Jangan Gunakan Pembasmi Nyamuk, Ini Cara Tepat Basmi Kutu Rambut


Jejaring sosial dan internet bertebaran informasi cara membasmi kutu rambut menggunakan semprotan pembasmi nyamuk atau obat kimia tanpa rekemondasi farmakologi. Apakah cara itu ampuh?

Penggunaan semprotan anti-nyamuk mungkin efektif membunuh kutu rambut, tetapi Anda juga harus siap menghadapi risikonya. Anda harus menggunakan cara yang lebih aman untuk menghindari risiko buruk ketika menggunakan obat pembasmi kutu.

Berita online basmi kutu rambut gunakan pembasmi nyamuk.
Tentang kutu dan telur kutu

Kutu kepala adalah serangga kecil berkaki enam yang menempel di kulit kepala dan leher, mereka hidup memakan darah manusia. Ukuran kutu biasanya sebesar biji wijen. Telur kutu disarangkan ke bagian rambut di dekat kulit kepala hingga sulit terlihat.

Walaupun tidak terbang atau melompat, kutu ini dapat dengan mudah berpindah ke kepala lain melalui kontak dekat atau perantara benda seperti sisir, jepit rambut, topi, dan benda lainnya yang digunakan di bagian kepala.

Meskipun kutu dan telur kutu bentuknya kecil, mereka dapat terlihat dengan mata telanjang. Kutu kepala biasanya berwarna putih, coklat, atau abu-abu gelap. Mereka paling sering ditemukan di rambut bagian belakang leher atau di belakang telinga. Telur kutu berbentuk bintik bulat atau oval yang menempel erat pada rambut di dekat kulit kepala.

Penyebaran kutu

Anak-anak paling rentan menderita kutu rambut. Beberapa hasil studi mengungkapkan bahwa sekolah playgroup, TK, dan SD, menjadi tempat paling potensial bagi anak tertular kutu. Anak-anak biasanya bermain dengan menggunakan benda-benda yang menyentuh kepala mereka.

Kutu paling sering bersarang di kepala anak-anak, orang dewasa yang hidup bersama anak-anak juga berisiko tinggi dihinggapi, seperti orangtua yang memiliki anak pendidikan usia dini dan orang-orang yang bekerja di sekolah usia dini (playgroup, TK, dan SD).

Efek kutu di kepala

Kutu yang bersarang akan membuat kepala terasa tidak nyaman, masalah paling umum adalah rasa gatal selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah kutu masuk di kepala.

Rasa gatal disebabkan karena reaksi terhadap gigitan kutu pada kulit kepala. Jika kulit kepala sering digaruk maka akan tergores dan terjadi luka, akibatnya luka bekas garukan akan mengakibatkan infeksi kulit.

Perkembangbiakan kutu
Siklus kehidupan kutu kepala. Gambar: Pharmaceutical Journal

Telur kutu biasanya menetas dalam waktu 6 hingga 7 hari. Setelah menetas dan tumbuh dewasa, kutu jantan dan betina akan kawin. Kutu betina mulai bertelur dua hari setelah kawin dan menghasilkan empat hingga delapan telur perhari selama 16 hari berikutnya.

Kutu kepala mampu bertahan hidup selama 33-35 hari di kepala manusia, setelah umur 35 hari mereka akan mati. Mereka tidak bisa bertahan hidup lebih dari 2 hari di luar inang manusia karena tidak ada sumber makanan (darah).

Pengobatan yang tepat dan aman

Sayangnya kutu tidak akan hilang dengan sendirinya. Jika anak Anda terserang kutu harus segera diatasi sejak gejala pertama. Kutu rambut dapat dibunuh menggunakan obat khusus yang diaplikasikan pada kulit kepala. Hanya membunuh kutu tidak akan efektif, telur kutu juga harus dibasmi.

Gunakan sisir bergigi halus untuk menghilangkan kutu. Sisir jenis ini cukup efektif menyikat kutu dan telur kutu dari rambut. Sisir ini telah digunakan oleh masyarakat Mesir kuno, sisir serit ditemukan di kuburan mereka.

Tetapi menggunakan sisir serit membutuhkan waktu lama dan kesabaran untuk benar-benar dapat membersihkan kutu. Sisir ini Lebih efektif digunakan setelah perawatan menggunakan obat pembasmi kutu untuk menghilangkan sisa kutu dan telurnya.

Obat pembasmi kutu telah banyak beredar di pasaran yang telah direkomendasikan (pengobatan farmakologi). Beberapa obat pediculicides (pembunuh kutu) memiliki efek ovisidal (membunuh telur). Untuk pediculicide yang hanya mengandung ovisidal lemah atau tidak ovisidal, disarankan untuk melakukan treatment secara rutin.

Bagi pediculicide dengan ovisidal yang lebih kuat, perawatan ulang dianjurkan hanya jika ditemukan ada kutu masih hidup beberapa hari setelah perawatan (ikuti petunjuk pada kemasan). Agar lebih efektif, perawatan ulang harus dilakukan setelah semua telur menetas dan sebelum telur baru diproduksi.

Obat pediculicide dapat Anda beli di apotik, disarankan untuk membeli obat pediculicide dengan efek ovisidal lebih kuat agar telur kutu bisa dibasmi. Pengobatan farmakologi hanya dilakukan untuk membasmi kutu dan telurnya yang berada di kepala.

Langkah-langkah non-farmakologi juga harus dilakukan sebagai pencegahan, membersihkan benda-benda yang digunakan penderita kutu. Meskipun kutu tidak bisa lama bertahan hidup ketika tidak ada inang manusia (kutu membutuhkan darah untuk bertahan hidup), mereka masih bisa hidup singkat (2 hari) di sekitar lingkungan manusia.

Pencegahan

Jika Anda memiliki anak kecil, sayangnya Anda tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah kutu hinggap di kepala anak. Kehidupan anak-anak adalah dunia bermain, mereka sangat aktif bermain bersama teman-temannya dan berbagi mainan, kutu mendapat tiket masuk ke inang baru.

Pertahanan terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa rambut dan kulit kepala anak Anda secara teratur sehingga Anda mengetahui anak terserang kutu lebih awal. Perawatan lebih cepat sejak awal kemunculan akan membantu mencegah kutu menyebar dan berkembang biak.

Periksa keluarga dan teman-teman yang sering bermain bersama anak Anda untuk mengetahui siapa saja yang menderita kutu rambut yang dapat menularkan kepada anak Anda. Pencegahan penularan sangat penting agar tidak dihinggapi kutu rambut.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

Referensi:
Head lice: resistance and treatment optionsPharmaceutical Journal
Slideshow: Treating and Preventing a Head Lice Infestation WebMD
What Are Lice? How Do You Know If You Have Them?WebMD
Head lice – including symptoms, treatment and preventionSA Health
Lice TreatmentCenters for Disease Control and Prevention

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Informasi

Artikel Terbaru

Jangan Gunakan Pembasmi Nyamuk, Ini Cara Tepat Basmi Kutu Rambut