Benarkah Mengisi Bensin Hingga Penuh Bisa Memicu Ledakan?


Ilustrasi pengisian bahan bakar

Klaim: Isi bensin full tank bahaya bisa memicu ledakan.

Hoax

Secara umum, banyak pemilik kendaraan di Indonesia menganggap bahwa mengisi bensin secara penuh di tangki kendaraan akan membuat perjalanan lebih nyaman.Bagaimana tidak, kamu tak perlu bolak-balik berhenti di pompa bensin (SPBU) hanya untuk mengisi bensin

Namun, pernahkah kamu mendengar kabar bahwa tangki kendaraan yang diisi penuh bensin akan membuat kendaraan meledak?

Dikutip Grid.ID dari Petrolheadkenya.com, ledakan itu bisa diakibatkan oleh suhu udara panas yang akan membuat bensin memanas. Ketika bensin dalam kondisi panas maka akan menimbulkan ledakan.


SALAH


ANALISIS

Telah lama beredar rumor yang memperingatkan tidak boleh mengisi penuh bensin kendaraan karena bisa memicu ledakan. Peringatan ini beredar luas di banyak negara hingga mengakibatkan kepanikan. Tidak sedikit media online mewartakan hanya mengutip dari sumber lain tanpa mencoba memverifikasi kebenarannya.

Di India, pesan peringatan ini beredar dengan menampilkan gambar yang diklaim korban ledakan motor disebabkan mengisi bensin sampai penuh.

Hoax

Pesan yang beredar sebagai peringatan bahaya ledakan akibat mengisi bensin hingga penuh menyebar di internet, email, dan situs jejaring sosial setidaknya sejak beberapa tahun ke belakang. Pesan serupa muncul juga di negara Oman, menimbulkan kepanikan para pemilik kendaraan.

Pada Mei 2014, timesofoman.com melaporkan bahwa pejabat Polisi Kerajaan Oman (ROP) dan Otoritas Umum Pertahanan Sipil dan Ambulans (PACDA), mereka mengatakan pesan peringatan itu menyesatkan dan mendesak warga untuk mengabaikan pesan yang beredar.

Seorang pejabat perusahaan minyak berbicara kepada Times of Oman dan menjelaskan bahwa karyawan mereka disarankan untuk tidak mengisi tangki mobil mereka sampai penuh karena dapat menyebabkan kecelakaan, dan ini adalah bagian dari kesehatan, keselamatan dan lingkungan tempat bekerja (HSE), tidak ada hubungannya dengan ledakan.

Untuk kinerja yang lebih baik di jalan, mobil dengan bahan bakar penuh tidak akan maksimal. Karena, untuk aliran bensin yang tepat ke mesin harus ada ruang yang tersisa untuk udara, dan itu membantu aliran bahan bakar bekerja dengan baik.

Tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma. Uap bensin sangat berbahaya untuk kesehatan. Setiap bensin yang tumpah atau menguap, menjadi faktor penyumbang polusi udara.

Gambar: Daihatsu.co.id

Rumor ini juga menghantam wilayah Timur Tengah pada tahun 2015, pers lokal dengan cepat membantahnya berdasarkan penjelasan dari badan resmi Adnoc Distribution, menegaskan bahwa mereka belum mengeluarkan peringatan untuk mengisi tangki mobil hingga kapasitas maksimum.

Khalid Hadi, Wakil Presiden, Pemasaran dan Komunikasi di Adnoc Distribution, mengatakan: “Kami ingin menunjukkan bahwa pengisian tangki bahan bakar dengan kapasitas penuh tidak menyiratkan risiko karena semua tangki bahan bakar mobil dirancang untuk menahan peningkatan tekanan pada suhu tinggi.”

Apa Yang Benar?

Klaim bahwa tangki bensin kendaraan yang di isi penuh dapat memicu ledakan hanya teori tanpa bukti pendukung. Ada dua penjelasan sederhana mengapa klaim tersebut sangat menyesatkan. Pertama, bahan bakar bensin akan bereaksi secara otomatis (tanpa pemicu atau percikan) pada suhu 247-280°C, sedangkan bahan bakar Diesel pada suhu 210°C, sangat tidak mungkin terjadi pada suhu cuaca normal di belahan Bumi manapun.

Ledakan yang disebabkan oleh suhu panas membutuhkan tiga hal – bahan bakar, suhu yang sesuai dan oksigen (udara). Faktor-faktor variasi penyebab lain termasuk tekanan parsial oksigen, ketinggian, kelembaban, dan jumlah waktu yang diperlukan untuk pengapian.

SubstanceAutoignition[D]Note
Barium550 °C (1,022 °F)550±90[5][C]
Bismuth735 °C (1,355 °F)735±20[5][C]
Butane405 °C (761 °F)[6]
Calcium790 °C (1,450 °F)790±10[5][C]
Carbon disulfide90 °C (194 °F)[7]
Diesel or Jet A-1210 °C (410 °F)[8]
Diethyl ether160 °C (320 °F)[9]
Ethanol365 °C (689 °F)[7]
Gasoline (Petrol)247–280 °C (477–536 °F)[7]
Hydrogen536 °C (997 °F)[10]
Iron1,315 °C (2,399 °F)1315±20[5][C]
Lead850 °C (1,560 °F)850±5[5][C]
Leather / parchment200–212 °C (392–414 °F)[8][11]
Magnesium635 °C (1,175 °F)635±5[5][B][C]
Magnesium473 °C (883 °F)[7][B]
Molybdenum780 °C (1,440 °F)780±5[5][C]
Paper218–246 °C (424–475 °F)[8][12]
Phosphorus,white34 °C (93 °F)[7][A][B]
Silane21 °C (70 °F)[7] or below
Strontium1,075 °C (1,967 °F)1075±120[5][C]
Tin940 °C (1,720 °F)940±25[5][C]
Triethylborane−20 °C (−4 °F)[7]

Alasan kedua terkait implikasi bahwa tekanan akan sangat berbahaya di tangki kendaraan selama cuaca panas, yang menyebabkan suhu akan lebih tinggi di dalam tangki, entah bagaimana caranya ledakan spontan bisa terjadi. Yang perlu diketahui, tangki bahan bakar modern telah dirancang dengan kemampuan untuk melepaskan tekanan.

Sejak tahun 1971 , Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) telah menetapkan bahwa semua mobil dengan mesin pembakaran internal termasuk sistem kontrol emisi evaporatif (EVAP). Mekanisme ini mengumpulkan kelebihan bahan bakar yang dilepaskan dari tangki untuk mempertahankan tekanan, ketika kondisi sudah normal maka akan mengembalikan kembali ke tangki.

Kesimpulan

Klaim yang mengatakan mengisi bahan bakar hingga full tank bisa memicu ledakan sangat menyesatkan. Namun, tidak dianjurkan mengisi bensin hingga penuh dengan alasan lain, tangki bensin harus ada ruang sisa untuk udara agar aliran ke mesin dapat maksimal. Selain itu, saat pengisian bahan bakar hingga penuh, kemungkinan bensin akan tercecer keluar yang bisa merusak cat, serta uap yang keluar dapat mengotori udara tidak baik untuk kesehatan.

 

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
1
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Berita palsu

Artikel Terbaru

Benarkah Mengisi Bensin Hingga Penuh Bisa Memicu Ledakan?