Apakah TV Rusia Menghimbau Penonton Untuk Bersiap Menghadapi Perang Dunia III?


Klaim: Saluran televisi Rusia menayangkan ajakan kepada warganya untuk bersiap perlindungan menghadapi Perang Dunia 3.

Menanggapi situasi krisis Suriah kian memanas, saluran televisi pemerintah Rusia menyiarkan tayangan berisi informasi yang tidak biasa. Penyiar di saluran berita Rossiya-24 meminta penontonnya untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan Perang Dunia III.

Penyiar meminta penonton membawa yodium untuk melindungi diri mereka dari radiasi. Penyiar bernama Alexey Kazokov itu juga menganjurkan masyarakat agar membawa beras dan oatmeal karena mampu bertahan lebih dari tiga tahun.


DISINFORMASI


ANALISIS

Dalam tayangan televisi pemerintah Rusia, Rossiya-24, penyiar mengajak penontonnya untuk bersiap melindungi diri dari kemungkinan Perang Dunia III. Berita tersebut menjadi viral dikaitkan dengan serangan di Suriah oleh Amerika dan sekutunya.

Isu Perang Dunia III sejak lama menjadi daya tarik sendiri, ketika terjadi ketegangan antara Rusia dan AS, media seperti terobsesi untuk mengabarkan potensi besar terjadinya PD III. Pada Oktober 2016, media ramai mengabarkan tentang presiden Vladimir Putin memerintahkan semua pejabat serta kerabat yang berada di luar negeri untuk terbang kembali ke Rusia, himbauan itu diklaim untuk menghadapi Perang Dunia III.

Nyatanya himbauan  itu terkait anak-anak yang bersekolah di luar negeri untuk melanjutkan sekolahnya di Rusia dengan berbagai alasan, salah satunya karena jika terlalu lama berada di luar negeri maka mereka akan kehilangan kewarganegaraan Rusia. Dengan alasan itu, pemerintah Rusia meminta para pejabatnya untuk kembali pulang dan menyekolahkan anak mereka di negaranya sendiri.

Kembali pada klaim, tayangan Rossiya 24 memberikan informasi kepada penonton bersiap menghadapi PD III tidak benar, tayangan tersebut menjelaskan skenario yang mungkin terjadi terkait krisis di Suriah.

Russia Beyond the Headlines untuk Indonesia (RBTH Indonesia) dalam postingan di Halaman Facebook,  menjelaskan bahwa apa yang terjadi sebenarnya dalam tayangan tersebut bukan persiapan Perang Dunia III.

Россия 24 (Rusia 24) mengupload video siaran tersebut di Youtube, dalam keterangannya menjelaskan bahwa saat para pakar politik dan ahli militer sedang mendiskusikan skenario yang mungkin terjadi, ada warga yang tergesa-gesa dan mengabarkannya (di media sosial) hingga membuat kehebohan.

Pembahasan skenario bukan untuk di Suriah, tetapi di dalam negeri (Rusia). Kesalahan informasi berasal dari rumor yang beredar di media sosial, berawal dari asumsi beberapa warga Rusia yang memperingatkan akan terjadi PD III.

Tayangan tersebut bagian dari persiapan skenario terburuk jika terjadi perang, dengan waktu yang tidak dapat dipastikan. Seperti halnya jika terjadi bencana, seperti gempabumi, biasanya akan ada tips dan informasi untuk masyarakat, bahkan untuk wilayah rawan bencana akan ada simulasi keselamatan.

Sudah bukan rahasia jika Rusia adalah negara sentral bersama Amerika Serikat jika terjadi PD III. Kemungkinan perang nuklir bisa saja terjadi, dalam hal ini tips menghadapi keadaan terburuk sangat penting. Salah satu poin utama adalah mempersiapkan makanan dan air minum untuk bertahan hidup, tentunya makanan awet yang mampu bertahan dalam jangka waktu lama.

Selain itu, ledakan nuklir yang menghasilkan yodium radioaktif, warga harus melindungi diri dengan menyiapkan obat kalium iodida (KI) atau kalium iodat (KI03).

Jadi, informasi bahwa televisi Rusia mengajak penontonnya untuk mempersiapkan perlindungan diri karena akan terjadi Perang Dunia III adalah tidak benar. Tayangan itu adalah tips dan informasi dari skenario jika terjadi perang, bukan potensi akan terjadi PD III terkait dengan serangan AS di Suriah baru-baru ini.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes


Like it? Share with your friends!

0
9 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: Disinformasi

Artikel Terbaru

Apakah TV Rusia Menghimbau Penonton Untuk Bersiap Menghadapi Perang Dunia III?

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format