Mantan Penulis Berita Palsu Beberkan Kisahnya Kepada BBC


Jika seseorang cukup bodoh mempercayai cerita-cerita ini, mungkin mereka pantas mendapatkannya. Itu adalah salah satu sesi wawancara cukup menarik dari mantan penulis berita palsu dari Makedonia kepada wartawan BBC.

Tamara (bukan nama sebenarnya, nama yang diberikan oleh wartawan BBC) bekerja pada industri situs web yang menerbitkan artikel politik yang menyesatkan dengan target pembaca AS. Tamara bekerja di Makedonia Utara untuk seorang pria yang diindentifikasi oleh BBC bernama Marco.

Marco setiap pagi akan mengirim kepada Tamara spreadsheet berisi delapan cerita yang nantinya dirilis ke delapan tautan berbeda. Cerita yang dibuat tentunya hanya omong kosong, tujuannya untuk mendukung partisan dan tugas Tamara adalah menulis ulang sehingga bisnis Marco tidak akan dihukum karena copy-paste.

Ini adalah metode yang dikenal sebagai “artikel berputar”. Tamara juga akan membuat cerita clickbait, meningkatkan keberhasilan menjadi viral di media sosial, dan akhirnya meningkatkan pendapatan iklan untuk mereka yang mengoperasikan situs web.

Tamara bekerja seperti layaknya pekerja kantoran. Setiap pagi ia harus membuka laptopnya untuk mengecek email masuk yang terhubung ke spreadsheet. Tamara menulis ulang artikel omong kosong ke beberapa situs web, termasuk dua situs web yang menyamar sebagai web media online mainstream.

Tamara mulai bekerja pada 2017, saat itu ia pengangguran dan diajak temannya untuk menghasilkan uang lebih banyak dengan cara mudah. Tamara bekerja bukan hanya menulis berita palsu, ia juga diajarkan memanipulasi gambar menggunakan Photoshop.

Artikel-artikel Tamara biasanya menargetkan pada kelompok politik konservatif. Tidak jarang ia juga menulis cerita yang ditujukan untuk menebarkan kebencian terhadap Muslim dan imigran. Tamara sendiri merasa ngeri melihat cerita-cerita yang ia tulis ulang.

Saya percaya mereka masih memiliki artikel yang lebih buruk … Seperti yang Anda lihat saya baru saja mengetik ‘serangan Muslim’ dan ada begitu banyak artikel tentang Muslim menyerang orang. Saya sadar bahwa itu tidak benar, mereka hanya mengada-ada.

Banyak dari kisah yang ditulis Tamara berasal dari situs web hiper-partisan, dan merujuk pada insiden dan peristiwa yang benar-benar terjadi, tetapi ditulis dengan cara yang miring dan lebih ekstrem menguntungkan salah satu partisan politik, tentunya semakin memperkeruh ekosistem informasi.

Hal itu benar terjadi, orang-orang berada di sana, tempat itu juga ada di sana. Jadi itu bukan cerita palsu. Itu adalah propaganda dan pencucian otak dengan cara menceritakan kisah itu.

Apa yang ditulis Tamara adalah teknik framing – membingkai sebuah peristiwa dengan cara pandang yang digunakan penulis ketika menyeleksi isu dan menulis berita. Metode framing disajikan sesuai realitas di mana kebenarannya tidak bisa dipungkiri, tetapi dibelokkan secara halus, dengan memberikan penonjolan pada aspek tertentu dan menyembunyikan beberapa fakta yang bisa merugikan.

Hoax

Menurut wawancara BBC, Tamara tidak pernah lagi menulis berita palsu setelah situs tempat dia bekerja diblokir oleh Facebook pada tahun 2017, kehilangan 2 juta pengikut mereka. Tamara mengatakan dia diminta bekerja kembali untuk situs lain milik Marco, tetapi dia menolak.

Menurut saya, jika seseorang cukup bodoh untuk memercayai cerita-cerita ini, mungkin mereka pantas mendapatkannya. Jika mereka berpikir ini adalah kebenaran, maka mereka layak mendapatkannya sebagai hukuman.

Tamara berperan penting menciptakan berita kontroversial dan memecah belah, tetapi yang jelas adalah bahwa informasi yang salah, berita palsu, hoax, framing, apa pun Anda ingin menyebutnya, tidak bisa menyebar cepat dan luas tanpa dukungan finansial besar yang disokong oleh politisi yang berkepentingan.

Sebenarnya kisah Tamara bukan satu-satunya, ada ribuan orang yang bekerja seperti Tamara di banyak negara, terutama menjelang pemilihan. Berita palsu dan framing dikapitalisasi oleh politisi untuk mengatur setiap berita yang mereka inginkan.

Salah seorang mantan troll Rusia juga membeberkan cara menyebarkan berita palsu di media sosial kepada Time. Vitaly Bespalov bekerja di rumah produksi troll Rusia yang sekarang menjadi sangat terkenal, sekarang dikenal sebagai Internet Research Agency. Pekerjaan setiap harinya sangat sederhana, membuat akun palsu untuk digunakan berkomentar secara online sesuai arahan bos.

Upaya pabrik troll berefek secara luas, terutama sangat berpengaruh dan mengganggu pemilihan presiden AS 2016. Dalam sebuah video, Bespalov membeberkan bagaimana pabrik troll bekerja. Bosnya memberlakukan beberapa aturan ketat, seperti jangan pernah datang terlambat dan jangan pulang lebih awal, dan jangan pernah mengkritik presiden Vladimir Putin secara online.

“Kami bahkan tidak diizinkan untuk berbicara sesuatu yang lucu tentang Putin,” kata Bespalov. “Kita harus berbicara secara positif tentang dia atau tidak sama sekali.”

Bisnis berita palsu dan propaganda juga banyak dilakukan di Indonesia, mereka menawarkan kebenaran layaknya pedagang obat jalanan. Masyarakat akhirnya menjadi korban keganasan doktrin mereka yang tak hentinya mendegradasi akal sehat.

Maka tidak heran jika saat ini masyarakat saling berperang di jejaring sosial karena terhasut oleh opini publik dan propaganda politik. Para politisi kerap beretorika tentang persatuan dan kedamaian, di sisi lain mereka mendorong masyarakat untuk saling membunuh karakter di jejaring sosial, tentunya demi ambisi harta dan takhta.

Jadi mulai sekarang kita semua harus mengambil tanggung jawab pada berita yang kita pilih dan bagikan. Berita politik berpotensi ditunggangi kepentingan, bahkan tidak sedikit berasal dari pesanan.

Awalnya seseorang akan tertarik kepada politik berdasarkan ideologi, lalu akan menjadi fanatik setelah menyantap banyak berita politik, selanjutnya akan menjadi cinta dan benci buta karena kecanduan melahap isu politik yang memabukan.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Berita palsu

Artikel Terbaru

Mantan Penulis Berita Palsu Beberkan Kisahnya Kepada BBC