Seorang Wanita Menjadi Amnesia Karena Susah BAB?


Ilustrasi wanita menderita sembelit

Klaim: Seorang wanita di Hong Kong yang mengalami sembelit dilaporkan kehilangan lebih dari 10 tahun ingatannya setelah berusaha BAB terlalu keras saat berada di toilet.

Bukan hanya itu, ketika BAB, Anda pun perlu tenaga ekstra. Namun, berhati-hatilah bagi Anda yang sering mengalami sembelit. Seorang wanita di Hong Kong yang mengalami sembelit dilaporkan kehilangan lebih dari 10 tahun ingatannya setelah berusaha BAB terlalu keras saat berada di toilet.

Wanita yang tidak diketahui namanya itu lantas didiagnosis mengalami ‘gangguan mental’. Dilansir dari The China Post, Jumat, 31 Mei 2019, wanita malang tersebut mengalami kehilangan memori satu dekade hidupnya selama periode delapan jam setelah berjuang untuk bisa BAB.

Ingatannya kembali setelah menginap semalam di rumah sakit, meskipun wanita itu masih tidak dapat mengingat delapan jam setelah dirinya keluar dari toilet. Ahli saraf, Dr Peng Jiaxiong mengatakan bahwa wanita itu menderita ‘transient global amnesia’, suatu kondisi misterius yang mengakibatkan hilangnya ingatan secara mendadak.

Sumber klaim: Viva.co.id, suara.com, dream.co.id, liputan6.com, tribunnews.com, detik.com


Belum Dapat Dikonfirmasi


Analisis

Cerita itu menjadi viral berasal dari surat kabar Cina Sky Post, yang mengambil sumber dari netizen anonim yang tidak bisa dijadikan rujukan yang dapat diandalkan.

Cerita itu berasal dari seorang netizen yang menceritakan ibunya mengalami amnesia setelah BAB pada Maret lalu. Ibunya menderita sembelit saat berada di toilet dan setelahnya secara tiba-tiba mengalami amnesia selama 8 jam.

Namun, setelah dikirim ke rumah sakit untuk pemeriksaan, kondisi otak dipastikan normal, dan penyebab amnesia sementara tidak diketahui. Menurut sumber cerita, ibunya mengalami sembelit satu atau dua hari sebelum amnesia.

Ia mengatakan bahwa amnesia ibunya hampir 8 jam, dan selama 8 jam ingatannya meloncat ke 10 tahun yang lalu, itu artinya memori 10 tahun telah hilang.

Jika melihat dari sumber utama (netizen anonim), cerita itu diragukan kebenarannya karena bukan berasal dari sumber yang dapat diandalkan hingga cukup sulit untuk mengkonfirmasi kebenarannya.

Namun, berdasarkan penjelasan medis, kondisi sembelit menjadi penyebab amnesia bisa terjadi dan dapat dijelaskan secara ilmiah. Dalam istilah medis hal itu biasa disebut sebagai transient global amnesia atau kondisi hilangnya ingatan secara mendadak.

Hal serupa juga terjadi pada seorang pria bermarga Lin berusia 58 tahun di Taiwan pada tahun 2016, ia terbangun dengan amnesia global sementara setelah mengalami konstipasi pada malam sebelumnya. Menurut ahli saraf yang menanganinya, Huang Chih-hsun, pria itu berada dalam kondisi emosional yang kuat setelah menonton acara debat politik panas.

“Pembentukan memori terutama dikendalikan oleh hipokampus di otak. Karena dia menderita gangguan fungsi katup vena jugularis internal, yang menyebabkan iskemia (kekurangan suplai darah) pada hipokampus, untuk sementara dia akan kehilangan ingatannya,” kata Huang.

“Orang dengan kondisi seperti itu (terganggunya katup vena jugularis internal) harus menghindari terlalu marah atau terlalu bersemangat, melakukan olahraga berat atau terlalu banyak mengejan ketika menderita sembelit,” tambahnya.

Blog ilmiah IFLScience menjelaskan bahwa mengejan yang berlebihan terkadang dapat menyebabkan kondisi yang disebut ‘sinkop vasovagal’ (penyebab terjadinya pingsan). Sinkop vasovagal terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap pemicu pingsan, seperti gangguan emosional berlebihan. Meskipun tidak umum, menderita amnesia sementara setelah pingsan bisa saja terjadi, terutama di kalangan orang tua.

Sembelit selama ini mungkin dianggap masalah kecil yang umum dialami siapa saja, tetapi jangan anggap remeh masalah ini. Walaupun jarang terjadi, tetapi sembelit diketahui benar dapat menjadi penyebab amnesia sementara. Dr Sarah Jarvis berbicara kepada The Sun bahwa hal itu bisa terjadi.

“Secara teori, adalah mungkin untuk menjelaskan seseorang kehilangan ingatan mereka sebagai akibat dari ketegangan yang berlebihan di toilet. Jika Anda secara fisik mengejan sangat keras, Anda dapat memotong suplai darah ke otak,” katanya.

“Anda mungkin melihat hal yang sama jika Anda mengangkat beban yang sangat berat. Dalam kasus yang sangat langka ini bahkan dapat menyebabkan pendarahan di dalam otak, bisa menyebabkan stroke.”

Amnesia global transien adalah sindrom klinis yang ditandai dengan serangan mendadak dari pengurangan anterograde amnesia yang luar biasa besar dan pengurangan memori jangka panjang dari retrograde yang agak lebih ringan.

Retrograde amnesia dalam gangguan neurologi adalah topik penelitian yang membingungkan dan juga menarik. Tingkat keparahan retrograde amnesia tidak berkorelasi dengan baik dengan amnesia anterograde, dan kemungkinan ada gangguan yang tidak proporsional dari keduanya.

Kesimpulan

Cerita tentang seorang wanita di Hong Kong mengalami amnesia sementara disebabkan oleh sembelit masih diragukan kebenarannya karena cerita berasal dari sumber tunggal yang semuanya anonim, seperti nama sumber, korban, rumah sakit, dokter yang menangani dan waktu kejadian.

Namun, amnesia sementara karena menderita sembelit saat BAB bukan hal yang mustahil dan dapat dijelaskan secara medis. Saat mengejan terlalu kuat, suplai darah ke otak akan terhambat hingga terganggunya memori pada hipokampus otak.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kategori: International

Artikel Terbaru

Seorang Wanita Menjadi Amnesia Karena Susah BAB?