Benarkah Memasukan Bawang Putih ke Dalam Vagina Mampu Mengatasi Keputihan


Sekoci

Klaim: Salah satu cara mengatasi keputihan bisa dengan menggunakan bawang putih.

Bawang putih adalah obat herbal keputihan alami yang dapat menghilangkan bakteri dan kuman penyebab infeksi. Manfaat bawang putih untuk mengobati keputihan sudah dikenal sejak jaman dulu. Satu siung bawang putih dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri atau jamur pada area vagina.

Bawang putih cukup popular dalam dunia penyembuhan serta banyak dipakai sebagai bahan obat-obatan alami lantaran bawang putih mempunyai karakter antibiotik alami paling baik yang dipercaya sebagai anti jamur alami untuk menangani bakteri.


Tidak Terbukti (Berpotensi Berbahaya)


Analisis

Selama bertahun-tahun bawang putih atau garlic dipercaya mampu mengobati keputihan, memasukan garlic ke dalam vagina dapat menghilangkan bakteri dan kuman penyebab infeksi. Penumpukan jamur mikroskopis yang berlebihan dapat tumbuh subur di daerah lembab mana pun, seperti anus, tenggorokan, alat kelamin (paling sering terjadi pada kelamin wanita).

Tidak sedikit wanita mencoba pengobatan tradisional yang mereka dapatkan dari informasi internet dan mulut ke mulut untuk meredam masalah vagina, salah satunya menggunakan garlic. Alih-alih menelan bawang putih, wanita malah memasukan garlic utuh ke dalam vagina mereka. Apakah cara itu benar-benar berhasil? Dan apakah itu aman atau malah berbahaya?

Apa yang anda dengar tentang informasi kesehatan tidak boleh ditelan mentah-mentah, Anda harus mencari tahu kebenarannya karena menyangkut masa depan Anda, apakah terbukti berkhasiat atau membuat Anda harus dilarikan ke rumah sakit, dan yang lebih parah Anda akan kehilangan nyawa.

Untuk mendapatkan perspektif medis tentang perawatan seperti itu, mari kita menyimak penjelasan dari Paul Nyirjesy, seorang dokter spesialis kandungan dan direktur Drexel Vaginitis Center di Drexel University College of Medicine. Ia kerap merawat wanita dengan masalah vagina yang rumit dan kronis, termasuk infeksi jamur berkepanjangan. Dia pernah menerbitkan sebuah makalah yang meneliti bagaimana mayoritas wanita dengan masalah seperti itu menggunakan perawatan alternatif, terutama karena putus asa.

Paul menjelaskan kepada Scientific American bahwa wanita yang memiliki masalah vagina kronis, mayoritas dari mereka, sekitar dua pertiga, akan mencoba setidaknya satu bentuk pengobatan alternatif.

“Hampir 10 persen dari pasien yang saya tangani telah mencoba bawang putih sebelum mereka datang kepada saya. Saya pikir itu buruk, tentu saja, karena saya melihat banyak pasien melakukan hal-hal tidak bermanfaat. Tetapi saya tidak dapat mengingat seorang pasien pun yang mengatakan kepada saya bahwa dia menggunakan bawang putih dan dia berpikir itu membantu,” kata Paul kepada Scientific American.

Memasukan garlic ke dalam vagina dengan maksud mengobati keputihan tanpa pendukung ilmiah. Satu-satunya pendukung klaim ini dapat Anda temukan di The Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, yang diterbitkan pada bulan Desember 2010. Mereka membandingkan krim yang mengandung clotrimazole dan krim anti jamur standar, dengan krim yang mengandung garlic dan thyme (jenis rempah dari Mesir).

Mereka menemukan bahwa krim bawang putih dan thyme sama efektifnya dengan krim clotrimazole. Masalahnya adalah jika Anda melihat hasil yang sebenarnya, sulit untuk mengetahui pasien mana yang benar-benar membaik. Jurnal itu terlihat ambigu dan tidak bisa diandalkan, hasil dari kesimpulannya tidak mencerminkan kepastian, pasien hanya mengalami penurunan gejala vagina ketika mereka menggunakan krim ini.

Pada 2013, studi lain dilakukan BJOB untuk membuktikan pengaruh memasukan garlic ke dalam vagina. Tim peneliti ini telah melakukan beberapa penelitian yang cukup serius mencari pengobatan alternatif untuk mengobati infeksi vagina. Mereka melakukan penelitian untuk melihat efek oral bawang putih terhadap pertumbuhan ragi di vagina dan mereka menemukan bahwa itu tidak berhasil. Itu adalah uji coba terkontrol secara acak yang dilakukan dengan baik.

Ada banyak informasi bahwa bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dianggap fungisida. Beberapa penelitian telah dilakukan pada hewan percobaan, bawang putih terbukti memiliki aktivitas anti jamur. Namun, Apakah Anda mengetahui berapa banyak garlic yang dibutuhkan atau seberapa efektif garlic bekerja pada vagina Anda.

Jika Anda memasukkan satu siung bawang putih ke dalam vagina, apakah itu benar-benar mengobati masalah vagina Anda atau garlic hanya duduk manis di dalam vagina dan semua bahan yang terkandung di dalamnya tidak melakukan apa-apa?

Ketika Anda beraktifitas dengan bawang putih masih bermukim di dalam vagina Anda, kemungkinan tidak akan berisiko fatal. Namun, jika Anda memasukan garlic ke dalam vagina, ada kemungkinan vagina Anda akan mengalami iritasi dan rasa terbakar karena garlic mengandung allicin (organosulfur).

Ginekolog dan penulis Dr Jennifer Gunter memposting serangkaian tweet yang menekankan bahwa ada banyak alasan mengapa wanita harus menghindari memasukkan bawang putih ke dalam vagina dengan cara apa pun.

Yang perlu dicatat, senyawa allicin yang terkandung pada bawang putih hanya bisa didapatkan ketika bentuknya tidak lagi utuh, sudah dipotong ditumbuk, atau dikunyah. Senyawa inilah yang bertanggungjawab atas aroma khas bawang putih yang begitu menyengat.

Nama umum infeksi ragi pada organ intim wanita adalah sariawan, itu tidak masuk kategori Penyakit Menular Seksual (PMS). NHS menjelaskan pada umumnya hal itu tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika dibiarkan tidak diobati. Perawatan umum di klinik kesehatan seksual biasanya dengan memberikan obat antijamur berupa tablet yang dimasukan ke dalam vagina Anda (pessary) atau krim untuk mengurangi iritasi.

Sariawan disebabkan oleh jamur yang disebut candida yang biasanya tidak berbahaya. Sariawan cenderung tumbuh dalam kondisi hangat, lembab, dan berkembang jika keseimbangan bakteri berubah. Anda dapat membeli obat antijamur di apotek jika Anda menderita sariawan atau mulai merasakan gejalanya.

Anda juga dapat melakukan sendiri di rumah untuk meredakan ketidaknyamanan dan mencegah sariawan kembali, rekomendasi dari NHS:

  • Gunakan air dan lotion emolien (pelembut/bukan sabun), seperti krim E45 untuk mencuci vagina Anda.
  • Keringkan area yang terkena dampak sariawam dengan benar setelah dicuci.
  • Memakai pakaian katun.
  • Hindari seks samapi sariawan mereda.
  • Gunakan kondom untuk membantu menghentikan penyebarannya.
  • Mandi dengan air mengalir

Yang harus dihindari:

  • Jangan gunakan sabun atau gel mandi pada vagina
  • Jangan gunakan deodoran pada vagina
  • Jangan gunakan celana ketat

Ketika para ahli melarang oral garlic dan uji ilmiah telah membantah klaim, mereka tanpa kompetensi malah mempromosikan praktek ini, sialnya mereka lebih dipercaya. Ketika ada seseorang memberitahu Anda tentang manfaat kesehatan, itu adalah peringatan bagi otak Anda untuk berpikir dan mencari tahu kebenarannya.

Vagina adalah perhiasan paling berharga yang dimiliki seorang wanita. Apakah Anda bersedia merelakan perhiasan Anda rusak karena perawatan secara sembarangan? Ketika Anda memasukan benda asing (tanpa uji medis) ke dalam vagina Anda dengan maksud mengatasi masalah kesehatan organ intim, apa yang Anda lakukan seperti memasukan sarang semut ke dalam vagina Anda.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Benarkah Memasukan Bawang Putih ke Dalam Vagina Mampu Mengatasi Keputihan