengatakan dia tidak tertarik untuk memulihkan reputasi ayahnya, sebaliknya ia hanya ingin orang-orang tetap berpegang pada fakta-fakta yang dia ketahui.

Pablo Escobar bersama putranya Juan Pablo di depan Gedung Putih (1981)

Cerita ini menjadi terkenal karena uang yang dibakar nilainya sangat besar. Seandainya, Escobar hanya membakar uang $100 hingga $1000, mungkin cerita ini akan menjadi angin lalu. Sebuah pertanyaan muncul, apakah uang $2 juta cukup besar bagi seorang raja kokain?

Pablo Escobar adalah putra seorang petani miskin dari Kolombia, pada usia 35 tahun ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Escobar menjadi pemimpin kartel Medellín, yang bertanggung jawab atas 80% pasar kokain global.

Ia menghasilkan pemasukan sekitar $420 juta per minggu, dalam setahun hampir mencapai $22 milyar, menjadikannya salah satu raja narkoba terkaya yang pernah ada.

Terlepas berapa total kekayaan Escobar, memverifikasi secara akurat kekayaannya tidak mungkin bisa dilakukan secara uang dari perdagangan narkoba sangat gelap, tetapi diperkirakan sekitar $30 milyar.

Escobar pernah masuk dalam daftar miliader dunia versi Forbes selama tujuh tahun berturut-turut (1987-1993). Pada tahun 1989, ia tercatat sebagai orang terkaya ketujuh di dunia.

Kekayaan Escobar yang sangat besar dari hasil perdagangan kokain menjadi masalah karena ia tidak bisa menyimpan uangnya di bank. Ia terpaksa menyimpan seluruh uangnya di sebuah ladang pertanian di Kolombia, gudang usang, dan di dalam dinding rumah anggota kartel, menurut Roberto Escobar, kepala akuntan kartel, dalam bukunya “The Accountant’s Story: Inside the Violent World of the Medellín Cartel.”

“Pablo menghasilkan begitu banyak uang sehingga setiap tahun kami akan kehilangan 10% dari uang itu karena tikus akan memakannya di gudang atau akan rusak oleh air atau hilang,” tulis Roberto.

Uang yang hilang setiap tahunnya sekitar $2,1 milyar, berdasarkan laporan jumlah uang yang ia hasilkan pertahun. Escobar memiliki lebih banyak uang yang tidak ia sadari, jadi kehilangan uang secara sembarangan karena dimakan tikus dan jamur baginya bukan masalah.

Masalah yang sebenarnya adalah bagaimana menyembunyikan dan menyimpan uang secara rapih, menumpuk uang dan mengikatnya hingga menjadi gepokan.

Menurut Roberto, kartel Medellín menghabiskan sekitar $2.500 per bulan membeli pita karet yang diperlukan untuk menyatukan tumpukan uang kertas.

Pablo Escobar bersama istrinya Maria Victoria, anak pertama Juan Pablo, dan putri kecilnya Manuela.

Berdasarkan keterangan dari Roberto Escobar di atas, apakah menurut Anda uang $2 juta yang dibakar Escobar cukup besar? Tentunya uang itu tidak berarti baginya, secara ia salah satu orang terkaya di dunia dan setiap tahunnya kerap kehilangan uang hingga $2,1 milyar.

Itu artinya Escobar membakar uang $2 juta (Rp20 milyar) tidak ada yang istimewa, mungkin uang receh yang ia bakar. Tetapi saya tetap berpikir positif mengambil hikmah dari apa yang dilakukan Escobar untuk putrinya, harta paling berharga adalah keluarga.

Berapa banyak persahabatan hancur karena uang. Berapa banyak tali persaudaraan terputus karena uang. Berapa banyak hubungan anak dan orangtua menjadi retak hanya karena uang. Jika uang menyebabkan putusnya silaturahim dan menimbulkan permusuhan, lebih baik dibakar saja.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: International

Artikel Terbaru

Benarkah Pablo Escobar Membakar Uang $2 Juta Demi Menghangatkan Tubuh Putrinya?