Fakta Sebenarnya Foto Penampakan Makhluk Astral Saat Razia Polres Probolinggo


Beberapa hari ini netizen dihebohkan dengan sebuah foto wanita pemandu lagu yang terlihat seperti hantu. Foto aneh itu diambil saat Polres Probolinggo melakukan razia tempat hiburan pada Jumat malam (29/12/2017).

Detik.com dalam laporan beritanya menyatakan bahwa foto itu baru diketahui setelah gelaran razia selesai. Foto diambil di tempat karaoke Pop City. Kasat Narkoba Polres Probolinggo AKP Dodik Wibowo membenarkan ada foto aneh tersebut. Foto tersebut diambil oleh Bripda Mokhamad Hasan Al Hafiz, anggota Reskoba Polres Probolinggo.

Detik.com dalam laporan berita lainnya mengambil keterangan seorang paranormal di Probolinggo, Ahmad Hasyim, mengatakan, penampakan dalam foto pada wajah pemandu lagu itu merupakan mahkluk gaib. Makhluk itu memang berkeinginan untuk menampakkan diri kepada manusia. “Dia (makhluk gaib) memang berkeinginan untuk menampakkan diri,” ujar Hasyim kepada detikcom.

Hasyim menyebut jika makhluk gaib yang tampak itu merupakan salah satu wujud dari kalangan jin golongan kuntilanak. “Jadi saat diambil foto atau saat dijepret, dia menutupi wajah wanita itu,” terang Hasyim. Terkait kejadian itu Hasyim meminta agar semuanya wajib meyakini dan mempercayai atas segala apa yang diciptakan oleh Allah. Namun tetap dengan mengedepankan keimanan.

Detikcom

 

Detikcom

Foto itu telah dibagikan ribuan kali hingga menjadi viral di media sosial. Tidak sedikit netizen yang memvonisnya sebagai foto hasil rekayasa olah digital. Sedangkan menurut keterangan Kasat Narkoba Polres Probolinggo AKP Dodik Wibowo kepada detikcom, foto itu asli tanpa rekayasa.

Apa yang benar?

Menanggapi foto viral tersebut, Polres Probolinggo Kota meminta Murdiono, S.Kom, ahli Informasi Teknologi asal Surabaya untuk menganalisisnya. Hasil analisis menyimpulkan bahwa foto itu asli tanpa rekayasa, diambil menggunakan Handphone Samsung pada tanggal 29 Desember 2017 jam 20.45.53 dengan resolusi / ukuran 4.59Mb.

Gambar: Polresprobolinggokota.info

Foto itu menjadi viral karena wajah wanita pemandu lagi terlihat menyeramkan seperti hantu. Kapolres Probolinggo Kota AKBP. Alfian Nurrizal menjelaskan bahwa foto tersebut memang asli, namun bukan penampakan makhluk astral seperti yang santer di media sosial.


Alfian berpesan agar masyarakt tidak berspekulasi lagi dan tidak menyebarkan isu hoax bahwa ada foto “penampakan hantu” yang meresahkan. Pada Minggu (31/12/2017), Kapolres Probolinggo Kota melakukan klarifikasi terhadap tiga pemandu lagu.

Dari hasil klarifikasi diperoleh informasi bahwa saat dilakukan pemeriksaan surat dan identitas terhadap pengunjung karaoke, para pemandu lagu itu berusaha menutupi wajah mereka dari bidikan kamera petugas yang melakukan dokumentasi. Foto pemandu lagu lain nampak normal, namun foto YN terlihat janggal.

Gambar: Polresprobolinggokota.info

“Jadi Sdri. YN menggunakan semacam kerudung seperti kelambu warna hitam dengan motif bunga yang tampak tembus pandang. Saat dilakukan razia dan difoto, kain itu digunakan untuk menutupi wajahnya. Sedangkan mata yang menyala akibat dari flash lampu HP yang digunakan untuk memotret,” tegas AKBP. Alfian Nurrizal.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan Lewatkan

Artikel Kategori: Foto

Terbaru

Fakta Sebenarnya Foto Penampakan Makhluk Astral Saat Razia Polres Probolinggo

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format