Mengapa Postingan dan Komentar di Facebook Ditandai Spam?


Facebook adalah media sosial yang banyak diminati dengan pengguna sekitar 2 milyar orang dari seluruh dunia. Saat ini banyak penggunanya mengeluhkan mengapa komentar mereka sering secara otomatis dianggap spam, tidak jelas permasalahannya.

Jika Anda pernah berkomentar di postingan teman atau halaman yang Anda ikuti dan komentar Anda ditandai sebagai spam, biasanya menyalahkan tuan rumah yang tidak menyukai komentar Anda. Hal itu tidak ada hubungannya dengan pengguna lain. Komentar Anda ditandai sebagai spam oleh algoritma Facebook.

Facebook memperkenalkan fitur baru untuk menandai komentar spam. Alih-alih menyamarkan komentar, mereka bahkan menyembunyikan hingga tidak terlihat. Apa yang terjadi tidak dapat dipastikan permasalahannya, semua itu terkait dengan algoritma Facebook yang tidak jelas kriterianya.

Pertanyaan “mengapa komentar saya ditandai sebagai spam?” adalah pertanyaan yang paling ditanyakan oleh pengguna Facebook di ruang komunitas, tetapi hingga saat ini Facebook tidak pernah memberikan jawaban. Yang pasti, Facebook menandai “komentar berkualitas rendah” sebagai spam, tetapi lagi-lagi mereka tidak pernah menjelaskan standar yang mereka anggap komentar berkualitas rendah.

Facebook menentukan sebuah komentar spam menggunakan algoritma acak yang tidak diketahui aturannya secara jelas. Hal ini menyebabkan semua pengguna kebingungan dan frustasi karena komentar mereka ditandai sebagai spam, padahal setiap komentar tidak ada unsur pelanggaran.

Kebijakan Facebook ini menimbulkan keresahan pemilik website dimana mereka kesulitan membagikan link url di Facebook. Secara sederhana, spam adalah mengirim pesan berulang-ulang dengan subtansi pesan yang sama, tetapi banyak pengguna hanya sekali mengirim link url langsung ditandai spam oleh Facebook.

Pada dasarnya komentar spam di Facebook hasilnya akan berbeda-beda pada setiap penggunanya. Facebook memperhitungkan banyak faktor, termasuk aktivitas normal Anda dan bahkan berapa banyak teman yang Anda miliki. Jadi, metode algoritma ini sangat unik untuk setiap orang dan tidak ada satu cara pun untuk mencegah agar komentar ditandai sebagai spam.

Fitur algoritma menandai komentar sebagai spam oleh Facebook menyebabkan penggunanya banyak meninggalkan Facebook, mereka kebanyakan merasa kecewa dan tidak ada sumber daya yang dapat mengatasinya. Alih-alih berusaha memberantas berita palsu dengan memfilter setiap kiriman spam, Facebook malah menerapkan algoritma acak untuk menandai spam.

 

 

 

Anda tidak perlu frustasi jika komentar Anda ditandai sebagai spam, itu bagian dari kebijakan Facebook berdasarkan algoritma mereka. Anda juga dapat mengaktifkan komentar yang ditandai sebagai spam dengan cara membuka kiriman yang memiliki komentar spam, lalu klik “Biarkan Komentar” untuk mengizinkan komentar itu ditampilkan atau pilih “Hapus” untuk menghapusnya.

Jika komentar Anda ditandai sebagai spam, Anda dapat mengklik “Bukan Spam” untuk memberi tahu orang yang membuat kiriman agar menyetujui komentar Anda. Komentar tersebut akan tetap tersembunyi sampai mereka mengizinkan atau menghapusnya. Jika tidak mengirim komentar yang ditandai sebagai spam, Anda dapat mengklik “Saya tidak mengirim ini” dan Facebook akan membantu mengamankan akun Anda.

Sebenarnya ada cara untuk mencegah komentar Anda ditandai sebagai spam, tetapi cara ini tidak resmi alias berdasarkan hasil pengamatan dari beberapa kasus dimana komentar pengguna ditandai sebagai spam. Berikut beberapa cara menghindari komentar ditandai spam:

– Jangan memberikan lebih dari 1 link dalam komentar. Dalam kebanyakan kasus, link yang Anda bagikan telah banyak dibagikan oleh orang lain hingga dianggap spam.

– Jangan memposting atau berkomentar hasil copy dan paste dari kiriman yang sudah banyak dibagikan, apalagi mengirim pesan yang sama di banyak kiriman.

– Jangan memposting, membagikan, atau berkomentar dengan cepat pesan yang sama untuk kedua kalinya. Setidaknya Anda harus menunggu sekitar 1 jam untuk memberikan jeda agar algoritma Facebook tidak mendeteksi kiriman Anda sebagai spam.

– Jangan memposting atau berkomentar subjek yang sama di banyak kiriman. Mengulangi pesan yang sama di banyak kiriman akan menandai Anda sebagai spammer.

– Jika Anda ingin mempromosikan bisnis atau halaman Anda secara manual, sertakan beberapa kalimat yang menunjukkan bahwa pesan Anda berkualitas, bukan hanya tag atau link.

– Facebook biasanya mengamati aktivitas Anda, jika mereka melihat aktivitas yang tidak biasa maka mereka akan memberikan peringatan. Untuk itu atur setiap aktivitas Anda, aktivitas secara teratur akan membantu Facebook melihat aktivitas normal Anda.

Semua cara di atas tidak mutlak, tetapi hanya sebagai pencegahan standar. Tidak ada cara pasti dari Facebook untuk mencegah komentar ditandai sebagai spam, banyak keluhan dan pertanyaan terkait permasalahan ini tetapi Facebook tidak pernah memberikan jawabannya.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

More From: Facebook

DON'T MISS

Mengapa Postingan dan Komentar di Facebook Ditandai Spam?

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format