Mengapa Instagram, Facebook, WhatsApp Down di Indonesia?


Sejak kemarin netizen Indonesia kesulitan mengakses Instagram, Facebook dan WhatsApp, ketiga aplikasi ini dimiliki oleh Mark Zuckerberg. Gangguan ini menyebabkan banyak netizen panik, terutama mereka yang mengais rezeki dari dunia online dan gamers dengan akses login Facebook. Apa yang sebenarnya terjadi?

Indonesia tidak sendirian mengalami gangguan akses Facebook, Malaysia, Jepang dan AS terdeteksi mengalami hal yang sama walaupun gangguan tidak luas. Sebagian besar keluhan netizen dapat ditemui di Twitter karena aplikasi ini cukup aman.

Berdasarkan laporan dari downdetector.com, gangguan Facebook paling signifikan terjadi di Indonesia sejak kemarin (22/5).

Sedangkan untuk aplikasi WhatsApp juga ada gangguan di Indonesia, Singapura juga terkena imbasnya.

Instagram di Indonesia juga mengalami gangguan yang sama.

Untuk Twitter di Indonesia, hari ini sepertinya ikut mengalami gangguan.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Terkait dengan pemadaman media sosial di Indonesia (22/5), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan layanan media sosial (medsos) akan dinonaktifkan untuk sementara. Tindakan itu diambil pemerintah untuk menghindari penyebaran berita bohong atau hoax.

Wiranto juga menjelaskan bahwa gangguan media sosial akan berlangsung selama tiga hari. “Kami sesalkan ini dilakukan, tapi in kami ajak untuk mengamankan negeri yang kita cintai. Kita harus berkorban dua sampai tiga hari tidak bisa kirim gambar, tidak apa-apa. Teks masih bisa,” jelas Wiranto dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5).

Pengguna WhatsApp di Indonesia akan kesulitan mengirim foto, video, dan pesan suara melalui aplikasi ini. Pembatasan layanan tersebut tidak berlaku jika menggunakan Virtual Private Network (VPN). Jika Anda mengandalkan media sosial untuk mengais rezeki bisa menggunakan aplikasi VPN untuk membuka blokir. Untuk android bisa mendownload aplikasi ‘VPN Master’ di Play Store, untuk laptop atau komputer silakan download ‘anonymoX’.

Facebook juga telah mengeluarkan pernyataan resmi kepada TechCrunch terkait masalah ini. Dalam penjelasannya mengatakan bahwa mereka memutus akses atas permintaan pemerintah Indonesia karena kondisi keamanan yang tidak kondusif di Jakarta.

We are aware of the ongoing security situation in Jakarta and have been responsive to the Government of Indonesia. We are committed to maintaining all of our services for people who rely on them to communicate with their loved ones and access vital information

Bagi Facebook, pemutusan layanan atas permintaan pemerintah bukan hal baru. Sebelumnya Srilanka juga memutuskan akses Facebook dan media sosial lainnya setelah serangan bom yang melanda negara tersebut.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Facebook

Artikel Terbaru

Mengapa Instagram, Facebook, WhatsApp Down di Indonesia?