Foto Rusa Mengorbankan Diri Demi Anak-anaknya: Hoax


Rusa

Klaim: Foto seekor induk rusa mengorbankan diri dimangsa kawanan cheetah demi menyelamatkan kedua anaknya.

Sumber klaim: Sriwijaya Post

Hoax

Rusa itu adalah rusa betina yang rela mati dengan alasan untuk menyelamatkan anaknya.Karena awalnya Cheetah mengincar kedua anaknya, si induk yang tahu akan bahaya pada kedua anaknya berusaha menarik perhatian Cheetah-cheetah itu sampai dia harus merelakan dirinya dimangsa, agar fokus Cheetah tertuju padanya sehingga kedua anaknya bisa lolos.

Si induk rusa ini tak terlihat sedikit pun melawan, memberikan dirinya dimangsa sampai kedua anaknya terluput.

Induk rusa hanya terlihat tenang sambil matanya terus mengawasi kedua anaknya yang terus berlari meninggalkannya.


HOAX


ANALISIS

Cerita yang sangat menyentuh hati menampilkan beberapa foto yang mengatakan bahwa induk rusa rela mengorbankan diri dimangsa kawanan cheetah untuk menyelamatkan kedua anaknya. Rusa tersebut merelakan dirinya agar dimangsa cheetah agar kedua anaknya dapat melarikan diri ke tempat aman. Cerita yang indah dan penuh hikmah, tetapi hanya cerita fiktif tidak ada hubungannya dengan foto yang ditampilkan.

Apa yang benar?

Hal pertama yang harus diluruskan, foto yang Anda lihat di atas bukanlah rusa, itu adalah Impala (Antelope betina)

Impala
Induk Impala bersama anaknya (Gambar: Wikipedia)

Foto yang menjadi viral dengan dibumbui cerita hoax tersebut diabadikan oleh fotografer WildLife, Alison Buttigieg, melalui akun Facebook pribadinya ia menjelaskan kisah yang sebenarnya di balik foto-foto hasil jepretannya. Dengan perasaan kesal karena cerita yang beredar mengatakan bahwa dirinya mengalami depresi, Alison membantah semua cerita yang beredar dan menjelaskan insiden yang sebenarnya di blog miliknya alisonbuttigieg.com.

Cerita yang sebenarnya

Alison Buttigieg menceritakan kembali saat insiden terjadi pada September 2013 di Taman Maasai Mara di Kenya. Dia menjelaskan bahwa induk Cheetah sedang mengajari anak-anaknya bagaimana cara memburu dan membunuh mangsa. Sebelum membunuhnya, Cheetah bermain-main dengan Impala yang malang selama beberapa menit.

Dalam kondisi tidak berdaya, Impala hanya diam dan terlihat tenang (terkejut dan pasrah karena ketakutan). Cheetah akhirnya membunuh dan memakan Impala. Dengan momen yang tepat dari rangkaian insiden tersebut, nampak terlihat indah dalam bingkai fotografi. Anda dapat melihat rangkaian foto-foto dari insiden tersebut.

 

Kesimpulan

Cerita foto induk rusa mengorbankan dirinya demi keselamatan anak-anaknya adalah tipuan, kemungkinan untuk kepentingan nilai berita agar menjadi viral.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
1
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Foto Rusa Mengorbankan Diri Demi Anak-anaknya: Hoax