Facebook Mengumumkan Perombakan Besar Dengan Fitur Baru Yang Lebih Terfokus Pada Privasi


Sekoci
Pixabay

Lebih dari 5.000 pegembang, kreator dan pengusaha dari seluruh dunia berkumpul di F8, konferensi tahunan Facebook tentang masa depan teknologi. Mark Zuckerberg menjelaskan tentang bagaimana membangun platform media sosial yang lebih fokus pada privasi, memberikan ruang kepada pengguna untuk mengekspresikan diri secara bebas.

Berikut beberapa perubahan dan pengumuman yang dirilis Facebook kemarin (30/4).

Perombakan desain

Perubahan besar yang paling signifikan dari tampilan Facebook sebelumnya akan diubah total untuk aplikasi Facebook dan versi ‘desktop’ Facebook. Kemungkinan perubahan desain itu menjadi yang terbesar sejak Facebook pertama kali diluncurkan. Selama ini Facebook diidentikan dengan warna biru, tetapi itu akan menjadi kenangan ketika Facebook mengubahnya menjadi warna yang lebih netral agar tampilannya lebih segar dan modern.

Desain baru telah diluncurkan untuk beberapa pengguna di aplikasi seluler, dan akan diluncurkan untuk pengguna desktop dalam waktu sekitar satu bulan mendatang.

Enskripsi end to end untuk Messenger

Aplikasi Messenger Facebook akan diberikan enskripsi end-to-end seperti WhatsApp milik Facebook. Enskripsi ini berarti pesan yang dikirim dan terima antar pengguna dienskripsi, tidak ada seorangpun, bahkan Facebook, dapat membacanya.

Hanya penerima yang memiliki kunci dekripsi yang diperlukan untuk membaca pesan, sistemnya berjalan secara otomatis oleh aplikasi itu sendiri. Hal itu dilakukan untuk menjawab kecurigaan yang banyak dituduhkan kepada Facebook bahwa mereka membaca pesan Anda untuk menargetkan iklan.

Aplikasi seluler dan desktop baru

Berbicara tentang Messenger Facebook, juga akan diluncurkan dua aplikasi baru. Aplikasi seluler baru yang berfungsi sama yang secara signifikan lebih ringan jika dibandingkan dengan aplikasi Messenger lengkap, berbeda dengan versi Messenger Lite yang dirancang untuk beroperasi pada perangkat kelas bawah.

Dan akan ada aplikasi desktop baru yang memiliki kemampuan video dan fitur lain yang tidak dimiliki Messenger.com atau fitur obrolan Facebook.com. Anda dapat mengunduh aplikasi di desktop Anda, baik Windows maupun MacOS, dan melakukan panggilan video grup saat mengobrol di Messenger.

Fitur grup baru

Fitur ini untuk mempromosikan grup Facebook, berpotensi mampu memainkan perang penting di masa depan Facebook. Facebook mengklaim bahwa pengguna yang menggunakan grup telah meningkat secara signifikan selama setahun terakhir karena pengguna memilih untuk berinteraksi dengan komunitas berbasis minat.

Ini berarti grup akan lebih banyak menampilkan umpan berita, dan akan memiliki lebih banyak fitur untuk anggota dan admin, termasuk kemampuan untuk memposting ke grup secara anonim.

Menonton video dengan teman

Fitur baru ini akan memungkinkan teman untuk menonton video secara real time menggunakan fitur obrolan video di Messenger, Facebook menyebutnya sebagai “ruang tamu virtual”.

Tidak ada lagi “suka” untuk Instagram

Facebook juga telah mengumumkan perubahan untuk aplikasi Instagram, salah satunya adalah bahwa konten seperti foto dan video tidak akan lagi terlihat jumlah suka oleh publik. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekankan fokus pada konten itu sendiri sebagai ukuran keterlibatan yang sesuai. Namun, jumlah konten suka yang didapatkan masih bisa terlihat oleh pengguna yang memposting konten.

Posting berbasis teks di Instagram

Saat ini, untuk membuat posting di Instagram, pengguna harus memposting foto atau video. Hal itu akan berubah karena sekarang pengguna bisa membuat posting berbasis teks menggunakan fitur kamera Instagram yang akan memungkinkan pengguna untuk membuat latar belakang berwarna dengan teks di bagian atas.

Hal itu dilakukan sebagai upaya melindungi foto. Selama ini “peretasan” yang paling banyak di Instagram adalah mengambil foto yang digelapkan agar tampak seluruhnya hitam dan kemudian menampilkan grafis teks di atasnya.

Mendapatkan jodoh di Facebook

Fitur ini dianggap paling aneh dan menggembirakan bagi kaum jomblo dari semua fitur baru Facebook, yang dapat memungkinkan Anda menemukan teman kencan di antara semua teman yang ada di daftar pertemanan Anda. Fitur ini dapat memungkinkan Anda memberitahu Facebook bahwa Anda naksir seseorang, di sini Facebook berperan layaknya mak comblang.

Jika teman yang Anda taksir juga memberitahu hal yang sama kepada Facebook, maka Anda berdua akan diberitahu dan diberikan fasilitas untuk berkencan. Tetapi jangan kuatir jika cinta Anda tak terbalas, dia dan semua orang tidak akan tahu apa-apa karena Facebook akan merahasiakannya, oleh sebab itu fitur baru ini diberi nama Secret Crush atau penggemar rahasia.

Fitur baru ini layaknya biro jodoh, Anda dapat memilih hingga sembilan teman Facebook yang Anda taksir. Jika salah satu teman atau lebih yang Anda taksir juga menempatkan Anda dalam daftar teman yang ditaksir, itu awal kecocokan. Tetapi jika tidak ada satupun yang menaksir Anda, jangan bersedih hati karena jodoh bukan di tangan Facebook.

Sekoci Hoaxes. Filter Ekosistem Informasi!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Facebook

Artikel Terbaru

Facebook Mengumumkan Perombakan Besar Dengan Fitur Baru Yang Lebih Terfokus Pada Privasi