Mengapa Kesalahpahaman Paradigma Sulit Diubah?


Pixabay

Kesalahpahaman disebut juga sebagai kesalahan pengetahuan yang terbentuk sebelumnya atau kesalahpahaman konseptual. Ini adalah sebuah kasus di mana sesuatu yang diketahui dan diyakini seseorang tidak cocok dengan apa yang dikatakan oleh kebenaran secara ilmiah.

Sejatinya setiap orang memiliki kesalahpahaman yang tidak diketahui. Ketika mereka diberitahu bahwa mereka salah, mereka sering mengalami kesulitan melepaskan kesalahpahamannya, terutama jika mereka memiliki kesalahpahaman untuk waktu yang lama. Bayangkan jika seseorang tiba-tiba memberi tahu Anda bahwa ibumu sebenarnya bukan ibu kandungmu.

Apa yang dikhawatirkan dari kesalahpahaman adalah bahwa mereka akan terus membangun pengetahuan berdasarkan pemahaman mereka saat ini dan menolak fakta baru. Memiliki kesalahpahaman akan berdampak cukup serius pada kehidupan sosial, kesesatan paradigma.

Kesalahpahaman banyak terjadi pada sains, terutama saat kita masih di bangku sekolah. Menurut Thomas Kuhn, penulis The Structure of Scientific Revolution, pandangan konvensional tentang sains tidak sepenuhnya akurat. Sains tidak pernah stagnan, ia akan terus melangkah maju seiring perkembangan zaman, tidak jarang akan berubah ketika anomali muncul.

Biasanya kesalahpahaman terjadi karena kesalahan yang dibiarkan terlalu lama hingga mengendap di dalam otak. Ketika kesalahpahaman bermukim di dalam otak dalam waktu yang cukup lama maka akan sulit untuk mengusirnya pergi.

Berikut contoh kesalahpahaman umum yang sudah menjadi kepercayaan:

Petir tidak akan menyambar dua kali di tempat yang sama
Istilah “petir tidak akan menyambar dua kali di tempat yang sama” adalah idiom yang umum digunakan untuk perilaku yang buruk cukup dilakukan hanya sekali saja, tidak boleh diulangi lagi. Idiom itu sebenarnya cukup positif, namun tidak ada hubungannya dengan sifat petir yang sebenarnya.

Charles Darwin mengatakan nenek moyang manusia adalah monyet
Teori evolusi Darwin sangat terkenal mengatakan bahwa manusia adalah hasil evolusi dari simpanse. Nyatanya Darwin tidak pernah mengatakan seperti itu. Darwin mengatakan dalam buku The Descent of Man (1871) bahwa “manusia dan simpanse berasal dari nenek moyang yang sama”. Pernyataan Darwin disalahtafsirkan menjadi “nenek moyang manusia adalah simpanse”.

Indonesia dijajah Belanda selama 3,5 abad
Banyak pernyataan dan catatan dalam buku sejarah yang mengatakan bahwa Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun lamanya. Jika menilik dari sejarah pertama kali Belanda menginjakkan kaki di Indonesia pada tahun 1596, pernyataan itu bisa dianggap benar. Namun, awal kedatangan Belanda untuk berdagang, bahkan terikat kesepakatan dengan Kerajaan Banten dan diwajibkan mempersembahkan upeti kepada Sultan Banten. Bahkan kamar dagang VOC baru muncul pada tahun 1602, tidak serta merta niatan penguasaan ekonomi dan politik Belanda di wilayah Nusantara berjalan mulus.

Lagu “No Woman, No Cry” dipersembahkan untuk pria jomblo atau patah hati
Umumnya lagu ini ditafsirkan untuk pria agar menghindari hubungan cinta dengan wanita agar tidak merasakan patah hati yang akhirnya membuat pria menangis. Judul lagu “No Woman, No Cry” menjadi sumber kesalahpahaman yang banyak diartikan menjadi “tidak ada wanita, tidak perlu menangis”. Dalam dialek slank Jamaika bahasa Inggris yang Bob sampaikan, yang dikenal sebagai Jamaican Patois, no woman, no cry artinya “jangan gadis, janganlah menangis. Nyatanya lagu tersebut merupakan lagu cinta yang mengisahkan hubungan Bob Marley dengan istrinya, Rita Anderson.

Selaput dara tanda keperawanan
Pada umumnya budaya di Indonesia meyakini bahwa tanda seorang wanita masih perawan terlihat dari selaput daranya. Namun mitos itu tidak benar, nyatanya tidak semua wanita terlahir memiliki selaput dara pada vagina. Selaput dara yang robek sering diidentikkan dengan wanita yang sudah tidak perawan, padahal robeknya selaput dara disebabkan banyak faktor, seperti aktivitas olahraga, cedera, pemeriksaan vagina, masturbasi dan lainnya. Tidak semua wanita merasa nyeri atau mengeluarkan darah pada vagina saat pertama kali berhubungan badan.

MSG buruk bagi kesehatan
Rasa gurih dari MSG memberikan reputasi buruk selama beberapa dekade, namun para peneliti mengungkapkan bahwa mitos tentang MSG tidak benar dan aman dikonsumsi dalam batas wajar. Salah satu mitos yang paling terkenal mengklaim bahwa MSG dapat membuat seseorang menjadi bodoh. Mitos tentang bahaya MSG yang berkembang di masyarakat dan bahkan tidak sedikit masyarakat yang anti-MSG disebabkan oleh mitos tersebut yang kadung dipercaya secara turun temurun, faktanya mitos itu tidak terbukti secara ilmiah dan banyak penelitian mengungkap bahwa MSG aman dikonsumsi.

Peradaban Atlantis
Cerita tentang Atlantis menjadi sebuah kepercayaan umum yang dianggap nyata, Bahkan banyak orang yang mengklaim telah menemukan kota Atlantis yang legendaris, namun semuanya tidak ada satupun yang disetujui oleh ilmuwan. Faktanya Legenda kota Atlantis merupakan dongeng moral karya seorang filsuf Yunani kuno Plato. Pesan dari cerita Atlantis cukup jelas, keserakahan dan degradasi moral (kerajaan yang canggih tapi secara moral bangkrut) akan binasa. Sedangkan Yunani yang merupakan musuh mereka, dihuni banyak orang bijak yang memiliki prinsip moral tinggi hingga mereka tidak binasa. Plato yang merupakan seorang filsuf asal Yunani berupaya menyampaikan filosofinya dengan menggunakan cerita Atlantis.

Keangkeran Segitiga Bermuda
Cerita misterius tentang keangkeran wilayah Segitiga Bermuda (segitiga lingkaran setan) telah lama berhembus hingga menjadi legenda urban. Segitiga Bermuda dikaitkan dengan kehidupan makhluk asing seperti alien, UFO, dan yang paling spektakuler Dajjal bertanggungjawab atas semua kejadian misterius hilangnya kapal dan pesawat yang melintasi Segitiga Bermuda. Wilayah Segitiga Bermuda tidak angker dan berbahaya seperti yang selama ini dihembuskan oleh informasi anonim yang tidak lain hanyalah dongeng irasional. Faktanya secara resmi setiap kejadian misterius hilangnya kapal dan pesawat selama ini tidak pernah terjadi di Segitiga Bermuda, nama Segitiga Bermuda tidak pernah tercatat dan diakui sebagai nama geografis untuk tempat atau wilayah oleh Dewan Amerika Serikat.

Panca indera manusia
Selama ini kita diberitahu bahwa manusia memiliki lima alat indera (panca indera) – Penglihatan (mata), penciuman (hidung), pengecap (lidah), pendengaran (telinga), dan peraba (kulit). Konsep panca indera berasal dari seorang filsuf Yunani Aristoteles, murid dari Plato dan guru Alexander Agung. Para ilmuwan menolak konsep panca indera yang diajukan Aristoteles, ada lebih banyak alat indera yang dimiliki manusia. Konsep lima alat indera dari Aristoteles yang dipercaya hingga sekarang faktanya bukan bagian dari ilmu pengetahuan, melainkan berasal dari asumsi filsafat.

Peta lidah konsep 4 rasa
Saat masih berada di bangku sekolah mungkin Anda pernah diajarkan tentang lidah yang memiliki 4 wilayah berbeda dalam merasakan rasa pahit, asin, asam dan manis. Pelajaran tentang peta rasa lidah yang Anda dapatkan pada kenyataannya sebuah kekeliruan yang terjadi sejak lama. Hal ini merupakan kesalahan penerjemahan tesis Jerman pada 1901 yang telah dibantah pada tahun 1974. Selain itu, konsep rasa umum bukan ada 4, melainkan 5 rasa. Selain rasa pahit, asin, asam dan manis, manusia modern memiliki reseptor rasa gurih atau umami (MSG).

Penemu hak paten teknologi
Banyaknya kontroversi hasil penemuan dan hak paten hingga sejarah kelam yang mencoreng buku sejarah yang pernah kita pelajari saat di bangku sekolah. Seperti Thomas Alva Edison yang dikenal sebagai penemu bola lampu pada 1880. Faktanya ia bukan yang pertama kali menemukan bola lampu. Kisah penciptaan bola lampu sudah ada puluhan tahun sebelum Edison dan seluruh stafnya menciptakan bola lampu, dimulai oleh Humphrey Davy pada tahun 1806. Sepanjang abad ke-18 banyak ilmuwan yang mencoba menyempurnakan lampu listrik, seperti Frederick DeMoleyns dan Joseph Swan.

Guglielmo Marconi telah lama dianggap sebagai penemu radio pertama, namun pada tahun 1943 Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan bahwa Nikola Tesla adalah pemegang hak paten radio yang sebenarnya. Keputusan itu dianggap menganulir nama Marconi sebagai penemu radio. Faktanya keputusan 1943 tidak membatalkan paten asli Marconi, atau menghilangkan reputasinya sebagai orang pertama yang mengembangkan komunikasi radiotelegraphic praktis. Putusan itu hanya mengatur tentang kompensasi dari pemerintah AS atas penggunaan paten, terutama selama Perang Dunia Pertama.

Alexander Graham Bell juga selama ini dikenal sebagai penemu telepon, namun sejarah harus ditulis ulang karena penemu telepon yang sebenarnya adalah seorang imigran asal Italia bernama Antonio Meucci. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, Meucci hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya. Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell tiba-tiba muncul menyandang nama sebagai penemu telepon. Lebih dari seabad akhirnya terungkap bahwa Bell telah mencuri paten milik Meucci. Pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon yang sah.

Daging kambing memicu darah tinggi
Daging kambing selalu dituduh sebagai faktor antagonis di mana dapat membuat tekanan darah Anda menjadi tinggi. Mitos ini terus berkembang dan dipercaya walaupun tanpa bukti ilmiah sebagai pendukungnya. Beberapa uji ilmiah telah dilakukan dan hasilnya mengungkapkan bahwa “daging kambing tidak menyebabkan peningkatan tekanan darah”. Pemicu darah tinggi sebenarnya pada bumbu yang digunakan dalam masakan dan proses pengolahannya.

Di luar angkasa nol gravitasi
Persepsi yang selama ini dipercaya masyarakat adalah luar angkasa tidak memiliki gravitasi, itulah mengapa astronot mengapung. Persepsi itu salah besar, sejatinya gravitasi bukan hanya dimiliki oleh Bumi, Black Hole atau lubang hitam yang ada di Galaksi Bima Sakti memiliki kekuatan gravitasi yang sangat besar yang dapat menyedot material di sekitarnya. Astronot sebenarnya tidak mengapung, mereka ditarik gravitasi sama seperti kita di Bumi. Mereka terlihat mengapung karena sedang mengorbit Bumi, atau bergerak menyamping. Hal ini disebut sebagai sentrifugal. Gerakan mereka yang menyamping mengakibatkan mereka menjauh dari Bumi pada saat Bumi menarik ke bawah, jadi mereka seperti mengambang.

Semua kesalahpahaman di atas walaupun sudah diluruskan tetapi masih saja banyak dipercaya masyarakat sebagai kebenaran. Kesalahpahaman tersebut tertanam saat kita masih anak-anak. Saat anak-anak, memori otak memiliki banyak ruang kosong untuk diisi informasi tanpa mampu untuk menyaringnya.

Sekoci
Kesalahpahaman rentan terjadi saat anak-anak hingga tidak bisa membedakan antara pesawat terbang dan kapal.

Ketika kita dewasa semua informasi itu masih melekat erat di dalam pikiran, seolah mereka adalah pemilik sah otak hingga tidak boleh tergantikan dengan informasi baru. Konstruktivisme menegaskan bahwa pengetahuan sebelumnya adalah sumber utama untuk memperoleh pengetahuan baru.

Alasan seseorang begitu sulit menerima informasi baru karena perubahan adalah hal yang sangat menantang dan tidak semua orang mampu melakukannya. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk meluruskan kesalahpahaman yang ada pada diri sendiri, terutama bagi seseorang yang menyadari bahwa manusia boleh salah tetapi tidak boleh berbohong (membohongi diri sendiri).

Kita hanya membodohi diri sendiri ketika kita secara keliru percaya pada kesalahan dan bersikeras menolak fakta baru hanya untuk pertahanan persepsi, apalagi jika fakta baru itu bisa membuat hati tersakiti. Adakalanya kita harus keluar dari zona nyaman agar dapat melihat dunia baru. Aspek yang tersulit yang harus dihadapi adalah rasa takut hingga sulit melangkah maju dan selalu melihat ke belakang.

Butuh keberanian untuk melihat dunia baru

Kesejahteraan mental bergantung pada kemampuan kita untuk mengelola pikiran, mengatur emosi, dan berperilaku secara produktif dan bertanggung jawab terlepas dari keadaan kita. Biasanya kita mempertahankan kesalahan ketika kita ingin menghindari atau melarikan diri dari perasaan menyakitkan, atau menghindari tanggung jawab atas kesalahan berpikir.

Dalam psikologi percaya bahwa kesalahan berpikir akan menghancurkan mental Anda. Ketika kita melakukan rutinitas harian, monolog internal kita akan menceritakan pengalaman kita. Terkadang pikiran didorong untuk tidak realistis dan menolak pengalaman orang lain yang bertentangan.

Kebanyakan kasus, seseorang akan melihat setiap hal sebagai hitam dan putih. Cobalah mengenali nuansa abu-abu daripada selalu menempatkan segala sesuatu dalam hal baik dan buruk semua. Kesalahpahaman akan mudah diubah jika Anda masuk ke ruang abu-abu, lalu selanjutnya Anda dapat memilih hitam atau putih.

Ada korelasi yang sangat kuat antara apa yang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan. Ketika kita merasa tertantang atau tidak bahagia dengan fakta baru, pikiran kita cenderung sangat dramatis dan absolut. Dalam psikologi fenomena ini disebut distorsi kognitif, sebuah istilah yang berarti bahwa pemikiran Anda tentang sesuatu tidak selalu cocok dengan kenyataan yang sebenarnya.

Bertahan dengan kesalahpahaman dikarenakan seringnya menganggap perasaan lebih rasional daripada kenyataan, kekhawatiran selalu muncul jika harus menerima kenyataan. Itu artinya sama seperti ketika perasaan mengatakan bahwa “saya seperti pecundang, maka saya harus menjadi pecundang agar tetap aman”. cara paling sederhana mengubah kesalahan berpikir Anda dengan menerapkan aturan bahwa pikiran Anda tidak 100% benar.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Informasi

Artikel Terbaru

Mengapa Kesalahpahaman Paradigma Sulit Diubah?