Awan Iridescent Hebohkan Warga Lombok


Awan iridescent di Kosta Rika

Hari ini jejaring Facebook dihebohkan dengan video fenomena alam aneh di atas langit Lombok. Pemilik akun Facebook, Bang Hos, mengunggah dua video yang memperlihatkan awan bersinar di atas awan, fenomena ini cukup langka, maka tidak heran jika masyarakat yang tidak mengetahui menganggapnya aneh.

Fenomena alam ini bisa dijelaskan secara ilmiah, bukan keanehan yang tidak masuk akal. Fenomena alam ini disebut Iridescent Cloud, terjadinya warna pada awan seperti pelangi. Ini adalah fenomena yang cukup umum, banyak terlihat di beberapa wilayah di seluruh dunia.

Awan Iridescent atau nama lainnya Fire Rainbows biasanya muncul pada senja hari yang relatif sangat panas dan lembab. Menurut ahli fenomena atmosfir Les Cowley, awan ini biasanya warna-warni yang terbentuk di atas awan cumulus (awan dengan bentuk seperti kapas).

Munculnya warna-warni pada awan karena fenomena difraksi yang disebabkan oleh tetesan air kecil atau kristal es kecil individual yang menghamburan cahaya.

“Yang terjadi adalah awan Cumulus yang mendidih, mendorong lapisan lapisan udara di atasnya lebih tinggi dan semakin tinggi,” jelas Les Cowley. “Saat udara terdorong ke atas, awan mengembang dan mendingin. Kadang-kadang kelembaban di udara tiba-tiba mengalami kondensasi menjadi tetesan-tetesan kecil dan akhirnya membentuk Topi Awan.”

Awan
Awan Iridescent

Awan berbentuk topi ini terlihat sangat menarik hingga menjadi tontonan warga, para ilmuwan menyebutnya sebagai “pileus”. Awan Iridescent seperti portal yang terbuka untuk alien datang ke Bumi, seperti itulah para pecinta teori konspirasi berteori.

“Tidak semua awan topi berwarna-warni,” kata Cowley. “Saya biasanya mendapatkan foto seperti itu berasal dari Florida, Asia Tenggara, dan Afrika. Seperti video awan Iridescent di Lombok yang tidak warna-warni.

Fenomena awan unik lain paling sering terjadi seperti Altocumulus, Fallstreak, Lenticular, dan Cirrus.

Awan
Awan cirrocumulus
Awan
Awan fallstreak
Awan
Awan lenticular
Awan
Awan cirrus

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Astronomi

Artikel Terbaru

Awan Iridescent Hebohkan Warga Lombok