Cara Menghindari Penipuan Phishing Online


Gambar: Shutterstock

“Kami akan memberikan pulsa gratis dan hadiah uang kepada Anda,” itulah contoh iming-iming yang sangat menggiurkan di mana web phishing menjalankan aksinya. Jika Anda mengklik link tautan yang diberikan, itu artinya Anda telah masuk perangkap penipuan online.

Tidak ada seorang pun yang bersedia menjadi korban penipuan phishing, tetapi penipuan ini tidak membutuhkan sukarelawan. Penipuan phishing sudah ada sejak awal kemunculan internet, dan mereka tidak akan hilang begitu saja.

Modus penipuan web phishing selalu berkembang mengikuti kebiasaan pengguna internet, jadi jangan pernah terlalu percaya diri Anda tidak mungkin menjadi korbannya. Kunci menjalankan web phishing dengan membuat replika website terpercaya agar calon korban mudah terpedaya.

Perkembangan internet semakin melaju pesat di mana Anda dapat dengan mudah berbelanja, menggunakan fasilitas bank, dan berinteraksi dengan warga negara digital dari seluruh dunia. Scam internet adalah jenis penipuan yang memanfaatkan Internet. Penipuan jenis ini sangat bervariasi dan muncul dalam berbagai bentuk.

Phishing adalah jenis penipuan online yang melibatkan individu atau kelompok untuk mencuri informasi pribadi yang sensitif, seperti data kartu kredit atau email dan password untuk masuk ke dalam akun media sosial. Berikut adalah pedoman dasar melindungi Anda dari kejahatan phishing.

Periksa kualitas situs web

Masih sedikit orang yang benar-benar memperhatikan address bar browser saat mengunjungi sebuah situs. Jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah memperhatikannya, itu adalah kesalahan besar. Bilah alamat URL berisi banyak informasi penting tentang di mana Anda sedang berada dan seberapa aman Anda berada di dalam situs yang sedang dikunjungi. Jadi, biasakan sesekali melirik ke address bar browser setiap kali Anda mengunjungi halaman baru.

Salah satu trik utama dalam scam phishing adalah dengan membuat situs web yang hampir tidak bisa dibedakan dari situs aslinya. Untuk melakukannya, hacker dan penjahat dunia maya menciptakan cara yang sangat cerdik dengan cara menyalin URL, membuat sub-domain yang meniru domain asli agar calon korban terjebak mengira mereka sedang mengunjungi situs resmi.

Penjelasan selengkapnya dapat Anda baca di sini: Cara Untuk Menghindari Jeratan Scam di Internet, Mengenali Kualitas Setiap Situs Web

Pikirkan sebelum mengklik link tautan

Mengklik setiap link yang muncul dalam pesan acak dalam email, jejaring sosial dan internet, itu bukan keputusan cerdas. Link phishing umumnya disertai kalimat menawarkan hadiah besar atau cara mudah mendapatkan uang, biasanya memanfaatkan jejaring sosial untuk menjerat korban.

Facebook menjadi sarana subur penjahat online menjalankan aksinya. Salah satu cara yang sangat umum bahwa penjahat online untuk mencapai tujuannya adalah dengan cara mengirimkan pesan palsu memberikan peringatan bahwa akun Facebook Anda dinonaktifkan atau ditangguhkan. Pesan biasanya mengatasnamakan Facebook Security, Admin Facebook atau Tim Iklan Facebook, melalui sistem pesan internal Facebook atau melalui email.

Jika Anda mengklik link yang diberikan pada pesan, Anda akan dibawa masuk ke situs web palsu yang tampilannya terlihat sangat mirip dengan milik Facebook. Setelah Anda masuk ke dalam halaman, Anda akan diminta untuk login dengan alamat email akun Facebook dan password. Kemudian Anda akan dituntun memberikan password email, rincian data kartu kredit, dan informasi pribadi lainnya.

Penjelasan selengkapnya dapat Anda baca di sini: 4 Cara Scammers Menjalankan Aksinya di Facebook

Verifikasi keamanan situs

Jangan pernah mengabaikan risiko keamanan informasi sensitif aktivitas online Anda. Selama Anda berada di halaman situs web yang aman, seharusnya itu tidak masalah. Sebelum mengirimkan informasi apa pun, pastikan URL situs dimulai dengan “https” dan harus ada ikon gembok tertutup di awal bilah alamat.

Ikon gembok (Thesslstore.com)

Jangan lupa periksa sertifikat keamanan situs. Yang harus diingat adalah, semua koneksi aman akan memiliki “ikon gembok”, tetapi beberapa hal mungkin juga memiliki “address bar berwarna hijau”. Address bar berwarna hijau hanya ditampilkan saat sebuah situs web menggunakan jenis sertifikat SSL tertentu yang dikenal sebagai sertifikat Extended Validation (EV). Sertifikat ini memungkinkan situs web untuk membuktikan bahwa mereka dioperasikan oleh perusahaan yang ada di dunia nyata dan telah terdaftar secara hukum.

Address bar berwarna hijau (Thesslstore.com)
Rutin mengecek akun online Anda

Jika Anda tidak mengunjungi akun online Anda dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda tidak akan tahu jika seseorang mencoba masuk ke akun online Anda. Luangkan waktu sebentar secara teratur walau hanya sekedar membuka akun online Anda agar jika mengalami masalah akan cepat diketahui dan Anda dapat sesegera mungkin mengatasinya.

Biasakan mengganti kata sandi secara teratur juga. Untuk mencegah penipuan phishing bank dan kartu kredit, Anda harus memeriksa laporan Anda secara pribadi. Dapatkan laporan bulanan untuk akun keuangan Anda dan periksa setiap entri dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada transaksi yang dilakukan tanpa sepengetahuan Anda.

Rutin perbarui browser

Patch keamanan akan selalu dirilis oleh browser populer sepanjang waktu. Pembaruan browser dirilis sebagai tanggapan terhadap celah keamanan yang ditemukan dan dieksploitasi oleh phisher dan peretas lainnya. Jika Anda biasanya mengabaikan pesan tentang memperbarui peramban, tinggalkan kebiasaan buruk itu.

Gunakan Firewall

Firewall berkualitas tinggi bertindak sebagai pelindung antara Anda dan komputer Anda dari pengganggu tidak dikenal. Anda harus menggunakan dua jenis: firewall desktop dan firewall jaringan. Opsi pertama adalah jenis software, dan opsi kedua adalah jenis hardware.

Ketika digunakan bersama-sama, mereka secara signifikan mencegah kemungkinan peretas dan phisher menyusup ke komputer atau jaringan Anda.

Jangan sembarangan memberikan informasi pribadi

Sebagai aturan wajib yang harus ditanam dalam pikiran Anda, jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada pihak tidak dikenal. Aturan ini sering diingatkan oleh pelbagai pihak, tetapi masih saja ada pengguna internet yang mengabaikannya. Tujuan utama pelaku phishing adalah mendapatkan informasi pribadi Anda, jika mereka mendapatkannya maka semua akun dan aktivitas online Anda akan berpindah tangan.

Gunakan antivirus

Ada banyak manfaat menggunakan perangkat lunak antivirus di komputer atau smartphone Anda. Tetapi harus diingat, gunakan software antivirus terpercaya yang dapat melindungi Anda. Tidak sedikit antivirus yang seharusnya melindungi secara maksimal tetapi tidak efektif, malah mereka berbalik menyerang komputer Anda.

Tidak sedikit antivirus palsu beredar secara online. Ada sebuah literasi mengatakan bahwa antivirus lebih berbahaya dari virusnya. Salah satu fungsi utama antivirus adalah mendeteksi virus dan membersihkannya. Banyak laporan pengguna kecewa karena antivirus yang mereka gunakan menghapus file yang terinfeksi virus, alih-alih membersihkan virus malah menghapus file penting.

Gunakan VPN berbayar

Netizen cerdas menggunakan jaringan virtual pribadi, atau VPN untuk aktivitas online mereka. Menggunakan VPN melindungi data Anda saat transit, karena data tersebut bergerak dalam bentuk terenkripsi ke server VPN. Ini juga menawarkan perlindungan terhadap penguntit maya, karena lalu lintas Anda nampak berasal dari server VPN, bukan dari alamat IP lokal Anda.

Tetapi merutekan lalu lintas web melalui VPN tidak sepenuhnya dapat mencegah phishing. Saat Anda memberikan kredensial kepada pemilik situs phishing, tidak masalah bagaimana Anda sampai di sana. Serangan phishing menargetkan Anda, bukan perangkat atau sistem komunikasi Anda.

Menggunakan VPN berbayar setidaknya dapat meminimalisir serangan phishing, walaupun tidak sepenuhnya efektif. Harus dicatat, menggunakan VPN gratis berpotensi membahayakan aktivitas online Anda. Ada bahaya tersembunyi yang tertanam di VPN gratis.

Cari Informasi tentang phishing

Sejatinya phishing lebih cerdas dari yang Anda sadari. Jenis penipuan phishing baru selalu dikembangkan sepanjang waktu. Jika Anda tidak mengetahui teknik phishing baru, Anda akan berpotensi menjadi korbannya. Pencegahan paling efektif menghindari phishing adalah rutin mencari informasi tentang perkembangan phishing terbaru di internet.

Dengan mengetahui tentang modus mereka sedini mungkin, Anda akan berisiko jauh lebih kecil untuk dijebak oleh penjahat online. Gunakan waktu berselancar internet Anda mencari pengetahuan, jangan buang waktu tidak berguna menghabiskan kuota internet hanya berselancar tidak jelas tujuannya.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Informasi

Artikel Terbaru

Cara Menghindari Penipuan Phishing Online