Pria Malaysia Gegerkan Jagad Maya, Benarkah Buaya?


Baru-baru ini beredar foto-foto yang memperlihatkan pemandangan unik di mana seekor hewan yang diklaim buaya mencoba memanjat pagar rumah di Malaysia. Kejadian tersebut diabadikan oleh pria pemilik akun Facebook Long Cherng Yee.

Lee dalam postingannya mengatakan bahwa hewan itu adalah buaya. Apakah benar itu buaya? Ciri-ciri hewan tersebut tidak seperti buaya, lebih mirip kadal besar. Tidak sedikit netizen berasumsi bahwa hewan itu adalah komodo.

Jika dilihat dari perawakannya memang mirip dengan komodo. Namun, komodo adalah hewan endemik Indonesia yang berada di pulau Komodo, Flores. Komodo adalah hewan dilindungi, jadi tidak mungkin hewan ini bebas berkeliaran di Malaysia.

Jika hewan itu bukan buaya atau komodo, lantas hewan apa? Yang paling mungkin hewan itu adalah biawak besar. Tampilan dari komodo dan biawak memang sangat mirip karena keduanya adalah saudara, tetapi biawak bukan hewan endemik Indonesia dan tidak dilindungi.

Komodo. Wikipedia
Biawak

Komodo merupakan salah satu biawak terbesar dan paling mematikan di dunia karena racunnya yang sangat kuat. Hal ini juga dimiliki oleh biawak lainnya. David Kirshner, seorang ahli binatang menyebut bahwa perbedaan antara biawak dan komodo bergantung pada definisi biawak itu sendiri.

Perbedaan keduanya adalah ukuran tubuhnya. Komodo memiliki tubuh yang lebih tebal. Selain itu, ekor komodo lebih pendek dibanding biawak renda. Ini mungkin karena komodo lebih jarang memanjat pohon jika dibandingkan dengan biawak.

Di luar kedua hal tersebut, keduanya sangat mirip. Mulai dari skalanya, tengkorak, bentuk gigi, perilaku, bahkan cara kulit terlipat di area tenggorokan mereka.

Berdasarkan ciri-ciri yang dijelaskan oleh Kirshner bahwa biawak sering memanjat pohon, ekor panjang dan kulit terlipat di area tenggorokan, hewan yang dipotret warga Malaysia itu identik dengan biawak.

Spesies biawak menyebar cukup luas di pelbagai wilayah di dunia, Afrika, India, China, Jepang, Australia, Asia Tenggara dan wilayah lainnya. Biawak yang tersebar di Malaysia dan Indonesia adalah jenis biawak air. Biawak jenis ini sering dekat dengan pemukiman warga.

Biawak sangat pandai berenang dan memanjat pohon, sering berkeliaran di darat untuk mencari makan. Berikut video biawak memanjat pohon.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Facebook

Artikel Terbaru

Pria Malaysia Gegerkan Jagad Maya, Benarkah Buaya?