Waspada Menggunakan VPN Gratis Menyimpan Bahaya Tersembunyi


Pixabay

Dalam beberapa hari ini masyarakat Indonesia kesulitan mengakses media sosial karena layanan ditutup hingga tiga hari. Penutupan layanan ini menyebabkan masyarakat mencari solusi membuka blokiran dengan menggunakan aplikasi Virtual Private Network (VPN).

Semua orang pastinya menyukai barang gratis, jadi tidak heran jika VPN free banyak diburu, bahkan tidak sedikit yang mengiklankan diri sebagai VPN gratis. Alih-alih menyelamatkan isi dompet Anda, VPN gratis juga menyimpan biaya tersembunyi.

Tidak ada makan siang yang gratis, begitu juga dengan VPN, Anda harus membuat pilihan yang lebih cerdas dengan mencari informasi lebih detail bagaimana sebuah aplikasi VPN gratis benar-benar tanpa biaya.

Memilih aplikasi VPN yang tepat tentunya dapat meminimalisir segala risiko yang dapat terjadi. Tidak sedikit VPN gratis tidak mampu bekerja membuka blokir situs secara geografis, tetapi juga berbahaya pada keamanan perangkat Anda.

Berikut beberapa kelemahan VPN gratis:

1. Keamanan yang rentan

Salah satu fungsi utama VPN adalah melindungi Anda dari peretas. Jika Anda mengunduh VPN gratis secara sembarangan bisa saja sebaliknya malah membahayakan keamanan perangkat, mengandung virus malware.

VPN gratis lebih rentan terinveksi virus dibanding VPN berbayar. Sebagian besar malware masuk melalui iklan, cukup masuk akal mengingat penyedia VPN gratis tidak memiliki sumber pendapatan yang jelas.

Bahkan salah satu penyedia VPN gratis yang terkenal, VPN Hola, juga terindikasi bermasalah dengan keamanan. Selain penipuan botnet, fakta lain bahwa mereka mengarahkan lalu lintas melalui komputer penggunanya (bukan server mereka sendiri), itu artinya orang lain dapat menggunakan alamat IP Anda untuk terlibat dalam aktivitas ilegal.

Sebuah studi tentang kasus VPN gratis mengungkapkan bahwa beberapa penyedia seperti Betternet, SuperVPN, dan CrossVPN semuanya mengandung malware. Faktanya, 38% VPN gratis dalam penelitian ini menunjukkan tanda-tanda terinfeksi.

2. Mereka dapat melacak aktivitas online Anda

Ini adalah pelanggaran terburuk yang bisa saja dilakukan oleh VPN gratis, gangguan yang paling umum terjadi. Ketika Anda menggunakan VPN alasan utamanya adalah untuk melindungi privasi Anda saat menjelajah internet. Sangat ironis hasil penelitian itu juga mengungkapkan bahwa mereka menemukan 72% dari VPN gratis tertanam pelacak pihak ketiga.

Pelacak ini digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas online Anda, biasanya agar pengiklan lebih bisa mengoptimalkan iklan bertarget kepada Anda. Alih-alih memberi Anda privasi, VPN nakal justru melakukan sebaliknya, dengan mengumpulkan informasi Anda dan menjualnya kepada penawar tertinggi.

Sementara beberapa VPN menyembunyikan fakta bahwa mereka menjual data Anda, yang lain mengakuinya dalam kebijakan privasi mereka. berikut contoh dari kebijakan privasi Psiphon yang dapat mengumpulkan data Anda untuk diberikan kepada pengiklan.

Psiphon Client Software
Advertising Networks
We sometimes use advertisements to support our service, which may use technology such as cookies and web beacons. Our advertising partners’ use of cookies enable them and their partners to serve ads based on your usage data. Any information collected through this process is handled under the terms of our advertising partners’ privacy policies:

Dan ini dari Hoxx’s

By using the Services, You acknowledge, consent and agree that we may collect, process, and use the information that you provide to us and that such information shall only be used by us or third parties ..,

3. Jumlah data terbatas

Beberapa VPN gratis teratas memberlakukan pembatasan kuota yang dapat Anda gunakan. Itu artinya Anda hanya dapat menggunakannya secara terbatas. Mereka melakukan ini sebenarnya agar Anda mencobanya, jika setelah Anda mencobanya maka Anda harus mengeluarkan biaya untuk akses kuota yang lebih besar.

Tetapi tidak sedikit VPN gratis memberikan kuota besar atau bahkan sama sekali tidak menggunakan kuota. Pembatasan kuota sebenarnya cukup masuk akal mengingat mereka pastinya membutuhkan pemasukan dana. Mereka juga membatasi bandwidth dan memberi Anda lebih sedikit lokasi server, protokol, dan koneksi simultan dibanding yang diberikan kepada pelanggan mereka yang membayar.

4. Internet Anda akan diperlambat

Koneksi internet yang lambat adalah masalah yang akan Anda hadapi dengan banyaknya VPN berkualitas buruk, hal itu pastinya sangat menjengkelkan. Ini juga adalah bagian dari strategi marketing mereka untuk mengalihkan penggunanya membeli paket berbayar jika ingin mendapatkan koneksi internet lebih cepat.

Cara lain VPN gratis memperlambat kecepatan internet Anda adalah dengan menampilkan iklan dan dengan membatasi bandwidth Anda. Mereka lebih memprioritaskan pengguna berbayar, pengguna gratis akan sering melambat hingga seperti siput berjalan.

5. Invasi iklan

Alasan mengapa beberapa VPN gratis akan membombardir iklan sangat jelas karena pengguna mereka tidak membayar langganan bulanan, perusahaan memerlukan cara lain untuk menghasilkan uang.

Betternet adalah salah satu penyedia yang menggunakan model ini. Meskipun mereka menyatakan di situs web mereka bahwa mereka tidak menampilkan iklan yang mengganggu, pada kenyataannya iklan muncul setiap kali Anda terhubung.

6. Menjual bandwidth Anda

Selain menampilkan iklan, VPN Hola menemukan cara lain untuk menghasilkan uang dari pengguna gratis dengan membiarkan pelanggan membayar mereka dengan menggunakan pemrosesan perangkat Anda, pada dasarnya menjual bandwidth Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Mereka sebenarnya menyatakan ini di situs web mereka, meskipun mereka memutarnya dengan cara yang jauh lebih positif.

Hola generates revenue by selling a commercial version of the Hola VPN service to businesses (through our Luminati brand). This is what allows us to keep Hola free for our PC and Mac users. Users who want to enjoy the Hola network without contributing their idle resources can do so by joining the Hola premium service for $5 per month (or $45 per year).

Tetapi ada yang tidak mereka sebutkan adalah bahwa Luminati diketahui telah digunakan setidaknya dalam satu serangan botnet. Serangan botnet adalah ketika sejumlah besar komputer individu terinfeksi malware yang memungkinkan mereka untuk dimanfaatkan bersama untuk melakukan serangan. Dengan kata lain, semua komputer di jaringan Hola (yaitu semua yang milik pengguna gratis mereka) diambil alih oleh penjahat cyber.

Apa yang harus Anda lakukan?

Jika Anda mengharapkan barang gratis dengan kualitas dan layanan maksimal pastinya Anda harus bangun dari mimpi. Beberapa layanan VPN berbayar memang memasang tarif premium mereka cukup tinggi. Tetapi tidak sedikit penyedia VPN memberikan pilihat paket premium dengan harga terjangkau.

Untuk membandingkan tarif harga dari VPN dengan peringkat teratas, Anda dapat melihatnya pada daftar. Persaingan harga cukup kompetitif dari mulai $1,89/bulan hingga $6,67/bulan.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Informasi

Artikel Terbaru

Waspada Menggunakan VPN Gratis Menyimpan Bahaya Tersembunyi