Mitos Vs Fakta: Anda Harus Menunggu 1×24 Jam Untuk Melaporkan Orang Hilang


Sekoci

Laporan orang hilang merupakan komponen cerita populer tentang dugaan tindak kejahatan dan prosedur hukum, tetapi kenyataannya hal itu jauh lebih dramatis. Saat laporan orang hilang diajukan kepada kepolisian, ketegangan kerap terjadi di mana pelapor dalam kondisi panik mendesak polisi untuk segera menindaklanjuti, sedangkan polisi harus menjalankan prosedur.

Kepercayaan yang berkembang di masyarakat telah mengakar mengatakan bahwa Anda harus menunggu 1×24 jam untuk melaporkan orang hilang kepada pihak kepolisian. Klaim itu tumbuh dan berkembang dari cerita film dan serial televisi yang mempublikasikan waktu tunggu 24 jam hingga 48 jam untuk melaporkan orang hilang.

Apa yang benar?

Tidak ada waktu tunggu: Mitos waktu tunggu 1×24 jam sebelum melaporkan orang hilang telah lama dipercaya. Faktanya tidak ada aturan resmi kapan seseorang dinyatakan “hilang”. Jika ada keluarga tidak kembali ke rumah dan Anda meyakini statusnya “hilang”, segera laporkan kepada pihak kepolisian.

Siapa yang bisa dikategorikan orang hilang?

Siapapun bisa menjadi orang hilang: Ini tidak terbatas hanya pada anak-anak. Orang dewasa hingga orang lanjut usia juga dapat dilaporkan sebagai orang hilang. Jika Anda mencurigai seseorang yang Anda sayangi tidak kembali ke rumah atau hilang secara tidak wajar, segera laporkan kepada kepolisian.

Apa syarat melaporkan orang hilang?

Bawa informasi yang benar: Polisi membutuhkan deskripsi kronologis selengkap mungkin untuk menemukan orang hilang, seperti ciri-ciri korban, tanda pada tubuh yang dapat dikenali, seperti tato atau tanda lahir, pakaian terakhir yang digunakan, dan siapa orang terakhir bersama korban. Saat mengajukan laporan, bawa satu atau lebih foto korban, harus dengan kualitas yang baik.

Apa yang dapat Anda lakukan setelah mengajukan laporan?

Bersabar dan jangan panik berlebihan: Setelah polisi menerima laporan Anda, mereka akan bergerak cepat mencari korban sebelum hal yang lebih buruk terjadi. Jika korban kembali sendiri atau diketahui keberadaannya dalam kondisi aman, segera memberitahu polisi dan membatalkan laporan.

Penjelasan Polri

Sekoci Hoaxes bertanya kepada Polri melalui Fanspage Facebook Divisi Humas Polri perihal mitos melaporkan orang hilang harus menunggu 1×24 jam. “Tidak ada lagi yang namanya harus menunggu hingga 1×24 jam,” jelas Polri kepada Sekoci Hoaxes (9/4).

Polri menjelaskan cara melaporkan orang hilang:

1. Klarifikasi
Pemohon yang akan melapor keluarganya yang hilang bisa langsung ke kantor polisi setempat sesuai lokasi kejadian. Nantinya, pemohon diminta untuk mengklarifikasi hubungannya dengan orang atau keluarga yang hilang itu. Misalnya, orang tua yang kehilangan anaknya dengan menunjukan kartu keluarga dan akte kelahiran asli.

2. Tak Perlu Menunggu 24 Jam
Polisi akan memberi pelayanan pengaduan masyarakat terkait kasus, termasuk kasus kehilangan.
Pemohon laporan orang hilang tidak harus menunggu 1×24 jam dan tanpa batasan umur orang hilang.

3. Advice Untuk Pencarian di Sekitar Lingkungan Pelapor
Aturan menunggu 1×24 jam digunakan polisi untuk memberi nasihat kepada orang tua atau keluarga korban yang kehilangan anggota keluarganya. Nasihat itu untuk memastikan keluarga mencari dahulu sekitar lingkungannya, seperti teman terlapor maupun saudara lain. Jika sudah buntu, kepolisian akan menindaklanjuti dengan memberi surat laporan kehilangan dan ditindaklanjuti sesuai ranah pidana kepolisian di Unit Reserse Kriminal.

4. Polisi Datang ke Lokasi dan Memeriksa Saksi
Setelah pelapor melengkapi berkas kehilangan, polisi akan menindak lanjuti dengan mendatangi lokasi, tempat terakhir terlapor diketahui keluarga maupun saksi. Polisi juga mengklarifikasi saksi maupun bukti pendukung pencarian keluarga yang hilang.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu 24 jam untuk melaporkan orang hilang. Segera laporkan kepada polisi jika keluarga Anda terindikasi hilang, dengan membawa berkas yang dibutuhkan dan memberikan deskripsi lengkap.

 

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
1
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kategori: Indonesia

Artikel Terbaru

Mitos Vs Fakta: Anda Harus Menunggu 1x24 Jam Untuk Melaporkan Orang Hilang