Apakah Imam Masjid di Arab Saudi Ditangkap Karena Berkhotbah Mengkritisi Pemerintah?


Klaim : Video seorang yang disinyalir imam besar di sebuah Masjid di Arab Saudi ditangkap polisi karena khutbahnya mengkritisi pemerintah.

Sumber klaim : Facebook

Disinformasi

ANALISIS

Video dengan durasi 23 detik dan 30 detik yang diposting oleh seorang pengguna Facebook dengan deskripsi seorang imam besar di Arab Saudi ditangkap karena khutbahnya mengkritisi pemerintah Lokal menjadi viral hingga panggilan lebih dari 11 ribu kali.

Entah apa maksudnya memberikan deskripsi yang sesuapkan kegaduhan. Faktanya, video itu adalah rekaman yang mengatakan bahwa moral yang berfungsi naik saat ini Sholat Jumaat di Masjid Jabriya di pusat kota Yanbu al-Nakhl, provinsi Yanbu, Arab Saudi (02/03/2018).

Berdasarkan informasi dari sabq.org , orang-orang naik mimbar sebelum khatib resmi memberikan khotbah Jumat. Secara psikologis orang itu mengalami cacat mental, para jamaah tidak menyadari mereka tidak berusaha mencegahnya.

Pada awalnya orang-orang tersebut digunakan untuk turun dari mimbar secara baik-baik oleh pengurus masjid, tetapi ia menolak turun. Pengurus masjid yang terakhir menggulirkan uang yang ada di luar untuk orang-orang dan tidak memungkinkan agar khotbahnya.

Setelah orang-orang tersebut diamankan, para jamaah dapat menjalankan ibadah Sholat Jumat dengan khotib resmi. Polisi Yanbu menjelaskan bahwa mereka menemukan orang tua yang naik mimbar tanpa persetujuan pihak masjid. Juru bicara Kementerian Urusan Islam di Madinah, Majid bin Ghaleb Al-Mohammadi, menyampaikan kronologis singkat tentang apa yang terjadi di Masjid Jabriya.

Pengurus masjid melaporkan bahwa pada pukul 12.00, seorang dengan gangguan kejiwaan sedang naik mimbar untuk menyampaikan khutbah Jumat di masjid Jabriya di Yanbu. Pelaku sudah diluncurkan oleh pihak yang terpisah, shalat Jumaat tetap berlangsung dengan khutbah yang disampaikan oleh khotib resmi yang dipilih oleh pihak Masjid.

Atas keburukan tersebut pihak-pihak telah memanggil pihak pemerintah untuk menjelaskan kronologi kejadiannya. Secara umum, pria tua bersosialisasi ke atas mimbar dan persalinan untuk menyampaikan khotbah Jumat dengan mendahului khotib resmi. Banyak jamaah yang sedang menelepon, yang disebut-sebut untuk menelepon pelaku .

Dalam video dengan durasi yang lebih panjang, tukang tidak berbicara mengkritisi pemerintah. Pihak bereragam berseri hanya 1 orang, yang awalnya meminta kepada mereka baik-baik, karena mereka terus digiring oleh pengurus masjid dengan bantuan seorang polisi.

“Seorang pria sakit jiwa, dengan penampilan pengkhotbah, naik ke atas mimbar untuk berkhotbah untuk jamaah pada jam dua belas, ia tidak menggunakan perangkat mikrofon (tidak dinyalakan), dan saya naik mimbar pada pukul 12:38,” kata Abdul Rahman Hamid Ahmadi , khotib resmi Masjid Jabriyah.

Ahmadi meminta dokter untuk turun dari mimbar, tapi ia menolak, lalu meminta muazin untuk bertindak, menolak dan berbicara tidak ada hubungannya dengan jamaah. Para pengurus anime akan mencoba apa yang akan mereka lakukan di luar masjid.

Berikut adalah video dari Youtube dengan durasi 2 menit 31 detik, dengan judul “القبض على معتل نفسيا تقمص دور خطيب في أحد جوامع مركز ينبع النخل” (Penangkapan orang dengan gangguan jiwa di Yanbu al-Nakhl)

Kesimpulan: Klaim bahwa video itu menunjukkan bahwa pemerintah adalah tidak benar, video sudah dipotong menjadi dua bagian dengan hanya beberapa detik. Dan klaim bahwa pelaku disinyalir sebagai imam besar di Arab Saudi hanya berdasarkan asumsi.

Pria yang terindikasi seperti itu tidak normal, naik untuk mendahului khotib resmi, dan saat-saat dapat digunakan dan tidak berbicara tidak relevan di depan jamaah Sholat Jumat.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan Lewatkan

Artikel Kategori: Facebook

Terbaru

Apakah Imam Masjid di Arab Saudi Ditangkap Karena Berkhotbah Mengkritisi Pemerintah?

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format