Waspada Kejahatan Pencurian Foto Pribadi Anda


Pixabay

Di era digital saat ini setiap apa yang Anda simpan di ponsel pintar akan saling terhubung dengan cara tertentu, menjaga setiap file sensitif menjadi sangat penting dan memerlukan kerja keras.

jika file-file penting itu adalah foto-foto sensitif Anda, maka menjaga keamanannya tidak boleh dianggap remeh. Sering kita mendengar banyaknya kasus foto pribadi yang bocor ke publik bermunculan di internet dan kasus-kasus pemerasan yang menyertainya. Beberapa selebritis banyak menjadi korban foto dan video pribadi terseber di internet.

Setiap orang memiliki hak untuk mengabadikan foto diri sendiri dan menyimpannya di dalam ponsel atau komputer, terlepas apakah itu foto biasa atau foto sensitif Anda, dan Anda juga dapat memutuskannya apakah akan dirahasiakan atau bebas diakses oleh siapa saja.

Tetapi yang perlu Anda ketahui, perangkat ponsel atau komputer Anda saat terhubung ke internet maka penjahat online bisa saja mencuri semua foto pribadi Anda, kecuali Anda tidak peduli. Masalah sebenarnya ketika foto yang dicuri adalah foto sensitif Anda, jika foto itu tersebar di internet dan disalahgunakan, apakah Anda masih tidak peduli?

Berikut cara melindungi foto-foto pribadi Anda yang harus Anda lakukan agar nama baik Anda tetap terjaga dan terhindar dari pemerasan, dilansir dari thatsnonsense.com:

Lindungi ponsel Anda

Tidak ada jaminan jika suatu hari nanti ponsel Anda tidak akan berpindah tangan ke orang yang salah, entah itu hilang atau dicuri. Jadi Anda harus mengaktifkan kode sandi yang rumit dan sulit ditebak, atau fitur biometrik menggunakan pemindaian sidik jari atau iris mata.

Sebagian besar smartphone saat ini dilengkapi fitur yang memungkinkan Anda menemukan, mengunci, dan bahkan menghapus jika ponsel Anda hilang atau dicuri. Fitur-fitur ini tersedia di ponsel Android dan Apple, jadi pertimbangkan untuk mengaktifkan fitur ini agar Anda tetap terlindungi ketika kehilangan perangkat.

Khusus untuk file yang sangat sensitif, Anda dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan seperti aplikasi ‘kunci foto’ hingga PIN yang harus dimasukkan untuk mencegah pihak ketiga melihat foto sensitif Anda.

Ketahui ke mana foto Anda pergi

Penting untuk diketahui, ketika Anda mengambil foto, itu tidak selalu tersimpan hanya di dalam ponsel Anda. Sebagian besar pengguna smartphone mengaktifkan pencadangan cloud, yang artinya foto-foto itu juga dikirim ke “cloud”. Ya, ini artinya tentang akses internet.

Itu artinya setiap file foto tanpa Anda sadari masuk ke dalam akun penyimpanan online Anda. Hal ini bagus untuk mencegah kehilangan foto yang terhapus di ponsel, tetapi juga menghadirkan kerentanan keamanan karena penjahat tidak lagi memerlukan ponsel Anda untuk melihat semua foto pribadi Anda. Mereka hanya membutuhkan akses ke akun penyimpanan online Anda.

Pelajari tentang modus penipuan phishing

Sebagian besar skandal foto pribadi atau video asusila para selebritis yang bocor ke publik kemungkinan besar merupakan hasil dari penipuan phishing yang ditargetkan untuk mendapatkan akses ke akun penyimpanan cloud. Misalnya penjahat menargetkan selebriti, mereka mencoba mendapatkan akses ke akun penyimpanan online target dengan cara phishing.

Jenis penipuan ini dapat dilakukan cukup mudah, efektif dan cepat, itu berita buruk. Tetapi berita baiknya adalah begitu Anda mengetahui cara kerjanya, mereka sangat mudah dikenali.

Umumnya penipuan phishing bekerja dengan memberikan link tautan untuk diklik agar mengunjungi halaman login palsu yang meminta nama pengguna dan kata sandi, yang kemudian dicuri. Halaman login mungkin terlihat seperti halaman resmi seperti Google, Facebook, Twitter, Instagram atau PayPal. Tetapi itu sebenarnya halaman palsu yang menyamar sebagai halaman resmi, jadi selalu pastikan memeriksa alamat web.

Yang paling penting, jangan sembarangan mengklik tautan yang masuk di email atau pesan yang secara teoritis dapat membawa Anda pergi ke situs web mana pun. Untuk informasi lebih lanjut tentang penipuan phishing dan cara kerjanya, lihat artikel kami di sini: Cara Untuk Menghindari Jeratan Scam di Internet, Mengenali Kualitas Setiap Situs Web.

Gunakan kata sandi yang rumit

Seperti biasa, lindungi akun online Anda dengan kata sandi yang rumit, dan ini termasuk akun penyimpanan online jika mendukung foto Anda. Jika Anda menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, itu artinya tanpa disadari Anda menyerahkan kunci akun penyimpanan online Anda kepada penjahat.

Gunakan verifikasi dua langkah

Verifikasi 2 langkah atau juga dikenal sebagai autentikasi 2 faktor (2FA) berfungsi melindungi akun online Anda dengan cara meminta informasi tambahan selain nama pengguna dan kata sandi.

Ini berarti jika Anda terlanjur masuk dalam jeratan penipuan phising dan telah memberikan kata sandi Anda, mereka tidak akan dapat mengakses akun Anda karena mereka tidak memiliki informasi tambahan itu.

Ini bisa berupa kode yang dikirim ke ponsel Anda atau kode yang dibuat oleh aplikasi di ponsel Anda. Jika akun online Anda mendukung 2FA maka aktifkan itu untuk perlindungan ekstra.

Berpikir kembali sebelum berbagi

Tersebarnya foto pribadi ke publik juga disebabkan oleh keputusan Anda berbagi kepada seseorang yang Anda percayai. Harus diingat, sifat manusia terkadang tidak konsisten dan orang yang Anda percayai bisa saja mencelakai Anda. Jadi selalu pikirkan baik-baik sebelum memilih untuk berbagi jenis konten dengan orang lain.

Pertimbangkan untuk menghapus foto sensitif Anda

Jika Anda menyukai berfoto seksi atau merekam saat berhubungan intim, pertimbangkan untuk tidak lagi melakukannya karena apa yang Anda simpan di perangkat sangat rentan tersebar ke publik. Ini tentang nama baik Anda.

Jika Anda terlanjur menyimpan foto atau video sensitif Anda, segera menghapusnya karena semua itu akan menjadi bencana di suatu hari nanti. Yang harus Anda ingat, semua itu pastinya memiliki risiko bahwa orang lain bisa mendapatkannya dengan cara apapun.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Foto

Artikel Terbaru

Waspada Kejahatan Pencurian Foto Pribadi Anda