Benarkah Karakter Batman Berasal Dari Dewa Suku Maya?


Klaim: Tokoh Batman asli adalah dewa yang disembah suku Maya.

Batman si manusia kelelawar populer sebagai salah satu superhero ciptaan Bob Kane dan Bill Finger yang diterbitkan dalam DC Comics.

Batman sang pahlawan itu sendiri diceritakan identitas aslinya adalah Bruce Wayne. Dengan kostum serba hitam dan bertopeng kelelawar, Batman siap menumpas kejahatan.

Ternyata jauh sebelum tokoh Batman diciptakan dan ceritanya sangat populer, telah ada ‘Batman’ sesungguhnya yang identitas aslinya adalah dewa.

Mungkin ungkapan ‘apa yang terjadi sekarang terinspirasi dari masa lalu’ benar adanya.

Selengkapnya …


DISINFORMASI


Analisis

Sebuah gambar viral diklaim sebagai patung kuno berasal dari peradaban suku Maya di mana karakter superhero kontemporer Batman berasal.

Gambar ini menjadi populer karena dikaitkan dengan artikel tentang dewa Camazotz atau dewa kelelawar suku Maya. Banyak blog dan outlet berita online mengisahkan tentang dewa kelelawar suku Maya dengan menggunakan gambar tersebut.

Dalam mitologi Maya, Camazotz adalah dewa kelelawar atau dewa kehidupan dan kematian. Camazotz berbentuk monster seperti kelelawar yang ditemukan oleh pahlawan kembar suku Maya, Hunahpu dan Xbalanque, di bawah dunia Xibalba.

Sekoci
Camaztoz

Versi Camazotz juga muncul dalam serial komik Hellboy in Mexico, sebagai monster kelelawar asli Meksiko. Karakter tersebut kemudian muncul dalam film Hellboy 2019, yang diperankan oleh Mario de la Rosa.

Camazotz adalah dewa yang sangat dihormati suku Maya, di Meksiko dan Amerika Tengah, di mana beberapa gua digunakan untuk ritual penyembuhan dan disinkarnasi.

Informasi tentang dewa kelelawar suku Maya memang benar, tetapi gambar yang digunakan tidak berasal dari mitologi Maya, Itu adalah patung fiberglass karya seniman kontemporer Kimbal yang dibuat pada tahun 2014.

Warner Bros Entertainment dengan dukungan Museum Desain Meksiko mengundang 30 seniman untuk berpartisipasi dalam pameran “KREATIVITAS BATMAN MEKSIKO” untuk pengembangan patung-patung fiberglass dari karakter tersebut pada kesempatan ulang tahun ke-75.

Warner Bros Entertainment con el apoyo del Museo Mexicano del Diseño convocaron a 30 artistas a participar en la exhibición “BATMAN A TRAVÉS DE LA CREATIVIDAD MEXICANA” para el desarrollo e intervención de esculturas de fibra de vidrio del personaje con motivo de su 75 aniversario.
El dios murciélago de la cultura maya CAMAZOTZ es asociado con la noche y el inframundo fue el punto de partida para la pieza realizada, los colores y las formas de la decoración están inspiradas en los braceros de cerámica encontrados en el templo de la cruz foliada en las ruinas arqueológicas de Palenque, generando una pieza que rinde tributo a nuestro pasado prehispánico.
Kesimpulan

Informasi tentang Camaztoz atau dewa kelelawar suku maya adalah benar, tetapi gambar yang digunakan bukan berasal dari mitologi Maya melainkan karya seni yang dibuat pada tahun 2104. Camaztoz sama sekali tidak ada korelasinya dengan silsilah karakter Batman karya Warner Bros.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Disinformasi

Artikel Terbaru

Benarkah Karakter Batman Berasal Dari Dewa Suku Maya?