Penjelasan Badan POM Terkait Isu Albothyl


Hari ini (15/2), beredar surat Badan POM yang memberikan penghentian obat di luar Policresulen cair dengan konsentrat 36%. Dalam surat edaran bernomor B-PW.03.02.343.3.01.18.0021, 3 Januari 2018, menyatakan bahwa tidak ada bukti yang mendukung bahwa ada lebih dari 36% yang telah disetujui.

Dalam hal ini, Badan POM RI telah memberikan informasi mengenai Isu Keamanan Obat Luar Mengandung Policresulen. Berikut penjelasan resmi dari Badan POM RI :

1. Albothyl merupakan obat bebas yang mengandung zat-zat kimia untuk digunakan pada saat-saat pembedahan, dan penggunaan pada kulit, telinga, hidung, tenggorokan (THT), sariawan, gigi dan vagina (ginekologi).

2. BPOM RI secara rutin melakukan pengawasan di Indonesia melalui sistem farmakovigilans untuk memastikan bahwa obat-obatan tetap memenuhi kebutuhan, kemanfaatan dan kualitas.

3. Terkait jangka waktu Albothyl, dalam 2 tahun terakhir BPOM RI menerima 38 laporan dari profesional yang menerima pengobatan untuk pengobatan, efek samping yang serius seperti sariawan yang membesar dan berlubang hingga menyebabkan infeksi (noma seperti lession).

4. BPOM RI bersama ahli farmakologi dari universitas dan klinisi dari mereka yang terlibat di dalam bentuk sediaan cairan obat-obatan luar konsentrat dan diputuskan tidak dapat digunakan sebagai obat-obatan dan antiseptik pada saat pembedahan dan penggunaan pada kulit (dermatologi) ; telinga, hidung dan tenggorokan (THT); sariawan (stomatitis aftosa); dan gigi (odontologi).

5. BPOM RI membekukan izin edar Albothyl dalam bentuk cairan obat luar konsentrat hingga indeks indikasi yang diajukan. Untuk produk sejenis akan diberlakukan hal yang sama.

6. Selanjutnya untuk PT. Pharos Indonesia (produsen Albothyl) dan industri lain yang menggunakan obat-obatan yang ada dalam bentuk sediaan cairan obat-obatan luar yang digunakan untuk menarik obat dari peredaran selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Pembekuan Izin Edar.

7. BPOM RI mengimbau kesehatan masyarakat dan masyarakat yang menggunakan obat-obatan tersebut.

8. Bagi masyarakat yang terbiasa menggunakan obat ini, dapat menggunakan obat pilihan yang mengandung benzydamine HCl, povidone iodine 1%, atau kombinasi dequalinium klorida dan vitamin C. Jika sakit berkelanjutan, masyarakat dapat sembuh dengan dokter atau apoteker di jari pelayanan kesehatan terdekat.

9. Bagi para ahli kesehatan yang menerima bantuan dari masyarakat terkait dengan penggunaan policresulen atau penggunaan obat lainnya, dapat melaporkan kepada BPOM RI melalui website: www.e-meso.pom.go.id.

10. BPOM RI mengajak masyarakat untuk selalu membaca informasi yang ada pada kemasan obat, dan menyimpannya dengan benar sesuai yang tertera pada kemasan. Ingat selalu CEK KLIK (Cek Kemasan, Informasi pada Label, Izin Edar, Kedaluwarsa). Masyarakat dihimbau untuk tidak mudah terprovokasi isu-isu terkait obat dan makanan yang beredar melalui media sosial.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi contact center HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533, e-mail halobpom@pom.go.id, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar / Balai POM di seluruh Indonesia. 

Pom.go.id

 

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: Indonesia

Artikel Terbaru

Penjelasan Badan POM Terkait Isu Albothyl

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format