Tren Tantangan Menghirup Kondom ke Dalam Hidung


Baru-baru ini outlet berita melaporkan tentang tren baru, sebuah challenge memasukan kondom ke dalam hidung. Kegilaan itu banyak dilakukan oleh anak muda, mereka merekam aksinya untuk di posting di media sosial.

Berikut kutipan berita dari Okezone.com yang dirilis 3 April 2018:

 

Nah, sekarang ada sebuah tantangan baru lagi di media sosial, yaitu condom challenge, terdengar menjijikan memang, tapi nyatanya hal itulah yang tengah digandrungi dan dilakukan oleh para warga net.Melansir dari laman Daily Mail, Selasa (3/4/2018), tantangan kondom itu sekarang jadi viral. Saat melakukan tantangan tersebut, netizen harus menghirup kondom yang sudah dibuka dari kemasannya melalui lubang hidung.

Tidak cukup sampai di situ, kondom yang dihirup dari hidung itu kemudian harus keluar dari tenggorokan dan muncul di mulut dengan perlahan-lahan menariknya. Tantangan ini tentu berbahaya dan bisa berisiko kematian jika pelakunya tersedak serius, serta bisa menyebabkan infeksi.


Tidak Akurat


Analisis

Challenge berbahaya ini bukan fenomena baru, tren menghirup kondom ke dalam hidung hingga keluar melalui mulut pertama kali muncul pada tahun 2013. Sebagian besar video challenge ini diupload di Youtube pada tahun 2013, video terbaru berusia sekitar satu tahun, sedangkan video tertua kembali ke tahun 2007.

Bahkan ada sebuah laporan yang lebih jauh ke tahun 1993, trik yang sama pernah dilakukan dalam pertunjukan sirkus.

Tantangan menghirup kondom ke dalam hidung banyak dilaporkan outlet berita sebagai tren baru, tetapi itu terjadi pada tahun 2013. Saat itu fenomena tersebut merebak di AS dan UK, tidak pernah meluas dan cepat menghilang. Challenge tersebut tidak menular ke Indonesia, apalagi disebut sebagai tren baru.

 

Berawal dari media Inggris Daily Mail, Okezone ikut melaporkannya seakan tantangan menghirup kondom ke dalam hidung adalah tren baru. Berita tersebut sangat menyesatkan dengan mengambil fenomena lama yang diangkat kembali seolah sebuah tren terbaru.

Untuk saat ini, challenge memasukan kondom ke dalam hidung bukan sebuah tren, semua video berasal dari beberapa tahun ke belakang. Jikapun ada video terbaru, jumlahnya sangat sedikit, itu tidak masuk dalam kriteria sebuah tren di internet.

Challenge tersebut pastinya sangat berbahaya, sejak ramai pada tahun 2013, selanjutnya fenomena tersebut ditinggalkan. Secara tidak langsung outlet berita kembali mempromosikan challenge tersebut yang sebenarnya tidak pernah ada lagi. Jikapun ada, yang melakukan hanya segelintir orang saja, dan hingga saat ini kami belum menemukan warga net Indonesia melakukannya.

Dengan menggunakan judul histeris dan berbicara tentang tren baru yang berbahaya, tetapi tidak sesuai dengan fakta-fakta yang sebenarnya. Sebuah fenomena tren lama (2013) “tantangan menghirup kondom ke hidung” diangkat kembali seolah terjadi saat ini (tren baru).

Kami memperingatkan untuk jangan pernah melakukannya karena sangat potensial berakibat fatal, yang terburuk bisa mengakibatkan kematian.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
1
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kategori: Disinformasi

Terbaru

Tren Tantangan Menghirup Kondom ke Dalam Hidung

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format