Arab Saudi Akan Membangun Gereja Berdasarkan Kesepakatan Dengan Vatikan: Hoax


Arab saudi
Kardinal Tauran dan sekretaris Jenderal MWL Al-Issa menandatangi kesepakatan memperkuat hubungan antar agama (SPA)

Klaim: Saudi-Vatikan sepakat bangun Gereja di Arab Saudi.

Hoax Hoax

Hoax

Kesepakatan antara Kardinal Jean-Louis Tauran dan Mohammed bin Abdel Karim Al-Issa dari Liga Dunia Muslim akan menandai sejarah pertama dalam sejarah Arab Saudi. Kardinal telah mengunjungi Arab Saudi tahun ini dan bertemu keluarga kerajaan, mendesak negara Muslim ini untuk memperlakukan warganya secara setara.

Di bawah perjanjian itu, gereja-gereja akan dibangun berdampingan dengan pembentukan komite untuk meningkatkan hubungan antara keduanya


HOAX


ANALISIS

Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa, sekretaris jenderal Muslim World League (MWL), dan Kardinal Jean-Louis Tauran, ketua Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama di Vatikan, telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama ini untuk memperkuat hubungan dan membangun jembatan antar agama.

Perjanjian tersebut tidak pernah menyebutkan bahwa Arab Saudi akan membangun Gereja di negaranya. Berita itu berasal dari media online Inggris Daily Mail dan Al-Jazeera dari Qatar. Kedua media ini lalu dijadikan rujukan oleh media lainnya, tidak terkecuali media Indonesia.

Rumor tersebut beredar pada Sabtu (05/05) hingga menjadi viral di internet. Pada hari Minggu (06/05), Vatikan secara resmi membantah rumor tersebut dan mengatakan bahwa itu adalah berita palsu. Daily Mail langsung mengubah isi artikel beritanya menjadi bantahan dari Vatikan.

The Vatican has denied making a deal with Saudi Arabia to build churches for Christian worshippers in the Arab country.

Reports in Middle Eastern media claimed a historic agreement had been made between Cardinal Jean-Louis Tauran and Mohammed bin Abdel Karim Al-Issa of the Muslim World League.But a spokesperson for the Vatican said the report was ‘false’.

Daily Mail dan Al- Jazeera mengambil sumber berita dari media Mesir Egypt Independent, artikelnya telah dihapus. Rumor bahwa MWL dan Tauran bersepakat akan membangun Gereja di arab Saudi berdasarkan asumsi, karena teks perjanjian belum diedarkan secara resmi. Dalam perjanjian hanya menyepakati “pertemuan antar agama secara reguler”.

Pertemuan antara Vatikan, Keluarga Kerajaan Saudi, dan para pemimpin pemerintahan muncul setelah Putra Mahkota Muhammad bin Salman mempublikasikan sistem baru untuk keterbukaan dalam hubungan antara negaranya dan para pemimpin dunia lainnya.

Kesepakatan itu menekankan perlunya mempromosikan dialog yang lebih fleksibel dalam hal ras, agama, dan budaya. Kesepakatan ini juga menyerukan untuk memperkuat hubungan agama dan spiritual antara orang Kristen dan Muslim, dan membangun hubungan yang lebih baik berdasarkan pada rasa saling menghormati dan perdamaian diantara keduanya.

Perjanjian ini merupakan puncak dari perjanjian kerjasama yang sebelumnya telah ditandatangani antara MWL dan Dewan Kepausan, setelah kunjungan sekretaris jenderal MWL ke Vatikan September lalu, di mana Al-Issa bertemu dengan Paus dan Tauran, dilengkapi dengan kunjungan Kardinal ke Kerajaan Arab Saudi baru-baru ini.

Berdasarkan perjanjian, kedua pihak sepakat untuk membentuk komite kerja yang akan dipimpin oleh Kardinal dan Al-Issa. Sebuah komite koordinasi yang terdiri dari dua anggota dari masing-masing pihak juga akan dibentuk untuk bertemu setiap tahun untuk mempersiapkan pertemuan.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Arab Saudi Akan Membangun Gereja Berdasarkan Kesepakatan Dengan Vatikan: Hoax