Pemahaman Tentang Demam dan Penanganan Yang Tepat


“Saya sedang sakit demam”. Itulah kesalahpahaman yang telah lama dipercaya mengatakan bahwa demam adalah penyakit. Jika demam bukan penyakit lantas itu apa?

Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh mengalami kenaikan dari batas normal. Suhu normal manusia bervariasi tergantung pelbagai faktor, tetapi umumnya berada pada kisaran 36,5-37,2°C. Demam sebenarnya bukan penyakit, melainkan proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit.

itu artinya ketika Anda mengalami infeksi, sistem kekebalan tubuh secara otomatis bereaksi memanaskan diri untuk mencegah virus berkembang dan membunuhnya. Demam belum tentu berbahaya dan mengkhawatirkan, jadi Anda tidak harus terburu-buru menurunkan demam.

Jika demam melebihi 38°C maka Anda harus segera menurunkannya dengan meminum obat penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen. Orang dewasa juga dapat mengonsumsi aspirin, tetapi anak-anak yang menderita demam sebaiknya tidak mengonsumsi aspirin. Penting juga untuk minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Demam akan semakin parah ketika Anda kurang minum air putih. Dengan kondisi suhu tinggi maka tubuh akan kehilangan banyak cairan dan menyebabkan dehidrasi, dengan gejala umum seperti pusing, palpitasi (jantung berdebar kencang), mulut kering, dan tubuh terasa lemah.

Penyebab demam lainnya bisa disebabkan penggunaan beberapa jenis obat-obatan atau biasa disebut drug fever. Obat-obatan yang memicu demam seperti antibiotik, obat tekanan darah, dan obat anti kejang.

Demam juga bisa terjadi karena beberapa penyakit, seperti penyakit panas (terlalu lama berada di tempat yang panas), kanker, penyakit autoimun, beberapa jenis imunisasi anak.

Cara penanganan demam yang tepat

Demam tidak perlu diobati jika masih dalam batas normal, tetapi ketidaknyamanan akan terasa mengganggu. Mengobati demam tidak memperpendek atau memperpanjang perjalanan penyakit. Mengobati demam tergantung pada tingkat ketidaknyamanan. Jika anak Anda tidak nyaman atau gelisah, berikut cara perawatan demam yang dapat membantu:

  • Berikan air minum secukupnya kepada anak Anda untuk mencegah dehidrasi. Mungkin Anda akan kesulitan melakukannya, tetapi Anda harus terus berusaha dengan berbagai cara.
  • Gunakan pakaian yang tipis dan longgar agar kulit mendapat ruang pelepasan panas. Menggunakan pakaian dan selimut tebal akan mengakibatkan suhu panas mengendap di dalam tubuh hingga menjadi demam tinggi, itu berbahaya.
  • Gunakan selimut tipis jika anak Anda merasa kedinginan, sampai menggigil berakhir.

Orang dewasa dengan demam di atas 39°C umumnya akan seperti orang sakit. Tujuan utama perawatan adalah untuk meredakan ketidaknyamanan dan membantu Anda beristirahat. Segera cari perawatan medis jika demam Anda memiliki gejala sebagai berikut:

  • Sulit bernafas
  • Sakit dada
  • Sakit kepala parah
  • Kebingungan atau agitasi
  • Sakit perut
  • Sering muntah
  • Tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, urin berkurang atau gelap, atau penolakan minum cairan
  • Ruam kulit
  • Kesulitan menelan cairan
  • Nyeri saat buang air kecil atau sakit di punggung

Yang harus dicacat, mengukur suhu demam jangan dengan rabaan lalu mengira-ngira. Selalu sediakan termometer di rumah untuk memeriksa suhu tubuh keluarga Anda. Anak Anda mengalami demam ketika level suhu mencapai (menggunakan termometer): 37,8°C (dalam mulut), 38°C (rektal/dubur), 37,2°C (bagian ketiak).

Jadi mulai sekarang jika anak Anda mengalami demam tidak perlu langsung merasa panik. Semua anak mengalami demam dari waktu ke waktu. Demam itu sendiri biasanya tidak menimbulkan bahaya dan sebenarnya bisa menjadi hal yang baik di mana sistem kekebalan tubuh anak sedang bekerja.

Suhu tubuh kebanyakan orang berubah sedikit setiap harinya. Biasanya sedikit lebih rendah di pagi hari dan sedikit lebih tinggi di malam hari dan dapat bervariasi ketika anak-anak berlarian, bermain, dan berolahraga.

Namun, terkadang hipotalamus akan “mengatur ulang” tubuh ke suhu yang lebih tinggi sebagai respon terhadap infeksi, penyakit, atau penyebab lain. Mengapa? Para peneliti percaya bahwa memanaskan diri adalah cara bagi tubuh untuk melawan kuman penyebab infeksi, akibatnya tubuh terasa tidak nyaman dan seperti sakit. Kondisi itulah yang menjadikan demam dianggap sebagai penyakit.

Mengingatkan kembali, demam bukanlah penyakit. Pada anak-anak yang sehat, tidak semua demam perlu diobati. Namun, demam tinggi dapat membuat anak tidak nyaman dan membuat masalah (seperti dehidrasi ) menjadi lebih buruk. Umumnya anak akan mengalami demam saat flu dan batuk. Demam akan hilang dengan sendirinya jika flu dan batuk reda.

Anak usia di atas 3 tahun dapat dilihat dari perilaku dan aktivitasnya apakah demam tidak perlu Anda khawatirkan atau harus dibawa ke dokter. Demam mungkin tidak serius jika anak Anda:

  • Masih mau bermain
  • Nafsu makan dan minum cukup baik
  • Masih mau tersenyum kepada Anda
  • Warna kulit normal
  • Terlihat baik-baik saja ketika suhu tubuhnya turun

Anda jangan terlalu khawatir jika anak tidak mau makan karena demam. Ini sangat umum terjadi akibat infeksi yang menyebabkan demam. Untuk anak-anak yang masih mau minum dan buang air kecil secara normal, nafsu makannya berkurang itu tidak masalah.

Demam yang sebenarnya tidak serius akan menjadi berbahaya jika penanganannya salah. Tidak mudah menjadi orangtua, sangat penting bagi setiap orangtua memiliki pengetahuan. Informasi penanganan demam dari sumber tidak jelas akan mengakibatkan anak Anda dalam bahaya.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

Referensi:
U.S. National Library of MedicineFever
American Academy of Family PhysiciansFever in Infants and Children
Kids HealthFevers
AloDokterPengertian Demam
Mayo ClinicFever: First aid
NCBIFever as an important resource for infectious diseases research

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Informasi

Artikel Terbaru

Pemahaman Tentang Demam dan Penanganan Yang Tepat