Indonesian Reporting Committee Memicu Amarah Netizen Karena Melaporkan Grup Facebook


Hari ini pengguna Facebook beramai-ramai mengutuk aksi Indonesian Reporting Committe (IReC) karena menjadi dalang dihapusnya grup Facebook Crossovers Nobody Asked For (CNAF). CNAF adalah grup Facebook yang terkenal dengan shitposting dan menciptakan meme dengan pelbagai topik budaya.

Berdasarkan laporan dari knowyourmeme.com, grup Facebook CNAF dihapus pada 13 Mei 2019 oleh Facebook atas laporan dari IReC. Hal itu pastinya menyebabkan kegemparan di komunitas meme Facebook, terlebih beberapa halaman meme internasional terkenal juga ikut kena imbasnya.

Menanggapi zucked (istilah yang mengacu pada penghapusan yang dipertanyakan di Facebook) dari grup Facebook profil tinggi, beberapa halaman yang ditargetkan telah masuk dalam pelaporan IReC dan sementara yang lain mengatur grup mereka dari tertutup menjadi rahasia.

Halaman Facebook IReC sendiri menghilang seperti ditelan bumi. Indonesian Reporting Committe adalah halaman Facebook yang terkenal kerap melaporkan halaman yang dianggap melanggar Pedoman Komunitas Facebook, umumnya mereka terfokus hanya di wilayah Indonesia.

Setelah CNAF ditutup, mereka membuat CNAF Season 2, tetapi hanya berumur tidak lebih dari 24 jam. Beberapa jam setelah penutupan, akhirnya para anggota mencari tahu siapa yang melaporkan, mereka menemukan tersangkanya adalah IReC.

Terjadi kemarahan besar terhadap IReC ketika mereka memposting tangkapan layar atas keberhasilan mereka menaklukan bukan hanya CNAF tetapi juga grup meme terkenal lainnya seperti Nonsense Meme. Sebagai tanggapan, anggota CNAF membalas IReC dengan melaporkan halaman secara massal. Hal ini menjadi perang terbuka antara IReC dan CNAF bersama komunitas meme lainnya.

Netizen beramai-ramai mempertanyakan Indonesian Reporting Committe

Grup Facebook serupa akhirnya memutuskan untuk mengatur privasi grup mereka menjadi rahasia untuk mencegah grup tidak dihajar oleh IReC. Sebagai contoh, admin Marvel Shieldposting memutuskan untuk mengarsipkan grup tersebut hingga drama ini reda, mencegah pendatang baru untuk bergabung dengan grup dan anggotanya dari posting.

Banyak grup Facebook mengubah privasi menjadi rahasia untuk melindungi agar tidak ikut dihapus. Gambar: knowyourmeme.com

Seluruh komunitas meme akhirnya bersatu mengutuk apa yang dilakukan IReC, mereka menggalang solidaritas untuk CNAF. Netizen Indonesia juga menanggapi masalah ini sebagai aib pribadi yang menyeret nama negara, mereka beramai-ramai mengutuk IReC.

Berdasarkan hasil penelusuran siapa admin IReC yang melaporkan, tertuduh mengarah kepada nama Muhammad Salim. Tetapi saya belum dapat memastikannya karena belum mendapat keterangan resmi.

Sepertinya saya akan kesulitan meminta verifikasi kepada Muhammad Salim karena dia telah menutup akun Facebook pribadinya dan menutup semua akun media sosial lainnya agar tetap anonim.

Ketika netizen tidak menemukan halaman IReC, akhirnya beberapa netizen melampiaskan amarahnya kepada halaman Indonesian Report (sudah lama tidak aktif dan tidak terafiliasi dengan IReC) milik admin Sekoci Hoaxes.

Seorang netizen bahkan menawarkan hadiah sebesar $ 300 bagi siapa saja yang dapat menemukan Salim. Akhirnya netizen Indonesia berlomba-lomba mencari Salim, bahkan identitas dan alamat lengkap Salim sudah menyebar.

Dorama ini mungkin dianggap tidak menarik, kecuali bagi mereka komunitas meme. Alasan Saya mengangkat kasus ini karena nama baik Indonesia menjadi tercemar oleh ulah satu orang. Alasan lainnya karena halaman Facebook milik saya Indonesian Report yang kebetulan namanya mirip dengan Indonesian Reporting Committe ikut terseret menjadi pelampiasan amarah netizen.

Dari kasus ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa jangan sembarangan melaporkan akun, grup dan halaman Facebook. Tindakan Facebook menghapus akun atas laporan penggunanya sampai sekarang sistemnya masih misteri. Terkadang Facebook sangat mudah menghapus akun atas laporan penggunanya, sebaliknya tidak sedikit halaman yang dilaporkan berkali-kali oleh banyak pengguna malah masih bebas mengudara.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
6
Angry
confused confused
1
confused
fail fail
1
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
1
lol
omg omg
1
omg
win win
1
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Facebook

Artikel Terbaru

Indonesian Reporting Committee Memicu Amarah Netizen Karena Melaporkan Grup Facebook