Google Menghapus Tombol “Lihat Gambar” di Hasil Pencarian Gambar


Apakah Anda kerap mendownload gambar dari Google untuk dijadikan wallpaper di ponsel atau komputer Anda, atau digunakan untuk kepentingan lainnya? Nah, sekarang ini Anda tidak lagi bisa menggunakan tombol “Lihat Gambar” dari hasil pencarian gambar karena Google telah menghapusnya, keputusan itu untuk melindungi gambar berhak cipta di platform mereka.

Google SearchLiaison dalam tweetnya menyatakan bahwa mereka meluncurkan beberapa perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dan situs web yang bermanfaat. Hal itu termasuk menghapus tombol “Lihat Gambar”.

Tombol “Lihat Gambar” memungkinkan pengguna untuk dengan cepat melihat gambar yang mereka cari tanpa harus membuka situs sumbernya. Dengan perubahan tersebut, sekarang pengguna harus mengklik tombol “Kunjungi” atau “Buka” untuk melihat gambar di situs web. Pada dasarnya, sekarang ini Google ingin setiap pengguna yang mendownload gambar agar mengunjungi sumber situs web, sehingga membantu penghasilan pemilik gambar. Perubahan ini juga membantu melindungi hak cipta dan lisensi fotografer profesional dan penerbit.

Bagi Anda yang biasa menggunakan pencarian gambar terbalik tidak perlu khawatir karena fitur ini masih bisa digunakan, hal itu karena menjadi kebutuhan yang digunakan banyak pengguna, seperti untuk mencari gambar palsu.

Penghapusan tombol “Lihat Gambar” di hasil Google Image Search berdasarkan hasil kesepakatan lisensi Google dan Getty Images yang diumumkan awal bulan ini. Kesepakatan ini memungkinkan Google untuk menggunakan konten dari Getty dalam berbagai produk dan layanannya.

Getty Images adalah perusahaan penyedia foto terbesar di internet, mereka memasok gambar untuk bisnis dan konsumen perorangan yang memiliki lebih dari 80 juta gambar dan foto. Tidak heran jika kebutuhan gambar dan foto di internet sebagian besar dihasilkan dari Getty.

Gambar Google merupakan pusat dari setiap pelanggaran hak cipta gambar di seluruh web. Entah disengaja atau tanpa disadari banyak penggunanya mendownload dan menyalahgunakan gambar dan foto berhak cipta tanpa izin.

“Kesepakatan antara Getty Images dan Google ini merupakan langkah besar dalam hubungan kerjasama yang sangat produktif untuk perusahaan kami,” kata Dawn Airey, CEO Getty Images. “Ini adalah tonggak sejarah yang signifikan, tapi kami juga menyadari perjuangan lainnya masih harus dilakukan.”

Keputusan Google menghapus fitur tersebut dikarenakan mereka sudah lama mendapat kecaman dari para fotografer profesional dan penerbit yang merasa pencarian gambar Google dapat memungkinkan setiap orang dengan mudah mencuri hasil foto mereka.

Keputusan Google tersebut mungkin membuat kesal penggunanya yang berikabat kesulitan untuk menemukan gambar. Sekarang ini jika Anda ingin mencari gambar di Google harus masuk ke dalam situs web, terkadang pemilik situs mematikan fitur download untuk menjaga gambar mereka agar tidak diambil.

Meskipun tujuannya positif  untuk melindungi karya fotografer dan mengarahkan lalu lintas ke situs web, pastinya pengguna akan merasa terganggu dan sedikit menjengkelkan. Dalam hal apapun, keputusan Google ini harus diterima secara positif oleh semua penggunanya, dan hal itu mengajarkan kita bahwa setiap karya seseorang harus benar-benar dihargai. Kita juga pastinya akan marah dan kecewa jika sesuatu yang kita miliki dicuri oleh orang lain.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan Lewatkan

Artikel Kategori: Informasi

Terbaru

Google Menghapus Tombol "Lihat Gambar" di Hasil Pencarian Gambar

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format