Mitos HAARP Menciptakan Gempa Bumi Hingga Mampu Mengontrol Pikiran Manusia


Sabtu malam, 22 Desember 2018, Indonesia diterpa kabar duka ketika tsunami Selat Sunda meluluhlantakan wilayah daratan, menelan ratusan korban jiwa. Tsunami Selat Sunda dianggap aneh oleh kebanyakan orang, biasanya tsunami diawali gempa bumi besar, tetapi tsunami Selat Sunda tidak ada tanda-tanda gempa bumi yang dirasakan masyarakat sekitar.

Sebuah teori mengalir mengatakan bahwa HAARP menjadi biang keladi terjadinya tsunami Selat Sunda. HAARP sudah lama dituding sebagai proyek rahasia milik Amerika Serikat (AS) yang mampu memodifikasi cuaca, menciptakan angin topan besar, memanaskan atmosfer, menciptakan gempa bumi, hingga terjadi tsunami di berbagai negara. High Frequency Active Auroral Research Program terletak di Alaska, di sebuah fasilitas milik Angkatan Udara AS dekat Gakona, Alaska, yang bernama HAARP Research Station pada kordinat: 62°23′32.8″N 145°09′02.8″W.

haarp
HAARP (Creative Commons)
haarp
Michael Kleiman, Angkatan Udara AS (Gambar milik Pemerintah Federal AS, gambar atau file berada di domain publik)
haarp
HAARP (Foto: Jessica Matthews, University of Alaska Fairbanks)

Dari kejauhan nampak seperti lahan parkir dikelilingi hutan Alaska yang dipenuhi antena televisi berukuran besar, itulah sepetak wilayah HAARP yang dituding sangat rahasia dan mampu menciptakan bencana alam hingga mengontrol pikiran manusia. HAARP sendiri sebenarnya mendapatkan kritik dari beberapa ilmuwan pada tahun 1990-an, mereka menyatakan keprihatinan tentang kemungkinan penggunaan HAARP di masa depan sebagai senjata. Rusia juga menyatakan keprihatinan dan mengkritik HAARP sebagai “senjata geofisika integral baru.” Pemerintah Rusia telah mengoperasikan fasilitas yang sangat mirip yang dikenal sebagai Sura Ionospheric Heating Facility.

Sebelum membahas teori HAARP penyebab tsunami Selat Sunda, mari kita cari tahu apa sebenarnya HAARP. Teori yang berkembang mengatakan bahwa HAARP adalah proyek rahasia, teori ini menjadi titik utama teori-teori lainnya yang menuduh HAARP sebagai senjata AS untuk mengendalikan sebuah wilayah di dunia. Nyatanya HAARP tidak diklasifikasikan sebagai rahasia. Tidak perlu izin khusus untuk mengunjunginya, dan HAARP biasanya mengadakan open house setiap musim panas di mana setiap orang dapat melihat semuanya di sana.

Setelah dua dekade awal pembangunannya dengan dana yang telah dikeluarkan sekitar tiga ratus juta dolar, situs ditutup oleh Angkatan Udara AS karena kurangnya dana. Pada Agustus 2015, situs ini secara resmi diserahkan oleh pemerintah AS kepada Universitas Alaska. Apakah stasiun penelitian yang kini dikelola oleh universitas akan mengurangi lolongan dari kebenaran HAARP?

Banyak universitas telah terlibat dalam penelitian HAARP, mereka diberi kebebasan untuk mempelajari teknologi HAARP. Bukan hanya itu, beberapa stasiun penelitian serupa lainnya di seluruh dunia, seperti Sura Ionospheric Heating Facility dari Rusia, EISCAT dari Norwegia, observatorium Arecibo dari Puerto Rico, dan observatorium HIPAS dekat Fairbanks, dioperasikan oleh UCLA.

Program HAARP adalah upaya ilmiah yang bertujuan mempelajari sifat dan perilaku ionosfer, bagian atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari. Lapisan ini berperan penting bagi keelektrikan atmosfer dan membentuk batas dalam lapisan magnetosfer. Fungsi utamanya, di antara fungsi-fungsi yang dimilikinya, adalah mempengaruhi rambatan radio ke tempat-tempat yang jauh di muka bumi.

Mungkin Anda bertanya jika tidak untuk kehancuran glogal, apa gunanya HAARP? HAARP adalah pemancar frekuensi tinggi berkekuatan besar dan paling berkuasa di dunia untuk studi ionosfer. Sinyal komunikasi dan navigasi dikirim melalui atmosfer untuk berbagai keperluan sipil dan militer. Rudal yang dipandu bergantung pada transmisi digital yang dapat dipengaruhi atau terkendala oleh berbagai macam penyebab alami dan buatan. Sistem Pemosisian Global dan komunikasi semua harus terenkripsi hingga dapat terkirim ke penerima mereka di masa perang, terlepas dari kondisi atmosfer dan elektromagnetik.

Studi tentang efek ini adalah alasan utama kenapa DARPA, Angkatan Udara AS, dan Angkatan Laut AS ikut berkontribusi pada pendanaan HAARP. Alasan itulah mengapa HAARP dikembangkan, untuk meneliti sifat fisik dan listrik ionosfer Bumi, yang dapat memengaruhi sistem komunikasi dan navigasi militer dan sipil AS. Tujuan dari penelitian di HAARP adalah untuk melakukan studi fundamental dari proses fisik yang bekerja di bagian paling tinggi dari atmosfer kita, yang disebut termosfer dan ionosfer. Penelitian ini terbagi dalam dua kategori. Pertama, aktif, yang membutuhkan penggunaan Instrumen Penelitian Ionosfer. Kedua, pasif, yang hanya menggunakan instrumen pemantauan.

HAARP dicurigai memiliki kepentingan gelap sebagian besar berasal dari teori konspirasi. Seorang ahli teori konspirasi bernama Benjamin Fulford telah membuat beberapa video yang diunggah di YouTube, dia menuduh bahwa HAARP bertanggung jawab atas sebagian besar gempa bumi hebat yang terjadi di seluruh dunia, dan bahwa Amerika Serikat mengancam negara-negara seperti Jepang dengan gempa bumi jika mereka tidak “melakukan apa yang AS inginkan”.

Dia percaya bahwa HAARP mampu menciptakan gempabumi dengan cara memanaskan air di atmosfer, cara kerjanya sama seperti oven microwave, tetapi dia tidak menjelaskan bagaimana cara memanaskan atmosfer di petak kecil di Alaska (HAARP) mampu menyebabkan gempa bumi di Asia dengan presisi yang tepat.

Kemudian Fulford memperkuat klaimnya dengan menampilkan beberapa video secara dramatis dari awan yang menyala, ia menyebutnya sebagai “earthquake lights”, dijadikan bukti bahwa HAARP menyebabkan gempa bumi Sichuan 2008 di Cina. Sebenarnya itu hanyalah awan yang disinari matahari setelah terbenam di bawah cakrawala, sangat umum terjadi dan merupakan fenomena alam biasa yang disebut cloud iridescence.

Awan
Awan Iridescence

HAARP kerap dituding sebagai biang keladi terjadinya bencana alam di pelbagai negara oleh para pecinta teori konspirasi, tudingan dialamatkan kepada AS, seperti sudah umum diketahui bahwa AS adalah sasaran empuk bagi teori konspirasi. Rumor besar yang beredar tidak lepas dari peran teori konspirasi yang tak hentinya menghembuskan teori mereka berdasarkan asumsi. Teori konspirasi biasanya terkait dengan melawan konsensus yang tidak dapat dibuktikan, biasanya dengan menggunakan metode historis mereka menggugat fakta yang dianggap mainstream.

Oxford English Dictionary mendefinisikan teori konspirasi sebagai “teori dari suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi sebagai akibat dari persekongkolan antara pihak yang berkepentingan. Teori ini meyakini bahwa beberapa rahasia telah disembunyikan oleh pihak berkepentingan, biasanya menyangkut politik untuk motivasi dan menindas dengan niat melepaskan tanggungjawab karena tidak mampu dijelaskan kepada publik. Merriam Webster mendefinisikan teori konspirasi sebagai sebuah teori yang menjelaskan suatu peristiwa atau situasi sebagai hasil dari rencana rahasia yang dilakukan oleh orang-orang atau kelompok besar.

Ketakutan yang tidak mendasar dihembuskan para pecinta teori konspirasi di internet tentang HAARP. Manusia jahat telah menciptakan teknologi super canggih yang mampu mengendalikan alam dan menciptakan bencana besar, bahkan HAARP juga dituding mampu mengendalikan pikiran manusia, kita hanya mampu menunggu super hero lahir untuk menyelamatkan Bumi, seperti cerita apik dalam film Hollywood.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
1
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
2
fun
geeky geeky
1
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
1
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kategori: Astronomi

Artikel Terbaru

Mitos HAARP Menciptakan Gempa Bumi Hingga Mampu Mengontrol Pikiran Manusia