Apakah Asteroid 99942 Apophis Berpotensi Mengancam Bumi Pada 2029?


Gambar: : RomoloTavani / iStock

Beberapa laporan menakutkan mengatakan bahwa sebuah asteroid 99942 atau Apophis berpotensi menghancurkan Bumi pada tahun 2029.

Para Ilmuwan NASA menyadari bahwasa lintasan orbit asteroid ini masih bisa berubah sewaktu-waktu dan ini menimbulkan kekhawatiran di antara mereka.

Asteroid Apophis diperkirakan pertama kali terlihat di Bumi bagian selatan, melintasi pantai timur ke pantai barat Australia.

Kemudian akan terus melaju melewati Samudra Hindia hingga Amerika Serikat.

Karena kecepatannya yang luar biasa itu, Asteroid Apophis diperkirakan hanya membutuhkan waktu satu jam untuk melintasi Bumi.

Saat ini, para ilmuwan NASA sedang mempersiapkan kedatangan asteroid ini.

Sumber klaim: Grid.id

NASA atau The National Aeronautics and Space Administration memperkirakan dampak asteroid Aphosis yang dijuluki God of Chaos. Asteroid ini diperkirakan akan mengakibatkan kekacauan dengan membuat atmospheric entry dengan kekuatan 1.200 megaton.

Energi tersebut diperkirakan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar dari peristiwa ledakan Tusungka di Rusia, Krakatau, dan bom hidrogen Tsar Bomba.

Dilansir Express, NASA memperkirakan asteroid ini akan memilki peluang 1 dari 45.000 untuk menghantam bumi pada 13 April 2029. Apabila benar menghantam bumi maka peristiwa ini akan membuat sejarah baru.

Sumber klaim: Tirto.id


SALAH


Analisis

Laporan dari pers Indonesia tentang asteroid Apophis bersumber dari media Inggris Express yang mengabarkan bahwa 99942 Apophis akan melewati Bumi pada tahun 2029. Dalam laporannya menciptakan ketakutan seakan-akan Bumi sedang terancam bahaya.

Asteroid 99942 Apophis (2004 MN4) memiliki diameter 320-370 meter dan ditemukan oleh NASA pada tahun 2004. Ini adalah jenis asteroid dari kategori “Objek Dekat Bumi”, yang berarti bahwa orbitnya terkadang melewati Bumi.

Asteroid ini akan melewati Bumi pada 13 April 2029, ketika Apophis telah melakukan perjalanan sekitar 30 hingga 40 ribu kilometer dari planet kita. Kabar bahwa Apophis akan berbenturan dengan Bumi tidak benar, peluang asteroid ini bertabrakan dengan Bumi pada 2029 telah dikesampingkan oleh NASA pada tahun 2013.

Pergerakan Apophis 2029 tidak mengarah ke Bumi. Titik-titik biru adalah satelit buatan manusia yang mengorbit Bumi. Garis kuning adalah pergerakan asteroid 99942. Gambar: NASA / JPL-Caltech .

Berdasarkan pengukuran yang dapat diandalkan dengan pengukuran selama transit, earthsky.org melaporkan bahwa Apophis akan bergerak tidak mengarah ke Bumi. Hal yang sama berlaku pada Apophis lain yang mungkin menabrak Bumi pada 2036 telah dikesampingkan, berdasarkan laporan NASA.

Asteroid Apophis yang akan mendekati Bumi pada 2029. Gambar: Space.com.

Kesimpulan

Berdasarkan fakta-fakta di atas, klaim bahwa asteroid 99942 Apophis ‘mengancam bumi’ dan ‘NASA waspada’ adalah salah, NASA telah mengabaikan ancaman sejak tahun 2013.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Astronomi

Artikel Terbaru

Apakah Asteroid 99942 Apophis Berpotensi Mengancam Bumi Pada 2029?