Cara Pemakaian Masker Yang Benar: Hoax


Sebuah video viral yang telah lama beredar memberikan informasi cara menggunakan masker yang benar. Video itu kembali beredar terkait dengan kebakaran hutan di Kalimantan di mana masyarakat banyak menggunakan masker.

Berikut videonya:

Dalam video itu menjelaskan cara menggunakan masker untuk orang yang sehat agar tidak tertular dari orang lain harus digunakan terbalik, sedangkan untuk orang sakit dipakai normal.

Berdasarkan penjelasan dari dr Ibrahim, informasi itu adalah hoax. Secara umum, masker memiliki 3 atau 4 lapisan tergantung harganya. Berikut jenis lapisan dari masker:

  • Lapisan 1
    Bagian ini merupakan lapisan luar yang tahan air untuk mencegah percikan cairan seperti darah atau ludah.
  • Lapisan 2
    Bagian ini merupakan lapisan dalam, lapisan ini mirip dengan lapisan luar yang kedap air, tetapi biasanya ditambahkan dengan lapisan yang lebih lembut agar lebih nyaman saat digunakan.
  • Lapisan 3
    Bagian ini merupakan lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter dari debu dan kuman.

Jadi, inti dari lapisan masker berada di bagian tengah sebagai filter, dipakai terbalik atau normal sebenarnya sama saja. Namun, alangkah baiknya digunakan secara normal (bagian warna putih di dalam) karena lebih lembut.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa masker dipakai terbalik atau normal, untuk orang sehat dan orang sakit tidak ada pengaruhnya. Berikut video selengkapnya:

RSUP Persahabatan juga menanggapi video viral tersebut, dalam pernyataannya mengatakan bahwa informasi dalam video itu tidak benar. Berikut video selengkapnya:

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Cara Pemakaian Masker Yang Benar: Hoax