Penjelasan Mengapa Situs KPU Tidak Bisa Diakses


Sekoci

Pemilihan umum telah usai, masyarakat sekarang terfokus pada hasil perolehan suara. Sejak kemarin website kpu.go.id seperti muncul tenggelam, tidak sedikit masyarakat kesulitan mengaksesnya. Apa yang sebenarnya terjadi, apakah web KPU dihack?

Masyarakat awam kemungkinan besar menduga web milik KPU dihack untuk mencurangi hasil suara. Sebelum Anda menduga-duga, saya akan menjelaskannya secara sederhana. Server web (hosting) memiliki kapasitas terbatas, memori dan bandwidth. Saat ini sebagian besar masyarakat berbondong-bondong bertamu ke web KPU, dengan kapasitas data transfer terbatas membuat ruang tamu web KPU padat.

Ketika jutaan orang berebut masuk ke web KPU dalam waktu yang sama, maka akan terjadi down atau lebih dikenal sebagai Efek Slashdot, disebabkan oleh peningkatan lalu lintas web yang melebihi kapasitas. Analoginya seperti di jalan raya, ketika kendaraan membludak di jalur yang sama, maka lalu lintas akan macet dan lumpuh.


Sekoci
Situs KPU mengalami masalah

Efek Slashdot merupakan beban besar yang ditanggung oleh situs hingga membuatnya menjadi lambat atau bahkan untuk sementara tidak tersedia. Situs tanpa dukungan server yang memadai kemungkinan tidak bisa mengatasi lalu lintas yang padat, menyebabkannya menjadi macet dan tidak bisa melayani permintaan akses lalu menjadi down.

Permasalahan semakin diperparah jika banyak orang mencoba mengirim Ping ke server KPU. Ping (Packet Internet Gopher) adalah perintah mengirim paket kecil kepada server ketika mengalami masalah, kemudian server harus mengirim umpan balik. Ketika Ping dikirim dengan jumlah besar dan server kewalahan membalasnya, akan terjadi beban berat pada server.

Jadi, permasalahan pada situs KPU disebabkan oleh banyaknya pengakses secara bersamaan (traffic tinggi). Efek Slashdot banyak terjadi pada situs besar, biasanya terjadi ketika masyarakat berbondong-bondong mengakses situs dengan tujuan mengetahui informasi penting, contohnya situs SBMPTN. Situs ini kerap sulit diakses karena banyaknya pengunjung melebihi kapasitas mencoba masuk ke situs untuk mengetahui hasil ujian.

 

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


,

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kategori: Indonesia

Artikel Terbaru

Penjelasan Mengapa Situs KPU Tidak Bisa Diakses