Apakah Arab Saudi Membuka Tempat Perjudian?


Klaim: Tempat perjudian pertama di Arab Saudi.

Sumber klaim: Facebook


Campuran Hoax dan Fakta


ANALISIS

Kabar tentang seorang ulama Arab Saudi, Sheikh Adel Al-Kalbani, menghadiri peresmian turnamen permainan kartu tradisional baloot tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Otoritas Olahraga Arab Saudi memicu kontroversi. Permainan kartu baloot di Saudi sangat terkenal dan banyak warganya suka memainkan.

Mantan imam Masjidil Haram, Al-Kalbani, mengatakan dalam sebuah wawancara telepon dengan saluran berita Al-Akhbar Saudi bahwa kehadirannya dalam turnamen tersebut atas undangan dari ketua Otoritas Olahraga Arab Saudi, Turki Al-Sheikh, ia menambahkan bahwa dirinya bukan seorang ahli bahkan tidak bisa memainkannya.

Arab
Al-Kalbani saat menghadiri pembukaan turnamen Kartu Remi di Arab Saudi

Kejuaraan kartu baloot yang pertama di Arab Saudi diselenggarakan di kota Riyadh, Rabu (4/42018). Dalam pembukaan turnamen dihadiri tokoh terkemuka, ulama (Al-Kabani), pemain sepakbola (Yusup Thunayyan dan Fuad Anwar), dan penyair Arab Saudi (Yaser Altwaijri).

Kehadiran Al-Kabani dalam turnamen tersebut menuai kecaman karena permainan kartu baloot diidentikan dengan perjudian. Nyatanya dalam turnamen tersebut tidak ada taruhan uang (judi), permainan itu sendiri sebenarnya untuk sekedar hiburan.

Turnamen kartu baloot diadakan di Kompleks Olimpiade Pangeran Faisal bin Fahad di Riyadh, Arab Saudi, berlangsung lima hari (4-8 April), diikuti 12.288 peserta, dengan total hadiah 1 juta riyal (3,7 milyar rupiah).

Seorang kontributor Sekoci yang bekerja di Arab Saudi, Yani, memperlihatkan foto tersebut untuk meminta penjelasan kepada warga Arab Saudi, Fatmah Saad Alasmari, ia mengatakan: “Itu turnamen permainan kartu seperti kartu UNO di Riyadh untuk menghilangkan kejenuhan supaya tidak selalu diam di rumah, kalau di Indonesia seperti turnamen catur.”

Baloot merupakan permainan tradisional Arab Saudi yang umum dimainkan oleh pria dari semua kelompok usia, biasanya dimainkan dalam acara pertemuan keluarga, pernikahan, dan saat berkumpul bersama teman-teman. Para pemuda biasanya bermain baloot di tempat terbuka (di luar rumah).

Di Indonesia sendiri permainan seperti ini sudah tidak asing, permainan menggunakan kartu remi banyak dimainkan sebagai hiburan, biasanya bagi yang kalah akan mendapat hukuman agar semakin menegangkan.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan bahwa acara itu ajang perjudian adalah hoax. Faktanya itu sebuah turnamen resmi kartu baloot yang populer di Arab Saudi untuk sekedar hiburan.

Catatan: Terkait kontroversi hukum permainan kartu baloot dalam syariat Islam, Sekoci tidak berwenang untuk menilainya.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
1
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kategori: HOAX

Terbaru

Apakah Arab Saudi Membuka Tempat Perjudian?

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format