Video Mesin Sortir Otomatis Bola-bola Kecil Berwarna: Palsu


Klaim: Video perangkat mesin mensortir bola-bola kecil berwarna secara otomatis berdasarkan warna.

Sumber klaim: Halaman Facebook Anonymous

Palsu

ANALISIS

Sebuah video viral yang diposting oleh halaman Facebook Anonymous telah dibagikan hampir 500 ribu kali menunjukkan mesin yang menyortir ratusan bola kecil sesuai dengan warnanya. Video itu sangat menakjubkan dan tidak sedikit orang merasa bingung bagaimana itu bisa terjadi.

Beberapa teori beredar, salah satu teori mengatakan bahwa setiap warna bola memiliki ukuran berbeda hingga setiap warna bola akan jatuh pada jalur berbeda dan akan berkumpul sesuai dengan ukurannya, ditandai dengan warna. Teori itu sangat masuk akal, tetapi video itu tidak nyata.

Faktanya mesin itu tidak ada, hanya sebuah simulasi digital 3D menggunakan software grafis komputer yang pertama kali diupload di Reddit oleh “the humeister” pada Januari 2018.

Ia menjelaskan bahwa video itu diciptakan sebagai simulasi dari papan kelereng Galton (alat eksperimen statistik mendemontrasikan teorema matematika), dinamai dari penemunya, Francis Galton.

Galton Box (Wikipedia)

Papan Galton berfungsi untuk menunjukkan teorema limit sentral, khususnya bahwa distribusi normal adalah perkiraan untuk distribusi binomial. Alat ini memberikan wawasan untuk memeriksa perilaku bola kecil atau kelereng, sebuah simulasi fisika interaktif yang diciptakan oleh Francis Galton.

Berikut video asli simulasi digital 3D versi hitam putih dan warna-warni:

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Facebook

Artikel Terbaru

Video Mesin Sortir Otomatis Bola-bola Kecil Berwarna: Palsu