Mantan Troll Rusia Membeberkan Cara Menyebarkan Berita Palsu


Penyebaran berita palsu dan hoax di media sosial tidak lepas dari peran trolls, mereka beraksi secara masif dengan menggunakan akun palsu. Salah seorang mantan troll Rusia membeberkan cara menyebarkan berita palsu di media sosial kepada Time

Vitaly Bespalov adalah seorang jurnalis yang memiliki ambisi tinggi dalam karirnya. Pada 2015, ia mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan online di St. Petersburg, “tidak ada persyaratan, tidak ada deskripsi pekerjaan, dan tidak disebutkan tugas apa yang harus dikerjakan,” kenangnya.

Dengan gaji setiap bulan $700, Bespalov mulai melakukan pekerjaan di rumah produksi troll Rusia yang sekarang menjadi sangat terkenal, sekarang dikenal sebagai Internet Research Agency. Pekerjaan setiap harinya sangat sederhana, membuat akun palsu untuk digunakan berkomentar secara online sesuai arahan bos.

Upaya pabrik troll berefek secara luas, terutama sangat berpengaruh dan mengganggu pemilihan presiden AS 2016. Bespalov mengatakan bahwa ia berhenti dari pekerjaannya pada Januari 2016, ia merasa lega karena tidak ikut dalam kampanye hitam.

Dalam sebuah video, Bespalov membeberkan bagaimana pabrik troll bekerja. Bosnya memberlakukan beberapa aturan ketat. Seperti jangan pernah datang terlambat dan jangan pulang lebih awal, dan jangan pernah mengkritik presiden Vladimir Putin secara online.

“Kami bahkan tidak diizinkan untuk berbicara sesuatu yang lucu tentang Putin,” kata Bespalov. “Kita harus berbicara secara positif tentang dia atau tidak sama sekali.”

Terlepas dari beberapa karyawan yang memiliki ideologi pro-Putin, banyak juga yang tidak peduli dengan politik, motivasi mereka hanya uang, kata Bespalov. Mereka dibayar untuk memenuhi kuota tertentu untuk komentar online, blog dan post lainnya di media sosial. Mereka diberi instruksi ketat tentang isu-isu apa yang harus ditulis dan bagaimana memutar berita setiap harinya.

Berikut video Bespalov menjelaskan proses menyebarkan berita palsu:

 

Berikut terjemahannya:

“Hati-hati dan perhatikan apapun yang Anda lihat di internet. Jangan mempercayai siapapun di situs media sosial dan Anda tidak akan jatuh pada jebakan yang telah disiapkan para penipu untuk Anda.”

Dia adalah Vitaly Bespalov, seorang jurnalis dari Rusia. Selama 3 bulan, ia bekerja di Savushkina, sebuah perusahaan penipuan di St. Petersburg. Dia setuju untuk menunjukkan kepada TIME bagaimana penipu Rusia beroperasi.

“Di meja saya terdapat beberapa kartu SIM. Di Rusia, harganya sekitar $3. Kartu SIM ini dimasukan ke handphone dan dibutuhkan untuk mendaftar di situs media sosial apapun. Saya telah memasukan salah satu kartu ini ke dalam handphone Samsung saya. Kami juga memiliki kartu yang sama di Savushkina untuk terus-menerus mengganti kartu SIM dan membuat akun baru.

Saya masuk ke VK.com

Setelah mendaftarkan akun palsu, Vitaly menunjukan laman selanjutnya dimana situs VK meminta nomor handphone untuk verifikasi.

“Ini dia, nomor handphone. Karena inilah kami menggunakan kartu SIM. Kode sampai ke nomor kita, masukan kode tersebut dan buatlah password. Mari coba password “Troll666“, dan kita masuk. Selesai. Kita telah membuat akun palsu hanya dalam waktu 3 menit, bahkan mungkin kurang.

Hal paling penting dalam membuat akun palsu adalah foto profil. Inilah yang para penipu lakukan. Mereka hanya mengetik nama acak, sebut saja ‘Svetlana’ (nama belakang disensor), dan kita simpan lalu download foto profilnya. Kita gunakan foto profilnya sebagai avatar profil kita. Kita tambahkan satu foto lagi agar lebih tampak seperti akun asli. Beginilah cara kerja para penipu, beginilah cara saya bekerja di Savushkina dan menggunakan ini semua sebagai ‘amunisi’.”

Setelah akun palsu media sosial, Vitaly menunjukan salah satu situs palsu di internet.

“Sekarang kita akan membuka situs Nachnews.org

Mari kita lihat artikel berita mengenai kecelakaan Boeing MH17 di Donbass. Mungkin kalian ingat saat 3 tahun lalu, sebuah pesawat Boeing mendarat di Ukraina Utara. Di sini dikatakan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh misil Ukraina. Kita copy link berita ini. Kita buka daftar grup di VK kembali, pilih grup apapun dari kota-kota besar Rusia. Sebagai contoh Pskov, yaitu grup ‘Region 60 Pskov’ dan paste link artikel tadi di bagian komentar.”

Vitaly mem-paste link artikel tersebut ke komentar di beberapa thread yang ada di dalam grup.

“Kita berpura-pura bahwa Maria Ivanova ini sangat tertarik dengan artikel ini, dan ia sangat ingin membagikannya dengan orang lain. Inilah yang dilakukan para penipu, mereka masuk ke banyak grup sebanyak mungkin, seperti di Moskow atau kota-kota besar lainnya dan mengirim link semacam ini yang sering dikenal sebagai ‘spam’. Namun, link ini tidak tampak seperti spam, karena dikirim oleh akun yang tampak asli karena memiliki foto, nama, dan tanggal lahir.

Saya membayangkan bahwa para penipu di Amerika juga melakukan hal yang sama dan mekanisme yang sama yaitu membagikan informasi palsu dengan akun palsu. Prosesnya sangat mudah dan singkat jika kita memiliki banyak kartu SIM dan harganya hanya $3 setiap kartunya.

Dalam satu jam kita bisa membuat 10-15 akun, mencuri dan mengirim foto orang lain dan membagikan berbagai macam informasi. Tidak penting apakah berbentuk link sebuah artikel, bisa juga berbentuk komentar atas nama akun palsu, dalam kasus ini adalah Maria Ivanova, kita bisa menulis apapun yang kita mau dengan namanya dan menggunakannya untuk menipu orang-orang.”

 

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

 

Penerjemah video: Ben Andy

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
1
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: Berita palsu

Artikel Terbaru

Mantan Troll Rusia Membeberkan Cara Menyebarkan Berita Palsu

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format